Sponsors Link

Wajib Diperhatikan! 15 Cara Memijat Tulang Punggung yang Benar

Sponsors Link

Tulang punggung atau vertebrata adalah  tulang tak beraturan sebagai struktur pembentuk tubuh. Tulang punggung tersusun dari serangkaian tulang-tulang kecil (vertebra) yang ditumpuk mulai dari pangkal tengkorak hingga panggul. Tulang punggung memberikan struktur dan menyokong tubuh serta melindungi saraf tulang belakang. Berikut cara memijat tulang punggung yang baik dan benar:

ads

1. Siapkan Ruang dan Peralatan yang Representatif

Sebelum cara memijat tulang punggung dimulai, anda harus mulai terlebih dahulu dengan mempersiapakan ruang yang representatif dan peralatan yang sesuai untuk memijat, seperti khasiat minyak wijen untuk tulang, atau lilin aromaterapi, dan lain sebagainya supaya suasana dapat membangun ketenangan pasien yang akan dipijat.

2. Berbaring secara tengkurap

Cara memijat tulang punggung selanjutnya ialah Anda bisa memberikan bantal pada  pasien yang akan anda pijat untuk mendapatkan posisi yang lebih nyaman. letakan bantal dibawah pergelangan kaki orang yang anda pijat. Bantalan ini berfungsi untuk menyangga punggung bawah.

3. Beri tanda jika anda hendak memulai pijatan

Sebelum melakukan sentuhan, beritahu pasien bahwa anda akan memulai pijatan. Mintalah pada orang yang anda pijat untuk memberitahukan jika pijitan anda menyakitkan atau membuat tidak nyaman. Setiap beberapa waktu tertentu, ingatkan pada orang yang anda pijat untuk menghirup napas panajng dan pelan untuk membantu proses relaksasi.

4. Oleskan minyak pijat

Supaya pijatan menjadi lebih nyaman, cara memijat tulang punggung berikutnya ialah beirkan minyak pada seluruh permukaan punggung untuk membantu gerakan saat pemijatan. Oleskan dengan gerakan memijat secara merata.

5. Mulailah pijatan dari bagian bawah

Cara memijat tulang punggung yang aman adalah mulai pijatan dari bagian bawah  punggung ke atas menggunakan seluruh bagian telapak tangan. Pijat punggung ke atas sesuai dengan aliran darah kemudian dorong tangan ke atah tepi punggung. Ulangi teknik ini selam 3-5 menit dengan memberikan tambahan tekanan untuk memanaskan otot pungggung. Untuk menambah kenyamanannya, anda bisa tambahkan khasiat minyak kelapa untuk tulang.

Teknik Petrissage

Teknik ini menggunakan gerakan tangan lebih pendek dan  memutar dengan tekanan kuat. Teknik ini banyak menggunakan gerakan memutar dan menekan untuk memperbaiki sirkulasi secara keseluruhan. Teknik prestissage bermanfaat untuk memperlancar aliran darah di pembuluh darah. Teknik petrissage juga bermanfaat untuk memecah dan mengeluarkan endapan lemak disekitar panggul, bahu dan pantat.Berikut cara memijat tulang punggung dengan teknik petrissage:

1. Kneading

Cara memijat tulang punggung dengan teknik kneading merupakan bentuk gerakan dari teknik petrisage aitu gerakan memijit atau meremas dengan menggunakan telapak tangan maupun jari-jari tangan. Pada saat ini, anda pun bisa menambahkan khasiat lidah buaya untuk tulang supaya gerakan menjadi lebih lancar.

2. Ironing

Teknik memijat tulang punggung dengan ironing yaitu meremas menggunakan dua telapak tangan yang disatukan untuk memberikan tekanan lebih kuat pada otot-otot tertentu.


3. Picking Up

Cara memijat tulang punggung dengan picking up ialah dengan melakukan gerakan mencubit dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk sehingga membuat otot terangkat dari tulang. Lakukan dengan dua tangan atau datu tangan. Teknik ini bekerja pada area tubuh yang berlemak, jaringan otot yang tebal seperti pada otot pantat dan otot panggul.

4. Skin Rolling

Cara memijat tulang punggung dengan skin rolling ialah dengan gerakan mengurut dengan penekanan yang kuat. Gerakan ini hanya dapat dilakukan pada otot yang berhubungan dengan tulang keras dan pada area berlemak.

5. Wringing

gerakan meremas dan mengangkat bagian jaringan otot dari samping ke sepanjang otot. Mulai pijatan dari pinggul  ke bagian tengah tubuh. Gunakan telapak tangan, ujung jari dengan gerakan pendek memutar. Pijat seluruh permukaan punggung selama 2-5 menit. Berikan tekanan ringan hingga sedang saat melakukan pemijatan. Supaya hasil pijatan berjalan lebih lancar, anda bisa tambahkan khasiat obat tulang bonviva.

Teknik Tapotement


Cara memijat tulang punggung berikutnya bisa dengan memanfaatkan khasiat obat tulang viostin ds dan teknik Tapotement merupakan gerakan pukulan ringan atau percussive yang dilakukan secara berirama yang diaplikasikan pada bagian berdaging. Tapotement termasuk jenis pijat ringan, cepat dengan gerakan kejut 9striking action).

Teknik gerakan ini meliputi hacking (mencincang), beating (dengan kepalan), clapping (dengan telapak jari), cupping (dengan telapak tangan dicekungkan), typing (gerakan seperti mengetik), chucking (tarikan napas). Tapotement tidak boleh diaplikasikan pada area yang bertulang menonjol atau pada otot tegang dan area yang terasa nyeri. Berikut cara memijat tulang punggung dengan teknik tapotemen:

  • Gunakan gerakan gerakan percussive  yaitu rangkaian pijatan singkat berulang-ulang dengan tangan.  Anda bisa menambahkan khasiat obat tulang kalk dalam rangkaian pijatan.
  • Rilekskan pergelangan tangan anda dan tekuk, gunakan gerakan gerakan cepat seperti memukul ringan. Gunakan bagian tepi tangan. Kedua tangan diposisikan diatas bahu dengan telapak tangan saling berhadapan dan posisi ibu jari berada di atas.
  • Berikan pukulan ringan menggunakan sisi telapak tangan bergantian secara berirama ke punggung dengan gerakan yang cepat.
  • Jika anda melakukan cupping, pastikan telapak tangan anda benar-benar membentuk mangkuk, agar mampu menimbulkan suara dan tidak menimbulkan rasa sakit
  • Lakukan cara ini selama 2-3  menit diseluruh bagian punggung. Gerakan ini memiliki efek stimulasi dan kompresi pada jaringan punggung. Teknik ini juga dapat mengobati bahaya syaraf kejepit di pinggang.

Demikian penjelasna tentang cara memijat tulang punggung yang baik, supaya dapat anda perhatikan tahapannya.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 10th, January 2019 / 05:13 Oleh :
Kategori : Pengobatan