Sponsors Link

2 Cara Meluruskan Bahu Yang Miring Dengan Sederhana

Sponsors Link

Kerja di kantor dengan ruangan yang nyaman memang idaman bagi semuanya. Dengan begitu biasanya para pekerja kantoran bisa duduk hingga berjam-jam. Sehingga kebiasaan ini membuat tubuh para pekerja menjadi bermasalah. Ketegangan leher dan punggung yang menjadi penyebab nyeri otot bahu sehingga nyeri sendi bahu lengan bahkan radang sendi bahu akan menyerang para pekerja. Maka dari itu ada beberapa hal yang harus dilakukan para pekerja agar tubuhnya tetap sehat dan bahunya tidak miring, sebagai berikut.

ads
  1. Menguatkan Otot Di Punggung Tengah

Para pekerja harus sering melakukan hal ini, yaitu bahu yang berada di belakang harus ditarik dengan posisi sama tinggi agar tidak terjadi dislokasi sendi bahu. Kemampuan ini ditentukan kekuatan otot di punggung tengah yang berada di antara kedua tulang belikat, rhomboid, trapezius, dan infraspinatus. Agar menghasilkan secara maksimal, berikut penjelasannya :

  • Lakukan gerakan mendayung dengan memanfaatkan perlengkapan untuk berlatih beban (rowing machine). Hal ini akan memperkuat otot di antara kedua tulang belikat. Pada mulanya Anda bisa menggunakan beban yang ringan dan terus menambah beban setelah rutin melakukannya.
  • Mengangkat dumbel dengan gerakan reverse fly juga baik dilakukan, karena otot romboid dan trapezius Anda menjadi kuat. Gerakan ini bisa dilakukan dengan duduk di ujung bangku dengan mengangkat dumbel di salah satu tangan Anda. Setelahnya Anda harus mencondongkan tubuh ke depan dengan tatapan mata ke bawah, serta mengangkat dumbel dengan merapatkan kedua telapak lengan, kemudian rentangkan ke samping setinggi bahu biar tulang belikat saling mendekat. Dan terakhir ketika lengan sejajar dengan lantai, tahan beberapa detik.
  • Para pekerja harus menyempatkan waktu untuk berenang. Kegiatan ini berguna melatih otot bahu, punggung, dan kaki. Rutinitas berenang juga membuat postur tubuh Anda terjaga dengan benar.
  1. Thoracic Spine

Kebiasaan membungkuk akan membuat tulang belakang membentuk punuk yang membuat punggung menjadi kaku dan terasa nyeri. Dalam bahasa ilmiahnya, terjadinya kekakuan ini disebut kifosis. Punuk juga menyebabkan bahu dan leher terdorong ke depan. Karena hal tersebut, Anda harus merenggangkan tulang belakang agar sendi tulang punggung menjadi lentur dan letak bahu bisa diperbaiki, dengan cara berikut :

  • Anda bisa gunakan bola yang besar dengan cara berbaring di atasnya, kemudian menjejakkan telapak kaki di lantai dan melihat ke atas. Dorong tubuh Anda sehingga punggung berada di atas bola, dan membuat kepala hampir menyentuh lantai. Tahan posisi ini hingga 15 detik dan lakukan hingga 10-15 kali sehari.
  • Gerakan selanjutnya Anda harus berbaring di lantai dengan menggunakan matras. Setelah berbaring, Anda harus meluruskan lengan ke atas kepala. Kemudian dagu, lengan dan kaki diangkat setinggi mungkin. Gerakan ini seperti superman saat terbang. Jika berhasil melakukannya, anda harus menahan di posisi ini selama 15 detik dan lakukan berulang 10-15 kali.
  • Setelah gerakan superman, Anda tetap berbaring dan ada alat peregang lumbar yang diletakkan di pinggang. Tahan posisi ini selama satu menit hingga 5 menit secara bertahap. Kemudian lepaskan secara perlahan.

Secara keseluruhan, Anda harus merutinkan gerakan ini setiap hari bisa juga sambil rajin mengkonsumsi makanan yang baik untuk persendian tulang serta melakukan cara mengecilkan bahu yang lebar. Terutama bagi Anda pekerja yang produktif.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 09th, April 2019 / 04:35 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang