Sponsors Link

7 Cara Mencegah Penyakit Osteogenesis Imperfecta yang Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Osteogenesis Imperfecta (OI) ini dimasukkan dalam kategori penyakit kelainan pada tulang yang bersifat genetik atau bawaan yang kemungkinan besarnya di dapat dari gen orang tua dan biasanya sudah bisa terdeteksi saat masih berupa janin di dalam kadungan, namun selain itu penyakit kelainan ini juga bisa terjadi jika ada mutasi gen baru di dalam tubuh sehingga mengganggu proses pembentukan tulang yang sehat dan kuat.

ads

Cara mencegah penyakit osteogenesis imperfecta ini hanya bisa dilakukan dengan mencukupi gizi agar tetap seimbang dan menjaga tulang agar tetap sehat dengan dengan cara berikut:

  1. Mencukupi kebutuhan kalsium

Kalsium merupakan nutrisi yang sangat dibutukan tubuh dalam proses pembentukan tulang manusia. Selain tulang jaringan lunak dalam tubuh juga membutuhkan kalsium sebagai penghantar rangsangan saraf, diperlukan dalam proses pembekuan darah, mengatur kontrasksi otot dan berbagai fungsi lainnya dalam tubuh.

Karena 99% kalsium terdapat pada tulang, maka jika kurangnya kalsium yang berasal dari makanan maka jaringan lain dalam tubuh akan mengambil kalsium dari tulang yang lama kelamaan akan menjadi penyebab tulang keropos dan rapuh. Oleh karena itu salah satu cara mencegah penyakit osteogenesis imperfecta ini adalah dengan selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

  1. Menghindari alkohol

Dengan mengkonsumsi alkohol maka sama saja dengan melepas kalsium keluar dari tulang. Alkohol ini juga akan mengganggu keseimbangan kalsium dalam tubuh serta juga akan menurunkan kadar hormon testosteron yang berperan dalam menguatkan tulang manusia.

  1. Menghindari kafein

Sama halnya dengan alkohol, kafein juga akan mengakibatkan pelepasan kalsium dari dalam tubuh melalui urin. Pada kopi misalnya, sifat asam pada kopi akan mengakibatkan pengeroposan tulang sehingga jika mengkonsumsi kopi maka konsumsi kalsium juga harus di tingkatkan, bisa dari sayuran susu atau makanan kalsium lainnya.

  1. Olahraga dan Latihan fisik yang aman

Untuk membantu menguatkan otot dan tulang diperlukan juga melakukan latihan fisik dan melakukan olahraga ringan. Bisa dengan berjalan atau berenang serta terapi fisik lainnya yang di anjurkan dan aman untuk penderita tulang keropos dan juga penderita OI.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi sangat dianjurkan untuk penderita OI ini. Terlebih mengkonsumsi makanan untuk kepadatan tulang sangat diharuskan bagi penderita OI ini. Seperti makanan yang mengandung mineral, natrium, vitamin dan nutrisi lainnya yang sangat berguna untuk membentuk tulang yang kuat dan sehat.

  1. Menjalani gaya hidup sehat

Dan yang pasti cara mencegah penyakit osteogenesis imperfecta ini adalah dengan selalu menjalani gaya hidup dan pola hidup sehat. Seperti menjauhi rokok, baik untuk perokok pasif maupun perokok aktif karena kandungan dari asap rokok juga akan sangat berbahaya untuk tubuh, sebaiknya ketahui juga bahaya dan efek samping merokok saat masa pembentukan tulang yang sangat mengganggu kesehatan tulang.

  1. Menghindari makanan penyebab tulang keropos

Beberapa jenis makanan yang dikonsumsi terkadang mengandung zat yang membuat tulang menjadi rapuh dan keropos. Seperti minuman soda, kandungan fosfor di dalamnya bisa membuat tulang menjadi rapuh. Mengkonsumsi kedelai juga memiliki efek samping yakni akan menghalangi tulang untuk menyerap kalsium akibat adanya zat oxolates.

Itulah 7 cara mencegah penyakit osteogenesis imperfecta yang bisa dilakukan agar tulang menjadi lebih kuat dan tidak mudah rapuh sehingga terhindar dari patah tulang.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Monday 23rd, April 2018 / 07:14 Oleh :
Kategori : Pencegahan