Sponsors Link

36 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi Untuk Pertumbuhan

Sponsors Link

Kalsium merupakan salah satu zat yang berfungsi untuk sektor kesehatan tulang. Sejak dulu, kalsium identik dengan fungsi tulang yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu, orang yang baru saja mengalami kecelakaan seringkali disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung unsur kalsium.

ads

Kalsium memang merupakan nutrisi yang diperlukan mulai anak kecil hingga orang dewasa. Kalsium pada anak kecil akan membantu meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi. Semetara itu, kalsium untuk orang dewasa fungsinya adalah untuk mencegah adanya osteoporosis atau kerapuhan tulang. Karena penyebab osteoporosis adalah kekurangan kalsium. Oleh karena itu, seharusnya kebutuhan kalsium selalu dipenuhi, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Terlebih, untuk manula. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung unsur kalsium. Lalu apa saja makanan yang mengandung kalsium? Simak penjelasan berikut ini.

Kalsium dari Sapi dan Produk Susu Sapi

Sapi dan produk olahan sapi merupakan sumber kalsium yang sudah sejak lama diketahui masyarakat dan dipopulerkan dalam banyak produk makanan berkalsium. Beberapa makanan dari sapi yang populer akan kalsium adalah susu sapi dan beberapa produk olahan susu sapi berikut ini.

1. Susu sapi

Susu sapi sudah sejak lama dijadikan bahan untuk pemenuhan kebutuhan kalsium harian. Bahkan anak-anak kecil direkomendasikan untuk mengonsumai susu sapi agar pertumbuhan tulangnya bisa berjalan maksimal. Secara ilmiah, satu gelas susu sapi mengandung 270 mg kalsium. Oleh karena itu, susu sapi merupakan salah satu makanan yang bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian.

2. Sumsum tulang sapi

Sapi secara fisik juga mengandung kalsium. Salah satu bagian tubuh dari sapi yang banyak mengandung kalsium adalah sumsum tulang sapi. Bahkan, sumsum tulang sapi ini bisa mengandung 40 kali lipat dari segelas susu sapi biasa. Maka, makanan ini bisa menjadi alternatif makanan untuk memenuhi kalsium di dalam tubuh.

3. Keju

Keju merupakan salah satu makanan dari produk olahan susu sapi yang memiliki rasa gurih dan asin. Keju adalah susu yang difermentasikan. Ada banyak jenis keju yang berkembang, mulai dari keju padat, hingga keju yang lunak. Keju juga mengandung bakteri baik hasil fermentasi yang mana bakteri baik itu bisa membantu penyerapan kalsium secara maksimal. Namun ada beberapa orang yang mungkin tidak suka dengan keju. Untuk mengatasinya, biasanya keju dijadikan bahan tambahan untuk makanan lain atau diolah dengan bahan makanan lain. (baca juga: Macam Macam Penyakit Tulang)

4. Yoghurt

Yoghurt juga merupakan salah satu produk olahan susu sapi yang difermentasikan. Namun berbeda dengan keju, yoghurt memiliki rasa yang asam. Yoghurt juga memiliki bakteri yang baik yang bisa membantu proses penyerapan kalsium yang dikandung di dalamnya. Yoghurt juga banyak jenis dan bentuknya. Mulai dari yang bubuk, cair, dan juga krim. Yoghurt menjadi satu makanan yang biasa dikonsumsi secara mandiri. Atau bisa juga dijadikan bahan tambahan makanan lain. Yoghurt juga biasanya dijual dalam bentuk produk minuman.

Kalsium dari Sayur-Sayuran

Sayur-sayuran yang identik dengan serat dan vitamin, juga ternyata bisa saja mengandung kalsium. Bahkan sayuran tersebut merupakan sayuran yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini ada beberapa jenis sayuran yang mengandung kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

1. Bayam

Selain terkenal sebagai sayuran dengan zat besi yang tinggi, ternyata bayam juga merupakan salah satu bahan makanan dari sayur yang mengandung banyak sekali kalsium. Bahkan kandungan kalsium pada bayam bisa mencapai 200 mg. Oleh karena itu, sayur bayam bisa menjadi salah satu makanan alternatif untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Terutama jika seseorang tidak suka akan sapi dan produk olahan susu sapi. Untuk mengonsumsi bayam, cara yang paling mudah adalah dengan membuat sayur bening. Namun saat ini bayam juga digunakan sebagai bahan olahan makanan lainnya.

