Sponsors Link

10 Pencegahan Osteogenesis Imperfecta Dengan Langkah yang Mudah

Sponsors Link

Osteogenesis Imperfecta adalah penyakit kelainan pada tulang yang hampir mirip dengan gejala osteoporisis, kelainan ini akan membuat tulang menjadi sangat lemah, rapuh dan sangat berisiko tinggi mengalami patah tulang. Tidak hanya itu saja, seseorang yang menderita kelainan Osteogenesis Imperfecta ini juga akan mengalami banyak gangguan seperti mudah lelah, memiliki otot dan sendi yang lemah,  gangguan pendengaran, skoliosis, gigi keropos, gangguan pernapasan dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

ads

Penyakit ini disebabkan oleh mutasi gen baru dan juga bisa disebabkan oleh penyakit turunan genetika yang sebagian besar penderita mewarisi penyakit ini dari keluarga atau orang tuanya dan biasanya penyakit ini sudah dibawa dari lahir. Untuk pencegahan osteogenesis imperfecta bisa dilakukan dengan beberapa cara, yakni :

  1. Menjalani gaya hidup sehat

Menjalani gaya hidup yang sehat bisa membantu diri agar terhindar dari osteogenesis imperfecta ini. Terlebih lagi jika anda tidak ingin mewariskan penyakit ini kepada keturunan anda. Terapkan gaya hidup sehat agar tubuh anda tetap sehat, seperti menjaga berat badan agar tetap ideal dan pola hidup sehat lainnya yang bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh anda.

  1. Berolahraga dan latihan fisik

Melatih kekuatan tulang dan otot dengan berolah raga bisa dilakukan sebagai langkah untuk pencegahan osteogenesis imperfecta. Lakukan olahraga dan latihan fisik lainnya yang dianjurkan dan aman untuk tulang yang rapuh serta bisa menjaga kesehatan tubuh, seperti berenang dan terapi fisik lainnya.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi

Mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi denga gizi seimbang bisa membuat tubuh menjadi  lebih kuat dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan berbagai penyakit. Makanan yang baik untuk tulang keropos adalah makanan yang mengandung vitamin dan mineral serta perbanyak juga konsumsi buah dan sayur.

  1. Mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi

Salah satu pencegahan osteogenesis imperfecta adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium yang sangat berguna untuk kepadatan tulang. Sumber kalsium bisa di dapat dari makanan yang mengandung kalsium, susu dan suplemen untuk tulang.

  1. Tidak merokok

Kandungan dalam rokok sangat berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan termasuk kesehatan tulang. Kandungan zat dalam rokok dapat membunuh sel osteoblast yang sangat berguna dalam proses pembentukan tulang yang baru. Merokok juga bisa menyebabkan tulang rapuh karena hormon kortisol yang jadi meningkat.

  1. Tidak mengkonsumsi alkohol

Kebiasaan mengkonsumsi alkohol juga bisa menjadi salah satu langkah untuk pencegahan osteogenesis imperfecta. Sama halnya dengan merokok, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat mengganggu kesehatan tubuh dan juga tulang membuat tulang menjadi rapuh. Oleh karena itu mulailah untuk kembali menjalani gaya hidup sehat dan mulailah melakukan pencegahan tulang keropos.

  1. Hindari mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan tulang rapuh dan keropos

Beberapa makanan yang kita konsumsi dapat menjadi penyebab tulang keropos. Seperti :

  • Tidak mengkonsumsi protein hewani secara berlebihan karena bisa menghasilkan senyawa sulfat yang akan membuat kalsium keluar dari tulang.
  • Fosfor yang terdapat dalam minuman bersoda juga memicu terjadinya pengeroposan tulang.
  • Kandungan kafein dalam minuman yang dikonsumsi secara berlebihan juga bisa membuat tulang menjadi rapuh.
  • Retinol dalam vitamin A yang dikonsumsi berlebihan pun juga bisa membuat tulang keropos karena akan menghambat proses penyerapan vitamin D.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pencegahan osteogenesis imperfecta seperti tidak mengkonsumsi makanan penyebab tulang keropos dan tetap mempertahankan gaya hidup sehat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 14th, April 2018 / 04:33 Oleh :
Kategori : Pencegahan