Sponsors Link

Inilah 3 Ciri-Ciri Sindaktili yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Sindaktili adalah kondisi jari yang menyatu atau tidak ada sela diantara jari dan kondisi jari melekat seringkali disebut sebagai kelainan yang terjadi pada manusia. Dalam kondisi normal manusia, kondisi jari tangan atau kaki pasti memiliki sekat pemisah dan kondisi ini sudah dapat di identifikasi sejak bayi masih dalam kandungan, hal ini terlihat dari hasil USG yang dilakukan di rumah sakit. Sindaktili menjadi kelainan yang masih jarang terjadi di Indonesia, namun kemungkinan akan bisa saja ada dan sindaktili harus dicegah dengan sangat baik. Saat kondisi bayi sudah lahir, tentu memudahkan untuk mengidentifikasi kelainan sindaktili dan kelainan ini sangat memberikan hambatan bagi manusia. Berikut ini adalah ciri-ciri sindaktili:

ads

1. Muncul Pada Jari

Salah satu ciri kelainan sindaktili, pasti muncul pada bagian jari tangan atau kaki dan kelainan ini sangat terlihat jelas dari luar. Sindaktili seringkali menjadi penyebab tulang ngilu dan membuat jari tidak dapat berfungsi dengan baik. Identifikasi sidaktili sangatlah mudah, karena sangat terlihat di bagian luar jari dan kondisi ini seringkali membuat seseorang menjadi tidak pede atau percaya diri. Langkah penyembuhan kelainan sindaktili adalah dengan melakukan operasi pada bagian jari tangan dan hal ini akan membuat kondisi jari normal kembali.

2. Melekat

Jari tangan adalah organ yang memiliki peranan sangat penting dan sangat dibutuhkan manusia untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Salah satu ciri kelainan sindaktili adalah kondisi jari yang menempel atau melekat dan kondisi ini sama seperti kaki bebek ataupun angsa. Kondisi ini seringkali membuat tangan kaku dan tidak bisa digerakan. Memiliki tangan yang normal adalah suatu keberuntungan, karena tanpa tangan manusia tidak akan bisa melakukan berbagai aktivitas dan langkah pengobatan yang bisa dilakukan adalah operasi.

Punya jari tangan atau kaki yang saling melekat menjadi suatu hal yang sangat merugikan dan kondisi ini akan membuat jari tangan yang sakit kalau ditekuk. Miliki jari yang tidak normal bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dan sangat sulit untuk bisa tampil percaya diri. Langkah penindakannya adalah dengan melakukan operasi dan langkah operasi dilakukan satu persatu, hal ini mencegah timbulnya komplikasi terhadap penyakit lain.

3. Genetik

Sindaktili menjadi kelainan atau gangguan yang terjadi sejak dalam kandungan atau sejak lahir dan hal ini menimbulkan berbagai kondisi seperti posisi janin yang tidak normal, cairan air ketuban yang pecah atau berbagai obat-obatan yang dikonsumsi ibu selama masa kehamilan. Untuk permasalahan genetikan sangatlah sulit untuk dilakukan langkah pencegahan dan obat-obatan yang dikonsumsi ibu hamil bisa juga jadi pemicu munculnya sindaktili. Kondisi ini bisa menyulitkan telapak tangan sulit menggenggam dan peran tangan akan semakin mengecil.

Faktor keturunan adalah salah satu ciri dari sindaktili dan secara mendasar, belum ada penyebab lain yang ditemukan selain faktor keturunan. Gen yang dimaksud bisa berasal dari berbagai tingkatan keturunan dan untuk mencegah hal ini sangatlah sulit dilakukan. Kasus kelainan sindaktili memang masih belum banyak terjadi di Indonesia dan hanya beberapa orang saja yang mengalaminya. Sindaktili menjadi salah satu penyebab jari kelingking bengkok dan kondisi jari tidak berperan dengan baik.

Sekian ulasan lengkap mengenai ciri ciri sindaktili dan semoga artikel ini memberikan banyak manfaat bagi pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Wednesday 19th, June 2019 / 06:48 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang