Sponsors Link

10 Ciri-Ciri Osteogenesis Imperfecta yang Mudah Dikenali

Sponsors Link

Setiap penyakit yang bersarang dalam tubuh akan menimbulkan beberapa gejala sebagai pertanda ada sesuatu yang tidak normal terjadi dalam tubuh. Sehingga setiap kali ada gejala yang membuat tubuh merasa sakit harus segara diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih dini dan penyakit tidak terlanjur menjadi ganas. Begitu juga dengan ciri-ciri osteogenesis imperfecta yang juga akan bisa dilihat sejak masih bayi.

ads

Namun untuk penderita Osteogenesis Imperfecta ini gejala bisa terlihat semenjak kelahiran, karena sebagain besar penyakit ini disebabkan oleh bawaan genetik dari orang tua si penderita dan sebagian kecil lagi disebabkan oleh mutasi gen baru di dalam tubuh. Dan berikut ciri-ciri osteogenesis imperfecta yang terjadi pada tubuh seseorang.

  1. Tulang menjadi lemah dan mudah rapuh

Salah satu ciri-ciri osteogenesis imperfecta yang paling umum terjadi adalah lemahnya tulang dan sangat mudah mengalami kerapuhan. Hal ini disebabkan oleh kolagen pembentuk jaringan ikat mengalami kelainan sehingga juga mengganggu proses pembentukan tulang pada manusia dan juga mengganggu pertumbuhan tulang. Makanan yang mengandung kalsium dan mengkonsumsi buah untuk menguatkan tulang sangat dibutuhkan untuk mengatasi tulang yang lemah dan rapuh.

  1. Gangguan pendengaran

Kerapuhan tulang pada penderita OI juga bisa menyerang tulang-tulang rawan yang berada di sekitar telinga yang pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan pendengaran hingga menyebabkan ketulian.

  1. Sklera mata berwarna kebiruan

Pada penderita OI gejala yang juga sering terlihat adalah bagian putih pada bola mata ( Sklera ) akan terlihat berwarna kebiruan dan ini juga merupakan tanda-tanda umum dari si penderita OI.

  1. Gigi berukuran lebih kecil, mudah menjadi rapuh dan warnanya juga berubah

Tidak hanya menyerang tulang, namun kerapuhan juga menyerang pada gigi penderita OI. Tidak hanya itu ukuran gigi juga akan terlihat lebih kecil dari ukuran normal pada umumnya serta terjadi perubahan warna pada gigi.

  1. Otot-otot menjadi lemah dan sendi longgar

Pada penderita OI juga sering diiringi dengan otot yang lemah begitu juga dengan persendian yang menjadi longgar sehingga membuat aktivitas penderita menjadi terbatas dan terganggu. Mengkonsumsi vitamin penguat tulang dan sendi bisa membantu tulang dan sendi menjadi lebih kuat dan sehat.

  1. Nyeri pada tulang dan otot

Otot dan tulang terasa sakit dan ngilu juga merupakan salah satu ciri-ciri osteogenesis imperfecta yang cukup banyak dirasakan oleh penderita OI yang hampir pada ke semua tipe OI.

  1. Sering mengalami patah tulang

Sering mengalami patah tulang berulang kali hanya karena sedikit cedera ringan juga merupakan tanda-tanda dari penderita OI, Hal ini bisa terlihat sejak dari kecil karena tulang yang begitu rapuh. Jika patah tulang terjadi maka bisa dibantu dengan mengkonsumsi makanan untuk menyembuhkan tulang yang patah agar bisa sembuh dengan cepat.

  1. Kelainan bentuk tubuh
Sponsors Link

Postur tubuh penderita OI biasanya lebih pendek dan kecil. Bagian dada akan menonjol ke depan sedangkan pada bagian tulang belakang akan melengkung sehingga membuat penderita OI ini terlihat membungkuk. Pada bagian wajah terkadang terlihat seperti segitiga dan bagian kaki berbentuk O.

  1. Tulang pada bagian kepala terasa lebih lunak

Penyakit OI juga dapat mengakibatkan tulang tengkoran menjadi lebih lunak yang diakibatkan oleh tekanan yang terjadi pada saat proses kelahiran.

  1. Gangguan pernapasan

Penderita OI juga akan bisa merasakan adanya gangguan pada pernapasannya. Dan hal ini terjadi akibat komplikasi dari penyakit OI ini.

Itulah 10 ciri-ciri osteogenesis imperfecta yang umum terjdi pada si penderitanya. Namun tidak semua penderita OI akan merasakan tanda-tanda yang sama karena OI memiliki 4 tipe berdasarkan tingkat keparahannya. Mengurangi aktivitas bisa dilakukan sebagai cara mencegah patah tulang pada penderita OI.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 25th, April 2018 / 08:36 Oleh :