Sponsors Link

Tulang Kering Terbentur – Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Tulang kering terletak di bawah lutut dan berbentuk seperti pipa yang berisi sumsum merah yang penuh dengan darah merah. Meskipun ada dua tulang di kaki bagian bawah, tulang kering merupakan  tulang yang kuat dan lebih besar. Yang lebih kecil disebut tulang betis atau fibula.

ads

Gejala

Adapun gejala yang timbul akibat tulang kering yang terbentur adalah tulang terasa sakit dan ngilu, rasa nyeri dan panas pada kaki, memar, lebam, sakit saat menggerakkan kaki, dan terkadang timbul benjolan. Saat terkena benturan, tulang kering akan menjadi memar dan berwarna kemerahan, hal ini disebabkan tulang kering tidak dilapisi oleh jaringan lemak atau jaringan lainnya yang cukup tebal untuk melindungi tulang kering dari benturan atau hantaman. Ketika terjadi benturan, tulang terasa ngilu dan pegal juga akan terasa sangat sakit dan nyeri karena langsung bersentuhan dengan lapisan periosteum tulang (lapisan terluar) yang terdapat banyak saraf.

Penyebab

Ada banyak penyebab tulang kering yang terbentur, seperti jatuh saat olahraga, kecelakaan, terbentur benda keras, dan terkena hantaman keras. Ketika tulang kering terbentur, ada banyak kemungkinan yang terjadi pada tulang kering Anda, diantaranya adalah:

  1. Patah tulang atau retak : ada kemungkinan tulang kering Anda mengalami patah tulang atau retak, tapi jika Anda masih bisa berjalan, maka itu artinya Anda hanya mengalami cedera ringan pada tulang kering.
  2. Trauma pada otot : tidak ada cedera serius pada tulang kering Anda, hanya trauma yang menyebabkan pembengkakan danrasa nyeri pada kaki Anda yang akan segera hilang dalam hitungan hari.
  3. Ruptur ligament : jika lokasi cedera terletak di dekat sendi lutut.

Pengobatan

Pengobatan yang dilakukan pada tulang kering yang terbentur dilakukan sesuai dengan kondisi luka atau memar yang terlihat. Jika tidak ada cedera yang serius pada tulang kering, maka Anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Rest : Jangan banyak berjalan atau melakukan aktivitas yang berat. Berikan waktu istirahat pada kaki Anda selama masa pemulihan.
  • Ice : Kompres tulang kering yang terkena benturan dengan kompres es batu selama 20 menit setiap harinya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri dan mengurangi lebam.
  • Compression : Bungkus tulang kering Anda dengan perban elastis agar kaki tidak semakin membengkak.
  • Elevation : Tempatkan kaki Anda dalam posisi yang lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi bengkak pada kaki Anda. Berikan sanggahan bantal atau kain pada kaki agar posisi kaki lebih tinggi dan nyaman.

Dalam kasus yang ringan, memar akan hilang dengan sendirinya secara berangsur-angsur, warna memar pada tulang kering akan berubah dari merah, biru keunguan, hingga menjadi kuning yang berarti tulang kering sudah mulai membaik. Biasanya memar akan hilang dalam 1-2 minggu. Namun jika memar dan lebam tidak kunjung hilang, sebaiknya Anda segera konsultasi ke dokter. Begitu pula jika benjolan pada kaki tidak kunjung hilang, karena dikhawatirkan benjolan tersebut merupakan tanda dari kanker tulang atau tumor tulang. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan fisik seperti menanyakan riwayat cedera, aktivitas sehari-hari pasien, pemilihan sepatu atau alas kaki, menentukan lokasi nyeri yang tepat, memeriksa bentuk kaki, memeriksa adanya perubahan bentuk ataupun adanya rasa nyeri jika berubah posisi.

Sponsors Link

Setelah dilakukan pemeriksaan fisik, selanjutnya dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen untuk lebih mengetahui kondisi tulang atau sendi, Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk mengetahui keadaan struktur jaringan lunak pada kaki. Khusus untuk dugaan kanker tulang akibat adanya benjolan, dokter akan menganalisa dengan pemeriksaan fisik melalui evaluasi benjolan. Evaluasi benjolan dilakukan dengan menilai karakteristik benjolan itu sendiri. Evaluasi benjolan meliputi pemeriksaan fisik benjolan seperti cairan dalam benjolan, jumlah benjolan, rasa sakit tidaknya benjolan, dan lain-lain. Lalu akan dilakukan rontgen, CT-scan, biopsi atau yang lain yang dapat menunjang diagnosis. Setelah mengetahui penyebab pasti dari sakitnya tulang kering maka dokter akan menentukan pengobatan apa yang tepat, apakah hanya rawat jalan atau harus melakukan pembedahan. Pembedahan hanya dilakukan pada cedera yang serius seperti patah tulang yang parah atau kanker.

Selama masa penyembuhan dari tulang kering yang terbentur, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal yang akan ikut membantu mempercepat proses penyembuhan, seperti:

  1. Konsumsi makanan yang mengandung kalsium
  2. Perbanyak istirahat
  3. Konsumsi vitamin penguat tulang dan sendi
  4. Jangan merokok atau minum alkohol
  5. Kurangi aktivitas berat
  6. Hindari olahraga terlebih dahulu
  7. Konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen

Cara-cara di atas juga merupakan salah satu cara menguatkan tulang kaki agar dapat segera beraktivitas seperti biasa. Ada baiknya juga jika Anda menggunakan pelindung tulang kering saat berolahraga untuk mencegah terjadinya benturan pada tulang kering, sangat tidak baik bagi tulang jika mengalami benturan berkali-kali. Demikianlah artikel mengenai tulang kering terbentur yang singkat ini. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih memahami tentang tulang kering yang terbentur serta penanganannya.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 01st, February 2018 / 02:56 Oleh :