Sponsors Link

Tulang Pipi Sakit Saat Flu? Apakah Berbahaya?

Sponsors Link

Ketika Tulang pipi sakit saat flu, Anda perlu waspada terhadap kejadian seperti ini. Flu merupakan salah satu jenis penyakit yang seringkali menyerang banyak orang. Bahkan tidak sedikit diantara kita yang menganggap remeh kondisi ini, dan bisa di sebut sebagai penyakit gampangan yang mudah menyerang. Ya, meskipun pada kenyataannya seperti yang diketahui flu memang tidak sangat bahaya. Kendati demikian anda tetap harus mewaspadai saat terserang flu. Apalagi jika disertai Tulang Pipi Sakit Saat Flu, hal ini bukan lagi sesuatu yang biasa. Lalu apa artinya jika tulang pipi menjadi sakit dikala anda sedang flu?

ads

Mengalami flu saja, terkadang seseorang merasa rikuh. Karena kondisi ini biarpun simple tetapi nyatanya sangat mengganggu aktivitas. Tubuh ikut mengalami gejala tidak enak, akibatnya aktivitas terhambat.

Belakangan terakhir salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh penderita influenza yaitu gejala rasa nyeri yang menyerang sekitar tulang pipi. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan ketidak nyamanan sehingga mereka yang mengalami hal ini akan selalu mencari informasi atau bahkan menanyakan pada dokter spesialis. Untuk memberikan gambaran mengenai hal tersebut, mari kita simak artikel berikut mengenai beberapa hal yang mungkin menjadi salah satu faktor mengapa Tulang Pipi Sakit Saat Flu.

  1. Demam

Salah satu hal yang dapat mengakibatkan nyeri pada tulang pipi yaitu demam. Suhu tubuh yang mengalami peningkatan akan menyebabkan timbulnya rasa nyeri yang tidak nyaman pada beberapa bagian tubuh. Oleh karena itu, jika anda merasakan gejala tersebut ada baiknya anda melakukan pencegahan dengan segera memberikan kompres demam. Dengan menurunkan panas tubuh maka kemungkinan rasa nyeri yang dialami akan berkurang perlahan.

  1. Radang

Hal lain yang dapat memicu nyeri yaitu akibat adanya radang di daerah seputar tenggorokan dan hidung. Dimana akan menimbulkan bengkak pada area tersebut serta tulang pipi yang terasa nyeri yang tidak seperti umumnya. Jika terjadi hal tersebut, maka lakukan pemulihan dengan segera agar flu tidak makin parah dan menjalar ke bagian yang lain. Jika kejadian radang menimpa pada tulang Anda, ketahui ciri-ciri radang sendi ini lebih dini supaya kejadiannya tidak semakin parah.

  1. Batuk

Reaksi tulang yang diakibatkan oleh batuk yang terjadi secara terus menerus dapat mengakibatkan tulang pipi terasa sakit. Hal tersebut akan mengakibatkan tubuh tidak nyaman serta waktu istirahat anda akan terganggu akibat batuk secara terus menerus. Ketika penyakit ini terjadi pada Anda, segeralah melakukan pengobatan karena jika dibiarkan justru malah bisa menjadi penyebab tulang rusuk sakit.

  1. Nyeri otot

Reaksi flu umumnya menimbulkan batuk dengan disertai nyeri otot serta batuk dengan disertai nyeri sendi badan, bahkan pada beberapa kasus juga mengakibatkan rasa nyeri di area tulang pipi. Hal tersebut dapat dipicu oleh kekurangan vitamin B. Oleh karena itu ada baiknya  untuk mengkonsumsi vitamin B kompleks untuk melakukan pencegahan nyeri tulang pipi serta melakukan konsumsi vitamin C guna melakukan pemulihan gejala flu yang lebih cepat.