2. Bunga kol

Jenis sayuran lain yang mengandung banyak kalsium adalah bunga kol. Bunga kol juga terkenal sebagai sayuran yang memiliki banyak manfaat lainnya. Bunga kol sering dijadikan resep makanan sehar seperti capcai, dan bahan tambahan untuk menu makanan lainnya. Bunga kol yang dikonsumsi secara baik tentu akan bisa membantu memenuhi kebutuhan harian akan kalsium.

3. Lobak


Lobak juga merupakan salah satu jenis sayur-sayuran yang mengandung kalsium tinggi. Bahkan ada kandungan sekitar 200 mg kalsium per batang lobak. Hal ini tentu bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh. Walau lobak tidak sepopuler bayam atau bunga kol, lobak ternyata cukup sering dijadikan bahan makanan tambahan, seperti bahan tambahan soto, acar, dan terkadang banyak terkandung di makanan korean food.

4. Brokoli

Brokoli meeupakan bahan sayuran yang paling lengkap gizinya. Brokoli mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, brokoli mengandung sekitar 180 mg kalsium. Oleh karena itu mengonsumsi brokoli secara teratur akan membuat pencernaan kalsium dan penyerapan kalsium di dalam tubuh menjadi maksimal. Untuk menikmati manfaat ini, banyak cara yang bisa dilakukan. Banyak orang yang mengolah brokoli sebagai bahan makanan yang lezat.

5. Bokchoy

Bokchoy merupakan sayuran hijau yang bentuknya mirip dengan sayuran sawi. Bokchoy namanya tidak begitu populer di masyarakat, namun sebenarnya banyak ditemui bokchoy di pasar-pasar modern maupun tradisional. Secara ilmiah, bokchoy mengandung sekitar 74 mg kalsium. Bahan makanan ini bisa dijadikan satu alternatif sayuran yang bisa dikonsumsi. Bokchoy juga bisa dimasak dalam berbagai bentuk olahan makanan yang rasanya juga akan lezat.

6. Kangkung

Siapa sangka, kangkung yang murah dan biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari ini ternyata juga bisa digunakan sebagai makanan pemenuh kebutuhan kalsium harian. Kangkung juga mengandung serat yang baik untuk tubuh, terutama pencernaan. Selain itu kangkung juga fleksibel dan bisa dimasak dalam banyak cara. Kangkung tentu bisa digunakan untuk makanan sehat sehari-hari.

Kalsium dari Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Makanan yang mengandung kalsium bukan hanya jenis produk olahan suau dan sayuran saja. Beberapa jenis biji dan juga kacang-kacangan ternyata juga ada yang mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan. Tentu jenis kacang dan biji ini cocok untuk mereka yang kurang suka buah dan suau sapi. Kacang dan biji bisa menjadi makanan alternatif yang baik.

1. Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sehat. Satu cangkir kacang kedelai ternyata mengandung 260 mg. Tentu keberadaan kacang kedelai ini bisa dijadikan alternatif makanan pengganti susu sapi. Tidak heran jika orang-orang yang alergi susu sapi disarankan untuk mengonsumsi kedelai, termasuk susu kedelai. Selain itu, kedelai juga bisa membantu mengontrol nafsu makan. Karena itu, kedelai merupakan bahan makanan yang baik bagi pelaku diet.

2. Kacang Putih

Salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung cukup banyak kalsium adalah kacang putih. Kacang putih mengandung 75 mg kalsium. Jenis kacang putih memang jarang ditemui dan tidak sepopuler kacang kedelai. Namun kacang putih ini biasanya bisa didapatkan pada pasar-pasar modern. Banyak jenis makanan yang bisa diolah dari kacang putih.

