Sponsors Link

Tulang Rusuk Bayi Agak Menonjol: Penyebab, Pengobatan dan Penanganannya

Sponsors Link

Salah satu kondisi tulang yang bisa dialami oleh bayi dan anak kecil adalah tulang rusuk menonjol, yang biasanya terjadi di salah satu sisi kiri atau kanan. Kondisi tulang rusuk bayi agak menonjol ini pasti menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orang tua, takut terjadi macam-macam penyakit tulang atau kelainan lain yang tidak diinginkan.

ads

Apa saja penyebabnya?

Tulang rusuk bayi yang menonjol bisa saja tidak membahayakan atau bisa juga berdampak pada pertumbuhan tulang juga kesehatan bayi. Semua itu tergantung dari penyebabnya, yang lebih jelasnya dijelaskan di bawah ini:

  • Mengalami kondisi Xiphoid processus, yaitu tonjolan tulang yang normal terjadi pada bayi dan biasanya akan hilang dengan sendirinya ketika anak beranjak dewasa.
  • Terdapat gangguan defisiensi vitamin D, yang mana merupakan salah satu jenis vitamin untuk pertumbuhan tulang bayi agar tetap sehat dan kuat.
  • Adanya gangguan atau hambatan pertumbuhan tulang, bisa terjadi karena bayi kurang mendapatkan nutrisi untuk tulang baik dari ASI maupun makanan tambahan lainnya.
  • Merupakan trauma cedera ketika persalinan, karena tulang bayi saat baru lahir sangatlah rapuh dan bisa saja terjadi cedera atau benturan saat proses persalinan berlangsung.
  • Menjadi salah satu gejala tumor tulang jinak atau osteochondroma, juga menjadi salah satu penyebab tulang rusuk bayi agak menonjolyang biasanya dialami anak.
  • Mengalami gangguan pada organ pernafasan, juga bisa mengakibatkan tulang dada menonjol pada bayi karena mengalami gangguan paru-paru contohnya seperti emfisema.
  • Menderita kelainan tulang Pigeon chestatau dada burung, yang merupakan kelainan tulang karena adanya penyakit seperti sindrom Marfan atau penyakit rickets.
  • Mengalami peradangan pada tulang, bisa disebabkan karena adanya infeksi pada tulang rusuk yang bisa berbahaya karena dapat menyebar ke tulang lainnya dalam tubuh.

Dari beberapa penyebab yang dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa tulang rusuk bayi agak menonjol bisa merupakan suatu penyakit ortopedi atau merupakan kondisi normal yang bisa dialami bayi.

Bagaimana penanganannya?

Untuk penanganannya tetap tergantung dari penyebab timbulnya tonjolan pada tulang rusuk bayi. Jika tonjolan tersebut adalah kondisi normal, maka tidak perlu dilakukan penanganan apapun karena tonjolan dapat hilang seiring pertumbuhan bayi. Namun jika merupakan sebuah cedera tulang rusuk atau gangguan lainnya, bisa ditangani dengan melakukan pengobatan atau terapi. Untuk memastikan kondisi ini sebaiknya dikonsultasikan pada dokter ahli. Jangan sekali-kali pergi ke dukun bayi untuk mendapatkan pijatan atau penanganan lain, karena jika salah penanganan malah akan membahayakan kesehatan bayi.

Bagaimana pengobatannya?

Tulang rusuk bayi agak menonjol tidak perlu dilakukan pengobatan apabila merupakan Xiphoid processus yang mana normal pada bayi. Untuk memastikan dan mengobati kondisi ini, pada umumnya akan dilakukan hal-hal berikut ini:

  • Rontgen,dilakukan untuk mengetahui gambaran tulang rusuk agar jika terdapat gangguan dapat terdeteksi letak dan kondisi keparahannya.
  • Operasi, jika ada kelainan dan perlu dilakukan pembenahan posisi agar tidak menimbulkan kelainan pada tulang
  • Rutin menghangatkan bayi dengan matahari pagi, jika bisa disembuhkan tanpa pengobatan medis untuk merangsang nutrisi dalam tulang aktif untuk menguatkan tulang.
  • Memberikan nutrisi tulang bayi, dari berbagai jenis makanan untuk menguatkan tulang bayi melalui MP ASI yang diberikan.

Cukup sekian info mengenai penyebab, penanganan dan pengobatan yang dapat digunakan untuk tulang rusuk bayi agak menonjol ke depan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Tuesday 16th, October 2018 / 02:24 Oleh :