  1. Virus

Reaksi virus dapat memicu timbulnya rasa nyeri pada tulang pipi. Hal tersebut akan mengakibatkan badan tidak nyaman. Jika terjadi hal demikian, dalam meredakannya dapat dilakukan dengan memberikan kompres air hangat atau konsumsi ibuprofen dimana obat tersebut berfungsi untuk meredakan nyeri pada saat demam. Tidak hanya bisa menimbulkan rasa nyeri pada tulang pipi saja, Virus juga bisa menjadi penyebab tbc tulang, penyebab tulang tangan ngilu, penyebab nyeri sendi lutut, dan masih banyak lagi yang lain.

  1. Sinusitis

Sinusitis merupakan penyakit yang terjadi di area sinus, dimana area ini yaitu area rongga udara yang terdapat di area wajah yang terhubung dengan hidung. Rongga sinus memiliki fungsi dalam menjaga kelembaban hidung dan menjaga pertukaran udara di area hidung. Penyakit ini diakibatkan peradangan pada sinus akibat dari rongga sinus yang mengalami penyumbatan oleh lendir yang mengalami penumpukan dalam waktu yang lama dimana umumnya lendir pada saluran pernafasan akan dikeluarkan oleh tenggorokan dan hidung. Lendir tersebut seharusnya dapat dikeluarkan oleh tubuh, namun penumpukan yang terjadi pada rongga yang menghubungkan hidung dengan sinus mengakibatkan hidung dan wajah akan mengalami rasa nyeri dan tertekan.

Sponsors Link

Adapun hal hal yang menyebabkan terjadinya penyakit ini yaitu infeksi virus, alergi, bakteri, polip, hidung kemasukan air terlalu sering, kebiasaan menggunakan obat semprot hidung, merokok serta akibat penyakit kronis.

Berdasarkan tingkat keparahannya, kondisi sinusitis dapat menyebabkan hal-hal di bawah ini:

  1. Sinusitis Kronis

Kondisi sinusitis yang sudah parah bisa di golongkan kedalam sinusitis kronis. Kalau sudah memasuki kondisi ini, yang terjadi adalah timbulnya pembengkakan dan peradangan pada hidung serta pada area sekitar pipi yang berada di bawah mata. Kalau sudah begini maka dapat mengakibatkan pernafasan menjadi tidak lancar dan mengakibatkan kesulitan dalam bernafas, dimana hal tersebut akan memberikan gangguan pada area yang lainnya. Tidak hanya saat flu saja, sinusitis bisa menjadi penyebab tulang pipi sakit saat mangap maupun ditekan juga.

Sinusitis kronis biasanya terjadi paling lama sekitar 12 minggu. Berikut ini adalah gejala untuk kondisi sinusitis kronis yang wajib anda pahami:

  • Terjadinya bengkak pada wajah disertai hidung mampet dan mengeluarkan nanah
  • Demam yang menjadi gejala khas setiap penyakit juga menjadi ciri utama sinusitis kronis. Selain itu, dalam keadaan ini penderita juga akan mengeluarkan lendir dari hidung atau disebut ingus

Anda akan merasakan gejala ini yang di sertai dengan hal-hal berikut:

  • Bau mulut tak sedap
  • Kelelahan yang terjadi tiba-tiba
  • Sakit gigi yang cukup mencekam
  • Merasakan sakit kepala
ads
  1. Infeksi Telinga

Sinusitis yang sudah parah dapat menimbulkan infeksi telinga, yaitu dapat menimbulkan rasa nyeri dan bengkak serta dapat membuat kepala menjadi pusing dan tubuh akan mengalami demam tinggi dalam waktu beberapa hari saja.

  1. Infeksi Pada Pembuluh Darah

Akibat sinusitis dapat menjangkit pembuluh darah yang mengalami infeksi. Keadaan ini umumnya terletak pada sekitar sinus yang mengalami gangguan dimana pembuluh darah mengalami tekanan dan kompresi dari beberapa saraf yang terdapat disekitar sinus. Hal ini dapat mengakibatkan daerah di sekitar mata menjadi nyeri. Anda harus waspada dengan kejadian ini, dikarenakan infeksi pada pembuluh darah itu juga bisa menjadi salah satu penyebab osteomielitis yang paling mematikan.

