Sponsors Link

6 Penyebab Penyakit Osteogenesis yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Osteogenesis atau OI (osteogenesis imperfecta) ini merupakan salah satu dari banyaknya macam-macam penyakit tulang yang ada dan termasuk sangat langka terjadi. Kelainan pada tulang ini mengakibatkan tulang seseorang menjadi sangat rapuh dan mudah patah dan sangat rentan sehingga sangat membutuhkan perhatian ekstra dan perawatan khusus. Tidak hanya pada tulang penyakit ini juga menyebabkan seseorang akan memiliki otot-otot serta sendi yang lemah. Selain itu penderita penyakit OI ini juga akan memiliki gigi yang rapuh, serta mudah terserang skoliosis hingga mengalami gangguan pendengaran. Berikut penyebab penyakit osteogenesis, yaitu :

ads
  1. Terbentuknya gen baru pada tubuh seseorang

Selain kelainan genetik ini di dapat dari keturunan namun bisa juga disebabkan oleh terjadinya mutasi pada gen sehingga terbentuk suatu kelainan yang mengganggu struktur tulang dan pembentukan tulang sehingga menjadi tidak sempurna.

  1. Diwariskan gen dari orang tua

Penyakit ini merupakan penyakit genetik yang di dapat dari gen orang tua si penderita. Walaupun pada kenyataannya kedua orang tua si pasien tidak menderita penyakit OI ini, namun si anak tetap bisa menderita penyakit ini karena kedua orang tuanya berperan sebagai pembawa gen yang akhirnya bersarang menjadi sebuah kelainan gen yang membuat tulang menjadi rapuh atau bisa juga terjadi sebaliknya.

Anak-anak yang menderita penyakit ini biasaya sudah tampak dari usia 16 minggu saat masih berada di dalam kandungan. Oleh karena biasakan untuk menjalani pola hidup sehat dan cukup gizi serta mengkonsumsi makanan untuk menguatkan tulang bayi seperti makanan yang mengandung kalsium.

  1. Obat-obatan yang dikonsumsi jangka panjang.

Efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu yang lama seperti obat kejang, asma, lupus dan obat-obatan lainnya bisa menyebabkan tulang keropos dan rapuh di kemudian hari.

  1. Gaya hidup tidak sehat.

Menjalami gaya hidup yang tidak sehat dan pola hidup yang tidak seimbang dan tidak teratur juga bisa menimbulkan resiko tinggi untuk mendapatkan kerapuhan pada tulang. Kebiasaan merokok, minuman beralkohol, atau minuman bersoda bisa memicu timbulnya pengeroposan tulang karena kandungan yang dimilikinya. Selain itu jauhi juga makanan penyebab tulang keropos.

  1. Kekurangan nutrisi, kalsium dan vitamin D.

Kalsium dan vitamin D sangat berguna dalam proses pembentukan tulang pada manusia. Seseorang yang kekurangan kalsium dan vitamin D akan mendapatkan tulang yang tidak sehat sehingga kepadatan tulang menjadi menurun yang akhirnya tulang menjadi keropos dan bisa menjadi penyebab penyakit osteogenesis ini. Oleh karena itu biasakan makan makanan bergizi dan konsumsi juga makanan untuk mengobati tulang keropos.

  1. Kelebihan vitamin A.

Semua jenis vitamin dan nutrisi lainnya sangat dibutuhkan dalam tubuh untuk mejaga kesehatan organ tubuh manusia, termasuk juga dengan vitamin A. Tapi jika mengkonsumsi vitamin A ini secara berlebihan juga bisa menimbulkan pengeroposan tulang. Hal ini dikarenakan kandunga retinol dalam vitamin A yang berlebih di dalam tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel osteoklas yang akan menyebabkan terjadinya pengikisan tulang.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai penyebab penyakit osteogenesis yang bisa menyerang seseorang. Walau pun penyakit ini di akibatkan faktor genetik namun beberapa kebiasaan dan faktor lainnya bisa menyebabkan seseorang mengalami resiko tinggi terhadap penyakit kerapuhan tulang ini. Oleh karena itu biasakan menjalani gaya hidup sehat dan selalu konsumsi makanan untuk kepadatan tulang untuk pencegahan tulang keropos.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 17th, April 2018 / 07:02 Oleh :