Sponsors Link

Infeksi Tulang Belakang – Gejala, Bahaya dan Penanganannya

Sponsors Link

Banyak yang tidak tahu apa itu infeksi tulang belakang, yakni suatu kondisi yang menyerang pada bagian tulang khususnya belakang. Sering disebut keadaan ini sama dengan osteomielitis. Ya, infeksi tulang belakang adalah osteomielitis yang merupakan sebuah kondisi atau penyakit disebabkan oleh adanya infeksi yang menyerang tulang. Infeksi ini menyerang tulang bagian tubuh mana saja, tidak tanggung-tanggung termasuknya adalah tulang belakang atau tulang punggung. Banyak yang masih belum memahami bagaimana tingkat bahaya kondisi ini. Perlu anda ketahui bahwa penyakit osteomielitis ini sangat berbahaya.

ads

Mungkin untuk di awal masih dikatakan umum, tetapi seiring berjalannya waktu penyakit ini cukup berbahaya. Hal ini karena infeksi Tulang (Osteomielitis) tergolong jenis infeksi serius dan memerlukan penanganan cepat. Akibatnya bisa saja fatal jika tidak segera di atasi atau di lakukan pengobatan. Kemungkinan besar yang akan terjadi bila penyakit ini tidak segera di tangani adalah terjadinya radang tulang belakang dan kelumpuhan.

Definisi lainnya, osteomielitis adalah infeksi pada tulang yang mengakibatkan gangguan secara fisik dan penyebabnya adalah mikro-organisme. Lalu penyebab dari infeksi tulang mikro-organisme tersebut akan masuk ke dalam tubuh melalui bagian tubuh yang sedang terluka, atau melalui penyebaran infeksi via darah. Karena tulang merupakan bagian penting tubuh yang berperan untuk menyangga atau menopang tubuh, memberikan bentuk badan yang baik dan memberikan kemudahan  mobilitas. Akan tetapi jika tulang menjadi tumbuh dan semakin

Dikatakan bahwa tanpa tulang yang sehat dan kuat tubuh tidak akan dapat berdiri, duduk dan bergerak dengan mudah dan leluasa. Secara sadar sebagian besar tubuh kita terdiri dari tulang. Oleh karena itu pentingnya menjaga kesehatan tulang benar-benar harus di pantau. Perhatikan kondisi tulang anda agar terjaga dan sehat selalu.

Setiap kondisi pasti mempunyai tanda atau gejala yang di timbulkan. Tak terkecuali osteomielitis yang akan menunjukkan tanda-tanda sebagai berikut:

  • Nyeri dan Sakit

Gejala pertama dan pasti ada adalah timbulnya rasa sakit di sertai nyeri pada tulang yang terserang. Ketika rasa seperti ini timbul pada bagian tulang belakang, mungkin salah satu atau beberapa poin dari 21 penyebab tulang belakang sakit ini yang menjadi permasalahannya.

  • Infeksi Kulit

Adanya infeksi bakteri pada kulit dan saluran nafas bagian atas. Jika infeksi ini terjadi pada saluran kemih, berikut berbagai hubungan infeksi saluran kemih terhadap kesehatan tubuh yang perlu Anda waspadai sejak sekarang.

  • Demam

Demam bisa merujuk pada gejala yang pertama di sebutkan. Terjadinya nyeri dan rasa sakit pada tulang disertai dengan kondisi demam. Keadaan ini menjadi proses umum pada sebuah penyakit.

Osteomielitis yang masih tahap awal akan menemukan gejala di atas, padahal kondisi ini bisa saja menjadi lebih parah jika tidak di tangani dengan cepat. Lalu pada penderita infeksi tulang kronis akan terjadi gejala lebih parah yaitu:

  • Pembengkakan

Gejala umum yang terjadi pada infeksi tulang akut adalah terjadinya demam yang terjadi secara tiba-tiba dan bagian yang mengalami infeksi akan terjadi pembengkakan tetapi saat disentuh terasa lembut sekali. Selain itu, penderita akan mengalami sulitnya bergerak bahkan sampai terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di dekat bagian tulang yang mengalami infeksi. Untuk menangani bengkak ini, 5 cara mengobati tulang bengkak ini mungkin bisa Anda ikuti untuk mendapatkan kesembuhan dan tubuh yang fit kembali.

Disamping itu infeksi tulang kronis gejalanya yang terlihat adalah nyeri tulang, perasaan lelah yang terjadi secara terus menerus atau sering, adanya nanah yang mengalir dari saluran sinus. Sinus adalah lorong yang berkembang di dekat tulang yang terjangkit infeksi. Lalu terjadinya pembengkakan pada area infeksi seperti yang sudah di sebutkan, perubahan bentuk atau warna kulit, mempunyai keringat lebih banyak dari biasanya dan tubuh menggigil panas dingin.

Sponsors Link

Penyebab Infeksi Tulang (Osteomielitis)

Penyebab dari terjadinya Infeksi pada tulang belakang (Osteomielitis) yakni sebuah bakteri yang yang biasa ditemukan pada kulit dan hidung yang disebut dengan staphylococcus aureus, sedangkan penyebab terjadinya osteomielitis pada anak-anak khususnya usia dibawah 4 tahun adalah 50% disebabkan oleh haemophylus influenzae. Apabila beberapa kuman alias bakteri tersebut melokasi di bagian terkecil dari tulang, maka bukan tidak mungkin lagi mereka bisa berkembang biak dan menimbulkan infeksi.

Proses masuknya bakteri kedalam tulang adalah melalui peredaran darah dengan perantara sebuah luka atau cedera. Seseorang yang baru saja mengalami cedera seperti patah tulang akan lebih mudah terjangkit infeksi tulang bagian belakang. Biasanya, ketika seseorang sudah terinfeksi oleh virus ini bisa juga terkena serangan TBC Tulang, untuk itu kenali ciri-ciri tbc tulang berikut lebih dini supaya bisa melakukan penanganan dengan segera sehingga penyakit tidak semakin parah.

Pada saat seseorang baru saja menjalani operasi tulang, mereka cenderung mempunyai sistem kekebalan tubuh yang cukup lemah. Selain itu mereka juga pasti memiliki kelainan darah, atau mereka yang sedang menjalani dialisis ginjal. Demikian beberapa orang dengan kondisi yang rentan terserang resiko Infeksi Tulang Belakang atau osteomielitis. Lalu bagaimana pencegahan atau pengobatan osteomielitis tersebut?

ads

Pencegahannya sudah pasti dengan menjaga kesehatan tubuh terutama tulang sebagai tumpuan utama. Karena dengan menjaga kesehatan, sel-sel dalam tubuh mempunyai kekebalan lebih sehingga sukar bagi bakteri yang mau masuk. Apabila menemui tanda-tanda seperti yang sudah di sebutkan, maka sebaiknya anda segera menemui dokter.

Tujuannya sangat jelas yaitu guna mengetahui gejala apa yang sedang di alami, apabila memang benar terjangkit Infeksi Tulang Belakang agar dokter bisa memberikan keterangan sudah sampai mana perjalanan kondisi tersebut. Karena sama halnya penyakit yang lain, kondisi ini ada yang masih umum dan kronis. Biasanya dokter akan menyarankan untuk:

  • Berobat

Langkah pertama yang di sarankan dokter biasanya adalah memberikan resep obat, minimal hal ini untuk mengurangi rasa sakit serta nyeri pada penderita. Tetapi ada juga tujuan pemberian obat ini untuk menyembuhkan kondisi agar bisa sehat. Umumnya pengobatan serta perawatan Pada infeksi tulang bagian belakang, pasien akan diberikan obat jenis antibiotik oleh dokter. Antibiotik diberikan agar dapat menghentikan penyebaran dan membunuh kuman (bakteri) yang menyebabkan patofisiologi osteomielitis.

Gejala osteomielitis akan memburuk apabila tidak segera mendapatkan perawatan ekstra. Oleh karenanya antibiotik sangat di butuhkan sekali. Penderita di rekomendasikan untuk mengkonsumsi obat selama 4-6 minggu. Namun jika anda sebagai salah satu penderitanya memiliki infeksi berat, maka mengkonsumsi obat antibiotik hingga dua belas minggu lamanya sejak di sarankan oleh dokter.

Setiap pasien kebanyakan memiliki gejala yang berbeda, sehingga pemberian obat juga harus memenuhi prosedur. Untuk penderita yang merasakan sakit, maka dokter memberikan obat penghilang rasa sakit untuk mengontrolnya. Tetapi bila mereka para penderita mempunyai infeksi pada tulang panjang (seperti tangan atau kaki) biasanya penderita akan di bekali dengan belat agar pasien tidak terlalu banyak bergerak yang dapat memperburuk kondisi tulang mereka.

  • Pembedahan

Ketika usaha dokter untuk menyembuhkan pasien dengan obat tidak efektif, tidak ada cara lain selain operasi. Terapi pun rasanya belum bisa di katakan layak saat seseorang sudah terkena kondisi ini. Karena terapi akan di lakukan ketika usai menjalani operasi. Jadi, dengan kata lain operasi hanya akan berjalan ketika tingkat kondisi seseorang yang mengalami penyakit osteomielitis cukup parah dan sudah alami komplikasi tumor tulang juga.

Operasi juga dilakukan dengan catatan jika pada infeksi telah terangkai abses, karena abses tersebut harus di keringkan. Operasi di lakukan jika infeksi telah menekan struktur penting dalam tubuh. Terutama jika osteomielitis yang telah kronis maka sudah pasti harus melakukan pembedahan. Jika perlu, pasien terpaksa harus di amputasi apabila keparahannya benar-benar tidak teratasi.

Demi menunjang kesehatan dan kesembuhan mendatang, seorang penderita harus pula menerapkan kehidupan lebih sehat. Penderita osteomielitis dilarang makan secara sembarangan. Berikut ini beberapa makanan yang di sarankan bagi penderita infeksi tulang.

  1. Tinggi Kalori

Makanan TKPT pertama adalah yang banyak mengandung kalori agar mampu menghasilkan energi atau tenaga seperti Nasi, Bubur Beras, Jagung, Kentang, Singkong, Ubi, Roti, Tepung, Mie. Hal ini bertujuan untuk membuat tulang menjadi lebih kuat dan tahan dari berbagai macam penyakit, sebagai makanan alternative yang ringan, Anda juga bisa konsumsi buah untuk menguatkan tulang berikut.

Sponsors Link

  1. Tinggi Protein

Protein di butuhkan untuk tumbuh kembang, anda bisa mendapatkan protein dari berbagai macam makanan seperti Daging, Hati, Babat, Telur, Ikan, Udang, Kacang – kacangan, Oncom, Tahu Tempe. Sebagai solusi lainnya, Anda juga bisa konsumsi makanan untuk patah tulang tangan yang sama-sama memiliki kandungan untuk membuat tulang menjadi lebih sehat.

  1. Vitamin C

Kegunaan vitamin C yang paling berperan adalah menyembuhkan luka serta mencegah infeksi. Diantaranya adalah bayam, cabe rawit, daun singkong, daun pepaya, jeruk, pepaya, rambutan, jambu mete, jambu biji.

Seperti itulah gejala, bahaya hingga teknik penanganan yang paling tepat untuk Infeksi Tulang Belakang yang harus Anda ketahui secara mendetail supaya bisa melakukan pengobatan yang tepat serta mengetahui berbagai macam bahaya yang ditimbulkannya sejak dini agar lebih waspada. Bagi yang belum terserang kejadian ini, berikut 8 pencegahan osteomielitis yang perlu diterapkan sejak sekarang.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Sunday 22nd, April 2018 / 07:02 Oleh :