  1. Penurunan Indra

Sinusitis yang tidak segera di tangani bisa mengurangi fungsi indra seperti penciuman, dimana mampet akibat flu dapat membuat udara yang masuk menjadi terhambat untuk masuk ke dalam hidung dan rongga tenggorokan serta paru-paru. Hal tersebut dapat memicu peradangan dan pembengkakan akibat tekanan pada syaraf-syaraf penciuman pada hidung.

Jadi, bisa anda pahami dari penyampaian artikel ini tentang Tulang Pipi Sakit Saat Flu atau di sebut sinusitis. Bisa di katakan berbahaya sekali apabila tidak segera mendapatkan penanganan khusus dan cepat. Lalu bagaimana pengobatannya?

Penyembuhan Penyakit Sinusitis

Sinusitis dapat dihilangkan dengan melakukan pemberian obat seperti antibiotik. Akan tetapi jika sinusitis yang melanda disebabkan oleh alergi, maka pengobatan medis hanya dapat membantu dalam mengurangi gejala yang terjadi, bukan untuk menghilangkan faktor penyebabnya. Oleh karena itu ada baiknya jika anda harus menghindari alergi yang menjadi pemicunya.

Selain itu, anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter THT dengan tujuan untuk melakukan diagnosis yang tepat guna mendapatkan pengobatan yang sesuai untuk tulang pipi yang nyeri saat flu. Saat ini memang tidak ada cara khusus bagaimana mencegah agar sinusitis tidak timbul. Tetapi, jika anda belum pernah mengalami kondisi ini sebaiknya menjaga pola hidup dan memperhatikan beberapa tips berikut:

  • Tidak Merokok

Biar bagaimanapun, merokok adalah sesuatu yang tidak baik. Hal ini berkaitan erat dengan terjadinya sinusitis yang menyerang. Nah, anda harus bisa mengurangi atau tidak merokok sama sekali agar tidak menimbulkan penyakit tersebut. Terutama pada asapnya, apabila terus menerus menghirup bahkan bukan hanya sinusitis yang akan terjadi tetapi beberapa penyakit lain seperti paru-paru, jantung, dll. Untuk mencari alasan lain dalam berhenti merokok, mungkin efek samping merokok saat masa pembentukan tulang ini bisa menjadi referensi paling tepat bagi Anda.

  • Sering Mencuci Tangan

Rajinlah mencuci tangan setiap akan atau sesudah melakukan sesuatu. Keadaan tubuh yang highenis menjadikan tubuh sehat terjaga.

  • Menggunakan Masker Setiap Bepergian

Masker adalah pembungkus wajah bagian hidung dan mulut. Dengan memakai masker, seseorang bertujuan agar tidak menghirup debu secara spontan. Sadar atau tidak, terkadang seseorang mempunyai alergi polusi dan debu, hanya saja mereka tidak mengetahuinya. Sehingga terlalu lama di biarkan menyebabkan sinusitis.

Sponsors Link

Note:

Bagi anda yang masih mengalami sinusitis biasa (belum kronis) ada beberapa pengobatan yang bisa di lakukan dirumah antara lain:

  1. Menghirup Uap

Sediakan air panas yang baru saja masak di sebuah baskom. Lalu letakkan wajah anda di atas uapan air (tidak di celupkan dalam air). Meskipun belum ada bukti ilmiah, tetapi cara ini mengurangi nyeri hidung, membersihkan saluran hidung.

  1. Kompres Air Hangat

Lakukan penyekaan pada hidung serta bagian-bagian yang dekat dengan hidung menggunakan waslap yang di basahi air hangat, atau anda bisa menggunakan botol.

Demikianlah tentang penyakit sinusitis yang di tandai dengan Tulang Pipi Sakit Saat Flu, semoga dapat membantu. Salam sehat!

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 23rd, April 2018 / 12:50 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup