Sponsors Link

11 Macam Makanan Untuk Patah Tulang Paha Yang Rasanya Enak

Sponsors Link

Patah tulang tidak akan melihat siapa dan dimana seseorang akan mengalaminya. Tanpa diduga dan tanpa perencanaan seseorang, yang awalnya sehat-sehat saja harus masuk ruang operasi untuk melakukan operasi patah tulang. Tulang bahu contohnya, atau yang juga dikenal dengan tulang selangka, merupakan tulang yang sangat rawan untuk mengalami cidera atau patah. Tulang yang letaknya berada diatas dada ini sifatnya rapuh terhadap benturan, terjadinya patah tulang selangka tidak hanya disebabkan oleh kecelakaan, melainkan kegiatan sehari-hari seperti berolahraga pun bisa menjadikan tulang bahu patah jika tidak berhati-hati. Jika anda pernah mengalami benturan yang lumayan keras hingga menyebabkan anda terjatuh dengan posisi bahu yang menyentuh tanah terlebih dahulu, dan merasa nyeri pada tulang selangka segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat.

ads

Untuk mempercepat pemulihan patah tulang bahu, maka harus mengkonsumsi makanan untuk patah tulang bahu. Jenis makanan yang harus anda konsumsi adalah makanan untuk kepadatan tulang yang akan membantu dalam mempercepat penyambungan tulang retak ataupun proses penyembuhan patah tulang. Makanan yang direkomendasikan didalam artikel ini, selain rasanya yang lezat juga dapat mengembalikan kesehatan tulang secara cepat. Makanan untuk patah tulang paha yang dikonsumsi harus mengandung dua unsur penting dalam membentuk tulang, yakni mengandung kalsium dan vitamin D.

1. Yogurt

Yogurt merupakan hasil fermentasi bakteri. Yogurt merupakan salah satu makanan patah tulang bahu yang memiliki kandungan gizi cukup baik dalam membantu proses penyembuhan tulang. Kandungan gizi yang dimiliki yogurt kurang lebih diantaranya 120mg kalsium. Hal itu dibutuhkan dalam penyembuhan patah tulang bahu. Bagi anda yang tidak suka yogurt dengan rasa original, saat ini yogurt telah banyak dipasarkan di minimarket maupun supermarket terdekat dengan berbagai varian rasa. Dan pastinya rasa yang ditawarkan juga sangat enak.

2. Susu

Makanan untuk patah tulang paha selanjutnya yakni susu yang merupakan bentuk awal dari sebuah yogurt. Jika anda tidak suka yogurt dikarenakan tekstur dan hal lainnya, anda bisa beralih untuk mengkonsumsi susu. Setiap 100gr susu sapi mengandung kurang lebih kalsium sebesar 125mg. Kandungan asam amino didalam susu sapi sangat penting untuk digunakan dalam pertumbuhan tulang. Susu sapi yang berada di pasaran juga tidak kalah enaknya dengan yogurt yang juga memiliki banyak varian rasa, mulai coklat, strawberry, dan sebagainya. Akan tetapi akan lebih bagus jika mengkonsumsi susu sapi asli. Selain itu, melakukan olahraga untuk penderita patah tulang bahu juga sangat dianjurkan dengan ketentuan dokter ortopedi.

3. Susu kedelai

Jika yogurt merupakan hasil fermentasi bakteri, berbeda halnya dengan susu kedelai yang merupakan hasil ekstraksi dari kedelai. Dalam setiap 100gr biji kedelai, memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan tulang yakni kurang lebih 196mg kalsium. Dimana susu kedelai merupakan salah satu makanan untuk patah tulang paha yang juga telah banyak dijual. Rasa yang ditawarkan dari susu ini masih satu varian yakni original. Selain itu, penderita patah tulang bahu juga dapat melakukan terapi patah tulang selangka.

4. Keju

Keju merupakan salah satu makanan untuk patah tulang paha yang sudah tidak asing lagi di masyarakat. Kandungan yang dimiliki keju dalam setiap 100gr nya kurang lebih mengandung kalsium 777mg yang dibutuhkan tulang. Bagi anda yang tidak suka keju dengan dikonsumsi langsung untuk dimakan, anda juga bisa mengolahnya menjadi beberapa bentuk makanan dan kue yang lezat.

5. Pokcoy

Pokcoy atau Bok Choy merupakan jenis sayuran yang berasal dari Cina. Atau dalam bahasa Indonesianya, biasa dikenal dengan sawi daging. Didalam pokcoy juga terdapat kandungan gizi yang diperlukan oleh tulang yakni kalsium. Untuk bisa mengkonsumsi makanan ini, anda bisa mengolahnya dengan cara ditumis atau sesuai selera.

6. Brokoli

Sponsors Link

entuk sayuran yang menyerupai rambut kribo ini juga memiliki manfaat dalam penyembuhan patah tulang bahu. Makanan untuk patah tulang paha ini memiliki kandungan 74,72mg kalsium yang juga setara dengan 120ml susu (satu gelas) setiap mengkonsumsi satu mangkuknya.

7. Kacang Almond

Merupakan makanan untuk patah tulang paha selanjutnya. Kacang almond memiliki beberapa nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, akan tetapi yang terpenting, kacang almond memiliki kandungan gizi kalsium yang sangat baik untuk penyembuhan tulang yang patah. Selain bisa dikonsumsi langsung, kacang almond juga biasanya digunakan dalam campuran salad.

8. Jeruk

Bekas patah tulang sering ngilu disebabkan karena terjadinya peradangan. Peradangan tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah jeruk. Jeruk merupakan salah satu makanan yang memiliki asupan vitamin C. Vitamin C dalam jeruk dapat membantu meredakan ataupun salah satu cara mengurangi nyeri patah tulang. Selain itu, kandungan vitamin untuk tulang patah yang dimiliki jeruk memiliki fungsi untuk menaikkan pertumbuhan massa tulang dan memberikan dorongan sistem kekebalan tubuh untuk lebih kuat. Makanan patah tulang bahu yang satu ini merupakan makanan yang populer dan banyak digemari.

9. Biji Labu dan Bayam

Sponsors Link

Sayuran ini merupakan makanan untuk patah tulang bahu yang dapat dikonsumsi selanjutnya. Didalam sayuran tersebut mengandung nutrisi berupa seng (zinc) yang berfungsi dalam memberikan rangsangan kepada osteoblast serta memineralisasi tulang. Sehingga zinc juga merupakan komponen yang penting dalam menyembuhkan dan memperbaiki tulang yang patah ataupun retak. Untuk mengkonsumsinya, bisa anda masak menjadi kuah bening atau memasaknya menjadi kripik bayam.

10. Salmon

Selanjutnya yakni ikan, bukan lagi sayuran. Jika anda kurang suka atau sudah bosan dengan sayuran, anda bisa mengganti makanan untuk patah tulang dengan mengkonsumsi ikan. Salah satunya ikan salmon. Bukan tentang kalsium, melainkan ikan salmon mengandung vitamin D yang juga baik dalam peningkatan kesehatan tulang. Utamanya bagi anda yang pasca mengalami patah tulang.

11. Kuning Telur

Makanan untuk patah tulang paha selanjutnya adalah kuning telur. Telur sangat banyak ditemui dalam kegiatan sehari-hari. Sehingga sangat mudah dalam mendapatkannya. Kuning telur sangat memiliki manfaat dalam penyembuhan patah tulang bahu. Dengan nutrisi zinc yang ada didalamnya, berfungsi membantu memperbaiki tulang yang retak ataupun patah.

Itulah beberapa macam makanan untuk patah tulang paha yang dapat anda konsumsi untuk mempercepat proses pemulihan. Selain itu, hal yang juga harus anda lakukan yakni selalu melakukan kontrol kepada dokter ortopedi anda. Serta anda dapat menghindari patah tulang dengan cara mencegah patah tulang dan jangan lupa untuk selalu berdoa, meminta kepada Tuhan agar segera diberikan kesembuhan pada bahu anda.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 09th, April 2018 / 03:32 Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman