Sponsors Link

15 Makanan dan Minuman Penyebab Tulang Keropos

Sponsors Link

Pengeroposan tulang atau osteoporosis adalah satu dari sederet kelainan pada tulang yang mengancam tulang manusia. Sejatinya pengeroposan tulang adalah hal alami seiring bertambahnya usia. Tapi usia bukanlah satu-satunya penyebab tulang kehilangan kepadatannya, hal-hal berikut juga bisa jadi biang keladinya:

ads
  • Jenis Kelamin

Menurut penelitian wanita cenderung lebih rentan mengalami tulang keropos dibanding pria. Siklus haid tidak lancar, proses melahirkan,  dan menopouse menjadi penyumbang terbesar naiknya resiko tulang keropos pada kaum hawa. (baca juga: penyebab pegapuran tulang)

  • Ras

Ras kulit kuning Asia dan kulit putih Kaukasia lebih rentan mengalami pengeroposa tulang dibandingkan dengan ras kulit hitam Afrika yang cenderung lebih kebal karena Orang Afrika menerima panas matahari lebih banyak sehingga tulang mereka lebih bagus. Sedangkan di Asia walaupun banyak sinar matahari mereka cenderung menghindarinya. Sedangkan ras Kaukasia memang kurang mendapat matahari misalnya di Eropa.

  • Pola makan buruk

Dewasa ini semakin banyak kasus pengeroposan tulang dini yang menimpa kalangan muda bahkan remaja. Salah satu faktor penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak memperhatikan makanan penyebab tulang keropos. Tanpa disadari makanan yang sangat akrab kita konsumsi bisa menyebabkan tulang keropos. Banyaknya variasi makanan sayangnya tidak dipilih dengan bijak oleh sebagian orang sehingga menimbulkan macam-macam penyakit tulang.

Beruntunglah kita yang hidup di era internet karena bisa dengan mudah mendapatkan berbagai informasi kesehatan termasuk tentang gejala osteoporosis atau pengeroposan pada tulang. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk cara mencengah osteoporosis agar tulang terjaga kepadatan dan kekuatannya . Salah satunya dengan  menjaga asupan makanan yang kita konsumsi. Ahlitulang sudah menghimpun 15 makanan yang harus kamu waspadai agar terhindar dari tulang keropos. (Baca Juga: Obat Pengapuran Tulang)

Artikel lainnya:

1. Kafein

Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang tak terpisahkan bagi banyak orang dari berbagai kalangan dan kelompok usi, padahal selain efeknya yang membuat kantuk hilang serta konon bisa membuat tubuh yang lesu kembali segar kopi juga bia memberikan dampak buruk bagi kesehatan apabila dikonsumsi berlebihan. Bukan hanya kecanduan dan tidak bagus buat lambung kamu kafein yang terdapat di dalam kopi ini bisa melarutkan kalsium dari tulang jadi bikin tulang melemah. Perhitungannya dari 100 mg kafein bisa melarutkan 6 mg kalsium tulang apalagi kalau kamu mencampurkan kopi dengan cinta sejatinya yaitu si manis gula wah makin parah deh akibatnya. Kamu bisa mempertimbangkan teh khususnya teh hijau sebagai alternatif minuman penyemangat karena menurut penelitian kafein di dalam teh justru bisa menguatkan tulang khususnya bagi wanita lansia. (baca juga: Penyebab Sakit Tulang Belakang Tengah)

2. Kedelai


Memang kacang kedelai mengandung isoflavon, yaitu zat yang memiliki struktur kimia yang sangat mirip dengan estrogen. Zat ini akan meningkatkan kepadatan tulang pada wanita di masa menopouse dan menawarkan perlindungan terhadap osteoporosis. Akan tetapi selain mengandng makanan yang mengandung kalsium kacang kedelai ternyata juga memiliki efek samping yaitu zat yang bernama oxolates. Yang mana apabila zat ini tercampur dengan kalsium akan menghalangi kalsium terserap oleh tulang.

3. Alkohol

Kamu anti alkohol karena hukum, kamu menghindari alkohol karena dosa, kamu jauh-jauh dari alkohol karena takut mertua. Well, kamu boleh nambahin alesan 1 lagi kenapa kamu harus menolak mengkonsumsi zat memabukan ini yaitu karena alkohol ternyata bikin tulang kamu keropos. Jadi kalau gak karena terpaksa banget kamu sebaiknya menghindari atau gak minum sama sekali minuman keras apapun bentuknya karena alkohol bikin tulang berharga kita tidak bisa menyerap kalsium dan menghambat peremajaannya juga. (baca juga: penyebab terjadinya osteomalasia)

4. Vitamin A

Meskipun vitamin A dibutuhkan tubuh saat masa pembentukan tulang tapi banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa apabila telalu anda banyak mengkonsumsi vitamin A akan menggangu khasiat kandungan vitamin D yang baik untuk tulang dalam penyerapan dan memperbaikin tulang anda. Menurut Penelitian Nurses Health Study II, wanita yang mengasup 3.000 mcg atau lebih vitamin A dua kali lipat lebih mungkin mengalami patah tulang panggul dibanding wanita yang mengonsumsi 1.500 mcg atau kurang vitamin A. (baca juga: cara mengobati patah tulang)

5. Protein Hewani

Kalau kamu mau kurus dan berniat atau sudah menjalankan diet protein tinggi sebaiknya hati-hati karena menurut penelitian Nurses Health Study II Harvard Medical School mereka yang mengonsumsi daging merah sedikitnya lima kali dalam seminggu, lebih berisiko mengalami patah tulang dari mereka yang mengonsumsi daging merah hanya sekali seminggu. Studi ini dilakukan terhadap 116.686 wanita selama 10 tahun.

Memang protein dibutuhkan untuk proses pembentukan tulang pada manusia yang padat, tapi mengonsumsinya secara berlebihan akan membuat tubuh memroduksi senyawa sulfat yang menyebabkan kalsium keluar dari tulang. Adapun efek yang ditemukan di protein nabati lebih sedikit. Oleh karena itu batasi konsumsi protein tidak lebih dari 3 porsi sehari. (Baca Juga: Cara Mengobati Patah Tulang Secara Alami)

6. Soda

Soda adalah pilihan terbaik disaat cuaca menyengat. Tapi soda selain menyegarkan juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan misalnya resiko obesitas, kerusakan gigi, dan merusak tulang. Makanan penyebab tulang keropos yang terkadung dalam soda yaitu framingham Osteoporosis Study melalui penelitiannya menyatakan bahwa minuman bersoda dan dapat menyebabkan keropos tulang pada wanita yang mengonsumsinya sampai dengan tiga kali sehari (lebih). Temuan ini membuktikan, bahwa yang dapat mengeroposkan tulang bukan hanya kafein tapi juga  fosfor di dalam minuman tersebut. Hal itu dikarenakan soda mengandung asam fosfat yang melemahkan usus dan menghampat penyerapan kalsium yang dibutukan tulang. (baca juga: Tulang Rawan)

7. Garam

Garam digunakan di hampir semua menu makanan, kandungan Natrium Kloridanya memang dibutuhkan tubuh tapi bukan berarti garam boleh dikonsumsi berlebih. Dr Cosman dari National Osteoporisis Doundation menyatakan garam dapat menyebabkan ekskresi kalsiun yang berlebihan melalui ginjal. Demi menjaga kesehatan tulang kuantiti garam yang disarankan adalah 1.200 miligram per hari.

Selain itu, masih ada beberapa makanan yang juga dapat menyebabkan mengapa sering cepat terjadi tulang anda rapuh dan kropos juga wajib anda hindari sebagai berikut:

  1. Acar.
  2. Makanan Kaleng.
  3. Camilan / Lemak Tak Jenuh.
  4. Daging Olahan.
  5. Sereal Instan.
  6. Jus Kemasan.
  7. Bumbu Masak Instan.
  8. Mie Instan.

Makanan da minuma di atas bukan berarti tidak boleh dikonsumsi tetapi untuk menjaga kesehatan kita harus bijak mengatur asupan makanan ke dalam tubuh kita agar terhindar dari berbagai penyakit tulang belakang, karena berlebihan dalam hal apapun akan menimbulkan efek negatif. Menjaga kesehatan adalah investasi seumur hidup dan mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, bukan?

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Monday 04th, September 2017 / 11:13 Oleh :