Sponsors Link

12 Cara Mengatasi Nyeri di Tulang Kering Dengan Mudah dan Gampang

Sponsors Link

Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan. Selain mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi didalam tubuh, olahraga teratur juga dapat membantu dalam memberikan kebugaran pada tubuh. Akan tetapi, berhati-hati dalam melakukan olahraga merupakan hal yang harus tetap dilakukan, karena terdapat beberapa tulang pada bagian tubuh yang rawan untuk mendapatkan cidera. Seperti pada tulang bahu yang sangat mudah cidera, selain itu anggota gerak bagian bawah seperti paha juga bisa mengalami cidera hingga patah tulang dan hal tersebut akan mengharuskan pasien untuk mengkonsumsi makanan untuk patah tulang paha.

ads

Anggota gerak lainnya seperti bagian kaki yang tersusun dari tulang rawan dan tulang kering juga harus benar-benar dijaga agar terhindar dari cidera atau kecelakaan yang tidak diinginkan. Cidera tulang kering akan menyebabkan tulang terasa sakit dan ngilu. Hal ini bisa terjadi karena tulang kering terbentur sesuatu yang keras atau bahkan terlalu banyak memberikan tekanan pada tulang kering juga akan menyebabkan tulang terasa ngilu dan pegal. Maka dari itu jika tulang kering terasa nyeri atau ngilu perlu dilakukan penanganan sejak dini agar nyeri yang ditimbulkan tidak semakin bertambah.

Pengobatan Nyeri Tulang

Cara mengatasi nyeri di tulang kering biasa disebut dengan penanganan RICE. Cara mengatasi nyeri di tulang kering ini merupakan penanganan yang dilakukan dengan empat langkah mudah. Untuk lebih jelasnya, simak cara mengatasi nyeri di tulang belakang berikut ini :

  • Rest (Istirahat)

Tulang kering yang terasa nyeri utamanya saat berlari atau sesudah berlari harus segera mendapatkan pertolongan pertama dengan cara tepat. Meskipun dalam beberapa literatur dikatakan bahwa lari merupakan cara menguatkan tulang kering, akan tetapi jika pelaksanaannya kurang tepat akan menyebabkan tulang kering merasa nyeri. Cara mengatasi nyeri di tulang kering pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengistirahatkan kaki dari kegiatan berlari.

Cara mengatasi nyeri di tulang kering pada step pertama ini biasanya akan di vakumkan oleh dokter sekurang nya dua minggu. Sehingga selama ini pula tulang kering tidak diperbolehkan untuk mendapatkan aktivitas yang terlalu berat. Agar tubuh tetap sehat dan bugar, olahraga lari bisa diganti dengan melakukan olahraga, serta tidak lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

  • Ice (Penggunaan es untuk mengkompres)

Selama kaki diistirahatkan dari segala bentuk kegiatan yang memberikan tekanan dan dapat memicu rasa nyeri semakin buruk, bisa dilakukan dengan mengkompres pada bagian tulang kering serta tetap mengkonsumsi vitamin penguat tulang dan sendi.

Cara mengatasi nyeri di tulang kering ini memang sangat sederhana. Karena hanya memerlukan es sebagai mediator untuk meredakan nyeri yang dirasakan. Letakkan es yang sudah disiapkan tadi di daerah tulang kering yang sakit sambil melakukan pijatan ringan kurang lebih 20 menit. Metode ini bisa dilakukan tiga kali dalam satu hari dalam kurun waktu kurang lebih 2 hingga 3 hari atau hingga nyeri tulang kering hilang.

  • Compress

Otot kaki yang sudah terbiasa melakukan olahraga akan kembali kendor jika tidak melakukan olahraga secara rutin. Sehingga kekuatan otot kaki harus dibangun kembali agar bisa seperti semula. Cara mengatasi nyeri di tulang kaki yang juga sekaligus membangkitkan kekuatan otot kaki dengan melakukan latihan peregangan atau pijatan yang juga bisa dijadikan sebagai cara menguatkan tulang kaki.

Sponsors Link

Jika nyeri yang dirasakan telah hilang, penderita nyeri tulang kering diperbolehkan untuk melakukan olahraga seperti biasanya. Akan tetapi olahraga ringan adalah solusi terbaik dalam hal ini. Olahraga ringan yang bisa dilakukan dengan cara melakukan jalan dengan langkah kecil. Jika dirasa nyeri masih muncul meskipun itu sangat sedikit, penderita harus segera beristirahat. Jika sudah tidak dirasa nyeri, pasien nyeri tulang kaki bisa melakukan rutinitas seperti semula dengan anjuran dokter.

  • Elevation

Cara mengatasi nyeri di tulang kering seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yakni dengan mengkonsumsi makanan serta vitamin tinggi kalsium juga merupakan salah satu cara penyembuhan patah tulang kering. Untuk bisa segera menghilangkan nyeri di tulang kering, bisa dilakukan dengan menggerakkan kaki secara perlahan agar kaki tidak benar-benar istirahat total. Menggerakkan kaki yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi nyeri di tulang kering dengan mengangkat kaki yang sakit secara perlahan dengan memberikan bantal sebagai ganjal. Melakukan hal ini secara rutin juga bisa meminimalisir tingkat rasa nyeri yang dirasakan tulang kering.

Sponsors Link

Selain langkah-langkah RICE yang bisa dilakukan, untuk menghindari cidera tulang kering juga bisa dilakukan dengan :

  • Tidak mengkonsumsi makanan penyebab tulang keropos
  • Minum obat pereda nyeri
  • Melakukan pemanasan yang baik sebelum melakukan olahraga
  • Menggunakan sepatu yang cocok dengan bentuk kaki, bagi seseorang yang memiliki telapak kaki datar bisa melakukan konsultasi pada dokter podiatrist
  • Menurunkan berat badan yang berlebih
  • Melakukan olahraga lari di permukaan yang rata dan tidak keras
  • Peningkatan latihan serta kekuatan dilakukan secara bertahap
  • Tidak berlari secara intens
  • Melakukan olahraga dengan selingan yang melibatkan aktivitas fisik berat seperti lari dengan aktivitas fisik yang ringan seperti berenang

Waktu yang diperlukan untuk pemulihan tergantung pada penderita bagaimana mengistirahatkan tulang keringnya. Akan tetapi proses penyembuhan yang dilakukan pada tahap awal munculnya gejala nyeri tulang kering tidak sama dengan berapa lama waktu pemulihan patah tulang kering yang bisa memakan waktu hampir 6 bulan atau bahkan juga lebih dari itu. Itu tadi cara mengatasi nyeri di tulang kering yang bisa dilakukan dengan cara mudah. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk semua orang.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 02nd, May 2018 / 04:43 Oleh :
Kategori : Pengobatan