3. Wijen

Keberadaan biji wijen cukup popiler di Indonesia. Kebanyakan biji wijen digunakan sebagai bahan pelengkap atau bahan pendamping makanan utama. Banyak juga makanan tradisional yang menggunakan wijen sebagai bahan pelingkupnya, seperti onde-onde. Secara ilmiah, dalam 1 ons wijen terkandung kalsium sebanyak 280 mg. Wijen tentu bisa menjadi bahan makanan sehat yang bisa diolah lebih baik lagi untuk semua kalangan.

4. Kacang Almond

Almond merupakan salah satu kacang-kacangan yang cukup populer juga. Walau harganya mahal, almod cukup sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Almond sering dijadikan bahan tambahan kue. Almond juga sering diolah bersama susu atau menu dessert lainnya. Dalam satu cangkir kacang almond terdapat 250 mg kalsium. Tentu almond akan sangat baik untuk kesehatan. Selain itu almond bisa juga dijadikan makanan sehat bagi pelaku diet.

5. Edamame

Edamame merupakan salah satu jenis kacang kedelai. Umumnya, edamame disebut juga sebagai kedelai Jepang. Edamame mengandung kurang lebih 78 mg kalsium. Edamame bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Cara yang paling sering digunakan adalah dengan merebusnya. Namun banyak juga orang yang suka makan edamame tanpa memasaknya terlebih dahulu. Dengan demikian, tentu saja gizi dalam edamame tidak berkurang dan manfaatnya akan lebih terasa.

6. Kacang Brazil

Salah satu jenis kacang lain yang mengandung banyak kalsium adalah kacang Brazil. Faktanya, dalam 100 gram kacang Brazil didapatkan 160 mg kalsium. Mengonsumsi kacang brazil tentu saja bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian. Terutama untuk mereka yang tidak suka produk olahan susu atau sayur yang mengandung kalsium.

Kalsium dari Buah-buahan

Selain sayur dan kacang-kacangan, sumber kalsium selain susu sapi dan produk susu sapi adalah buah-buahan. Beberapa jenia buah ternyata tidak hanya mengandung serat dan vitamin saja, melainkan juga buah-buahan. Simak penjelasan berikut ini.

1. Alpukat

Salah satu buah yang mengandung kalsium adalah alpukat. Di dalam 100 gram alpukat terkandung sekitar 12 mg kalsium. Walau jumlahnya tidak begitu banyak jika dibanding makanan lainnya yang telah disebutkan sebelumnya, namun keberadaan alpukat juga akan nermanfaat bagi kesehatan tubuh secara umum. Karena pada dasarnya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi alpukat.

2. Jeruk

Jenis buah-buahan lain yang mengandung kalsium untuk kesehatan tulang adalah jeruk. Kandungan kalsium pada 100 gram jeruk lebih banyak daripada alpukat, yaitu sebesar 50 mg. Tentu mengonsumsi jeruk bisa menambah asupan kalsium dalam tubuh. Apalagi dalam jeruk juga banyak vitamin lain yang menyehatkan tubuh, termasuk vitamin C. Jeruk yang dijadikan minuman akan menghasilkan lebih banyak kalsium.

3. Buah berry

Buah berry, termasuk di dalamnya adalah blueberry ternyata tidak hanya kaya akan zat antioksidan saja. Melainkan juga kalsium. Blueberry sendiri mengandung sekitar 40 mg kalsium dalam 1 cangkir takaran. Dengan mengonsumsi blueberry, tentu saja bukan hanya manfaat dari antioksidan yang bisa didapatkan. Melainkan juga manfaat untuk tulang. Walau kadar kalsiumnya tidak sebanyak susu sapi atau makanan lain, mengonsumsi blueberry bisa membantu menambah asupan kalsium dalam tubuh.

4. Kurma

Kurma menjadi sebuah jenis buah yang kaya manfaat. Tiga butir kurma bahkan mengandung kurang lebih 45 mg kalsium. Selain itu, banyak juga kandungan kurma yang menyehatkan tubuh. Apalagi rasanya sangat manis dan enak. Rasa manis itu juga tidak berbahaya bagi kesehatan para penderita diabetes. Mengonsumsi kurma setiap hari bisa menyehatkan badan dan juga menyumbang kadar kalsium yang cukup membantu.

5. Buah Ara

Buah ara merupakan salah satu jenis buah yang mengandung kalsium berlimpah. Dalam dua buah ara ada sekitar 107 mg kalsium yang terkandung. Walau nama buah ara kurang populer, khususnya di masyarakat Indonesia, buah ini bisa dijadikan alternatif yang baik untuk menambah asupan kalsium di dalam tubuh. Terutama untuk orang-orang yang memang membutuhkan kalsium.

6. Pisang

Jika ada yang bertanya apa buah yang paling lengkap? Maka jawabannya adalah pisang. Pisang mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Walau pisang populer karena kandungan potassium yang banyak, nyatanya pisang juga mengadung kalsium yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu pisang juga mengandung kalium, zat besi, fosfor, dan juga magnesium yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

7. Mangga

Mangga yang terkenal sebagai buah yang kaya serat dan memiliki rasa manis ternyata juga menjadi buah yang mengandung kalsium yang cukup. Apalagi selain serat dan kalsium ada beberapa vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Maka dari ituitu mengonsumsi mangga bisa sangat bermanfaat. (baca juga: Cara Cepat Meninggikan Badan)

8. Strawberry


Strawberry merupakan salah satu buah yang banyak ditemui di masyarakat. Harganya pun cukup terjangkau. Buah ini ternyata mengandung banyak kalsium yang bisa membantu pemenuhan kalsium harian. Dalam 160 gram buah strawberry, terkandung kurang lebih 80 mg kalsium yang baik untuk tubuh dan kesehatan tulang.

9. Apel merah

Ada yang berkata makanlah apek setiap hari, maka hidupmu akan terbebas dari berbagai macam penyakit. Hal ini berkaitan dengan nutrisi yang terkandung dalam apel. Salah satunya jenis apel merah. Apel merah adalah apel yang cukup banyak ada di pasaran. Ternyata jenis apel merah ini juga mengandung banyak kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi.

Kalsium dari Makanan Laut

Setelah sayur, kacang, dan buah, kalsium ternyata juga bisa didapatkan dari makanan laut. Beberapa makanan dari laut seperti ikan, udang, dan kerang ternyata mengandung kalsium yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh. Selain itu makanan laut juga terkenal dengan omega-3 yang baik untuk kesehatan otak dan mencerdaskan ingatan. Apa saja jenis makanan laut yang mengandung kalsium? Simak penjelasan berikut ini.

1. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu jenis makanan laut yang sangat kaya akan omega-3. Ikan salmon juga enak untuk dimakan, bahkan jika dimakan dalam kondisi mentah sekalipun. Ikan salmon juga baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak karena bisa mencerdaskan otak. Tidak heran ikan salmon harganya tidak murah. Dalam 3 ons ternyata terkandung sekitar 181 mg kalsium. Tentu jumlah ini cukup banyak dan bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh.

2. Sarden

Selain ikan salmon, ikan lain yang cukup populer dan bisa didapatkan dengan mudah adalah ikan sarden. Ikan sarden saat ini bahkan lebih mudah dikonsumsi karena banyak produsen makanan yang membuat kemasan ikan sarden kalengan. Kabarnya, satu kaleng ikan sarden ternyata bisa memenuhi sekitar 30% dari kebutuhan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Tentu ikan sarden menjadi salah satu makanan yang mengandung kalsium yang bisa dikonsumsi secara mudah.

3. Udang

Udang juga cukup banyak ditemui dan mudah didapatkan, baik di pasar tradisional maupun pasar modern atau mal. Udang bisa dikonsumsi dengan banyak cara. Masyarakat Indonesia bisa menggorengnya atau menambahkannya sebagai bahan tambahan makanan. Udang ternyata juga mengandung cukup kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh.

4. Kerang

Kalsium dari makanan laut berikutnya bisa didapatkan dari kerang. Kerang merupakan salah satu makanan laut yang cukup diminati banyak orang. Walau kerang keberadaannya musiman, namun kerang bisa menyumbang nutrisi kalsium yang baik untuk tubuh. Kerang juga bisa dikonsumsi dengan banyak cara dan bisa diolah dengan bahan makanan lainnya.

Kalsium dari Jenis Makanan Olahan

Selain makanan yang siap dimakan seperti sayuran, buah, dan ikan laut, beberapa makanan olahan yang sudah diolah oleh produsen makanan tenyata cukup mampu membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian yang cukup. Beberapa di antaranya adalah:

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan olahan yang baik untuk penderita diabetes. Oatmeal juga merupakan bahan makanan pokok yang bsia dikonsumsi secara sehat setiap hari. Saat ini ada banyak produk oatmeal yang ada di pasaran. Biasanya, produk oatmeal dilengkapi dengan nutrisi tambahan seperti vitamin, kalsium, dan nutrisi lainnya. Ternyata dalam 1 mangkuk oatmeal ada kandungan kalsium hingga 105 mg.

2. Susu Kedelai

Jika kacang kedelai mengandung kalsium yang banyak, sudah menjadi sebuah kepastian bahwa susu kedelai yang merupakan salah satu bahan olahan dari kedelai juga mengandung kalsium yang banyak. Bahkan dalam beberapa susu kedelai, 1 cangkir susu kedelai memiliki kandungan kalsium sebesar 300 mg. Tentu nilai ini lebih besar daripada nilai kalsium dalam 1 gelas susu sapi. Sehingga, untuk masyarakat yang alergi susu sapi, bisa menggantinya dengan susu kedelai.

3. Tahu

Tahu juga merupakan makanan olahan dari kedelai. Itulah sebabnya tahu tentu saja mengandung kalsium. Apalagi dalam proses pembuatannya, tahu dilakukan dengan cara yang sehat. Tahu bisa dinikmati dengan banyak cara dan bisa diolah menjadi banyak resep makanan yang enak.

4. Tempe

Selain tahu, olahan dari kacang kedelai lainnya adalah tempe. Tempe juga menjadi salah satu bahan makanan yang diminati masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian bisa juga dengan mengonsumsi tempe dengan berbagai cara.

5. Crackers

Selain oatmeal, jenis makanan olahan yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan kalsium harian adalah crackers. Dalam crackers biasanya juga ada nutrisi tambahan lain, seperti vitamin, serat, dan sebagainya. Makanan ini juga merupakan salah satu jenis makanan sehat yang baik untuk penderita diet.

Kalsium dari Jenis Minyak

Selain produk makanan olahan, ada juga jenis minyak yang mengandung kalsium tinggi. Minyak itu jug bisa dikonsumsi secara sehat, atau bisa juga dengan menambahkannya ke dalam menu makanan harian. Beberapa minyak yang mengandung kalsium adalah:

1. Minyak almond

Minyak almond adalah minyak yang dibuat dari kacang almond yang diendapkan. Jika kacang almond memiliki kandungan kalsium itu berarti minyak almond juga memiliki kandungan kalsium. Biasanya minyak almond ini diproduksi di luar negeri. Namun, masyarakat Indonesia tetap bisa mendapatkannya di toko-toko makanan yang lengkap. Namun harganya cukup mahal.

2. Minyak wijen

Jenis minyak lain yang juga mengandung kalsium adalah minyak wijen. Seperti yang diketahui dan dijelaskan di atas, wijen merupakan salah satu jenis biji bijian yang mengandung banyak kalsium. Minyak wijen adalah salah satu jenis minyak yang diendapkan dari wijen. Secara alami, minyak wijen bisa melengkapi kebutuhan harian akan kalsium dan nutrisi lainnya. Minyak wijen bisa dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan tambahan untuk resep makanan lainnya.

Itulah beberapa makanan yang mengandung banyak kalsium. Pilihlah jenis makanan yang sesuai dengan selera dan kebutuhan tubuh untuk asupan nutrisi yang baik dan bermanfaat. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat menjalankan gaya hidup sehat.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Monday 24th, July 2017 / 07:38 Oleh :