Sponsors Link

Tulang Bayi Sering Berbunyi: Bahaya, Pengobatan dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Memiliki buah hati yang masih kecil atau baru saja terlahir tentu menjadi suatu kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu. Mereka yang masih bayi memanglah sangat menggemaskan. Tak heran banyak atau hampir setiap orang selalu gemas dan ingin menggendong seorang bayi. Padahal semua tetap ada aturannya, demi kenyamanan sang bayi itu sendiri. Tidak sembarang cara untuk menggendong seorang bayi. Bahkan sang bunda sendiri harus berhati-hati dan tetap memperhatikan anaknya ketika hendak melakukan apa-apa.

ads

Keluhan dan rasa khawatir yang sering di rasakan bunda yakni Tulang Bayi Sering Berbunyi, bahayakah kondisi seperti ini?

Tentang tulang bayi yang seringkali menimbulkan bunyi adalah hal yang wajar jika mengkhawatirkan. Akan tetapi tidak semua pantas di waspadai selama belum ada hasil pemeriksaan. Perlu Anda ketahui bahwa seorang bayi akan mempunyai tulang lebih lunak di bandingkan orang dewasa. Sehingga sangat wajar jika aturan harus berhati-hati saat mengangkat atau menggendong bayi.

Suara tulang yang terjadi pada bayi, entah tulang kaki, tulang lutut, leher atau sebagainya disebabkan oleh suatu gesekan antar tulang. Semua ini terjadi pada saat jaringan lunak atau biasa yang disebut dengan ligamen telah berinteraksi dengan jaringan keras atau tulang. Tetapi gesekan ini sangatlah umum, mengingat bayi yang masih dalam masa pertumbuhan. Untuk mendukung daya kesehatan tulangnya, Anda direkomendasikan untuk memberi vitamin untuk pertumbuhan anak berikut.

Tulang Bayi Sering Berbunyi mungkin menjadi tanda tanya besar bagi setiap ibu. Bahkan tak jarang yang merasa bahwa hal itu lantaran cara menggendong atau memposisikan bayinya kurang tepat. Mungkin sebagian “Iya”, mengingat tulangnya yang cukup lunak. Tetapi sebagian tentu saja ada faktor lain. Tetapi jika di singgung akan bahaya atau tidaknya, berikut ini akan di jelaskan.

Tulang bayi yang seringkali menimbulkan bunyi tidak sepenuhnya bahaya. Tergantung dari penyebabnya itu sendiri. Jika memang terjadi gesekan pada sendi atau jaringan di dalamnya, mungkin biasa. Namun yang di khawatirkan adalah ketika tulang mengalami sentuhan tak lembut hingga menjadikan tulang bayi akan berbunyi, inilah yang harus di waspadai. Sebaiknya memang harus melakukan pemeriksaan.

Pengobatan Tulang Bayi Sering Berbunyi

  • Menggunakan Minyak

Berikan minyak khusus bayi untuk membasuh tulang yang berbunyi. Jangan terlalu banyak, cukup oleskan saja dan pijat secara perlahan. Selain itu ada pula minyak zaitun yang mana bisa digunakan sebagai cara menguatkan tulang bayi sehingga tidak pengobatan dari luar, melainkan dari dalam juga.

  • Gunakan Saleb

Selain minyak, anda juga bisa memberikan saleb di bagian yang terdengar bunyi “krek”. Tetapi saleb yang harus anda berikan pada bayi harus benar-benar terpercaya dan aman. Pastikan anda membeli dari apotik, dan akan lebih bagus lagi jika telah menggunakan anjuran resep dokter.

Memang tidak banyak obat yang untuk bagian luar yang bisa di berikan dalam mengatasi tulang sering berbunyi. Apalagi untuk seorang bayi, yang mana memang tidak boleh sembarang obat di berikan meskipun hanya obat luar. Kendati demikian anda bisa melakukan penanganan jika sering menemukan keluhan seperti ini. Berikut ini adalah cara mengatasi tulang bayi yang seringkali berbunyi.

Cara Mengatasi Tulang Bayi Sering Berbunyi

  • Lakukan Pemeriksaan

Memeriksakan bayi anda ke dokter adalah langkah awal yang paling tepat. Hanya dengan cara inilah anda bisa menemukan solusi terbaik atas keluhan yang sedang di hadapi. Melihat kondisi seperti itu, pastinya seorang ibu tidaklah tega dan terhindar dari rasa khawatir.

Sponsors Link

  • Traditional Massage

Cara mengatasi yang lainnya adalah dengan melakukan pijat. Bawa bayi anda pada terapis profesional untuk memijat. Umumnya pijat yang di berikan adalah jenis pijat tradisional yang memberikan tekanan keseluruh badan. Anda tidak perlu khawatir, para terapis tentu sudah mengerti seberapa besar tekanan yang harus di lakukan untuk seorang bayi.

Untuk teknik pengobatan seperti ini juga sangat ampuh untuk mengatasi tulang dada menonjol pada bayi, tulang belakang bayi melengkung, kaki bengkok pada bayi dan balita, dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda perlu tahu bahwa teknik pengobatan tradisional lebih disarankan karena efek samping yang ditimbulkan tidak begitu buruk untuk masa depannya. Namun langkah medis juga sangat disarankan kalau memang keadaan sudah cukup parah.

  • Berhati-Hati Saat Menggendong

Perhatikan pada saat menggendong bayi, ini juga termasuk dari cara mengatasi tulang bayi yang sering bunyi. Karena seperti yang banyak di sangka beberapa ibu, tentang bunyinya tulang bayi lantaran salah dalam memberikan gendongan atau memposisikan sang bayi itu sendiri. Nah, mulai sekarang lebih berhati-hati dalam membawa bayi.

  • Memahami Usia Bayi

Mampu memahami usia bayi adalah bagian dari cara mengatasi tulang bayi sering saja bunyi. Karena, setiap bayi sudah mempunyai masa sendiri-sendiri dimana untuk usia tertentu harus di lakukan sesuatu. Misalnya jika pada usia masih satu tahun, anda jangan sesekali mengajari untuk berdiri dan berjalan. Bayi pasti akan memperlihatkan tanda-tandanya sendiri.

Demikianlah yang harus anda waspadai terhadap kondisi tulang bayi yang sering saja berbunyi. Untuk menunjang kesehatan tulang bayi menjadi lebih baik lagi, Anda disarankan untuk memberikan berbagai jenis makanan untuk menguatkan tulang bayi berikut. Menguatkan tulang ketika masih dalam janin sekalipun juga bisa, berikut jenis makanan pembentuk tulang janin untuk menghasilkan bayi yang kuat ketika lahir nantinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua.

Sponsors Link
, , , , , ,




Post Date: Monday 15th, October 2018 / 23:39 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang