Sponsors Link

12 Cara Memijat Tulang Rusuk Terbukti Paling Mujarab

Sponsors Link

Tulang rusuk atau iga adalah tulang penyusun rangka manusia yang berbentuk melengkung dan membentuk bagian besar dari kerangka dada. Struktur tulang rusuk berpasangan baik kiri maupun kanan berjumlah 12 ruas tulang rusuk.  Tujuh pasang pertama tulang rusuk menempel pada dada, tulang yang kuat terletak ditengah dada, tulang rusuk dibedakan menjadi tiga bagian yang memiliki fungsi penting didalam tubuh. Tulang rusuk terasa nyeri bisa menjadi pertanda bahwa anda sedang menderita suatu penyakit, seperti di bawah ini:

ads
  • Nyeri karena masalah otot dan tulang. Nyeri ini biasanya muncul bila bagian tersebut mendapat tekanan atau saat merubah posisi badan.
  • Nyeri karena masalah paru-paru. Biasanya berkaiatan dengan tarikan napas disertai dengan keluhan batuk atau sesak
  • Nyeri karena masalah pencernaan. Biasanya disebabkan oleh gejala mag.

Teknik Pijat Dasar

Ada macam-macam penyakit tulang dan untuk mengobatinya juga ada berbagai cara. Berikut merupakan cara memijat tulang rusuk dengan teknik pijat dasar.

  • Pijat searah dengan jarum jam

Pijat permukaan dada  memutar searah dengan jarum jam kurang lebih 5-10 kali. Pijatan bisa dilakukan dengan posisi tiduran, berdiri atau duduk. Sangat dianjurkan untuk melakukan pijatan dengan posisi telentang karena pijatan akan lebih terasa rileks.

Ketuk ringan dengan dua jari area dada selama 5 sampai 10 kali pemijatan. Urut dada bagian dalam  keluar mengarah ke pundak. Hal ini dapat membantu melancarkan getah bening. Jangan lupa untuk menggunakan minyak tertentu, seperti memanfaatkan khasiat minyak wijen untuk tulang supaya proses pemijatan menjadi lebih lancar.

  • Pahami Titik pemijatan  lima jari diatas pergelangan tangan sisi dalam

Cara memijat tulang rusuk juga harus memperhatikan titik pemijatan yang tepat. Gunakan telapak tangan dan empat jari (tanpa ibu jari) untuk memijat daerah tulang rusuk yang terasa nyari  secara perlahan. Usahakan untuk jari-jari tangan bisa memijat sela-sela tulang. Angkat kedua tangan keatas dan tarik napas dalam-dalam. Kemudian pijatlah titik-titik disepanjang tulang rusuk. Pijat 5 jari diatas pergelangan tangan dalam dengan kuat. Berikan udara hangat pada area yang sakit agar peredaran darah kembali lancar. Supaya tubuh anda semakin membaik, pastikan anda selalu makan makanan yang mengandung kalsium.

Teknik Kompresi

Selain dengan teknik di atas, anda pun bica memilih cara memijat tulang rusuk dengan teknik kompresi. Ini juga bisa digunakan sebagai proses penyembuhan tulang patah sebagai berikut:

  • Posisikan tubuh telentang di atas dasar yang keras dan rata, jangan lakukan kompresi diatas kasur karena dada akan mengikuti gerakan menekan kebawah karena permukaan kasur yang fleksibel.
  • Lepaskan pakaian diaera dada korban.
  • Tentukan pertemuan lengkung rusuk kiri dan kanan. Raba lengkung rusuk paling bawah geser sampai bertemu dengan rusuk sisi berlawanan.
  • Temukan titik pijatan dari pertemuan kedua titik tersebut diukur dua jari ke atas pada garis tengah tulang dada.
  • Tekan titik pijatan dengan tumit tangan atau pergelangan tangan. Dengan satu tangan menopang bagian yang ditekan.
  • Usahakan bahu pemijat tetap tegak lurus dengan tangan yang menekan. Supaya pijatan menjadi lebih lembut dan mencapai hasil maksimal, anda bisa tambahkan khasiat lidah buaya untuk tulang.
  • Jaga posisi tangan agar tetap lurus, berikan tekanan sesuai kekuatan dan kedalaman titik pemijatan. Pada saat melepaskan tekanan jangan sampai tertahan.

Teknik obati insomnia

Tak hanya untuk mengatasi gangguan dada, pemijatan pada tulang rusuk atau dada terbukti mampu mengobati insomnia pada seseorang. Insomnia adalah gangguan saraf yang menyebabkan seseorang sulit atau tidak bisa tidur.

Berikut cara memijat tulang rusuk dengan campuran teknik obati insomnia.

  • Lakukan pemijatan dengan empat jari tanpa jari kelingking. Lakukan pemijatan hingga terasa sakit.
  • Lakukan pemijatan dengan posisi tidur agar lebih rileks.
  • Pijat tulang rusuk dari arah luar kearah dalam dada sambil bernapas pelan secara teratur. Tambahkan khasiat minyak kelapa untuk tulang jika anda ingin hasilnya menjadi lebih baik.

Reaksi yang Akan Diterima Pasien

Reaksi yang akan diterima berbeda-beda, tergantung kondisi pasien sejak awal. Jika memiliki  penyakit bawaan, maka reaksinya juga akan tergantung dari kondisi penyakit bawaan tersebut. berikut beberapa reaksi yang kemungkinan akan terjadi:


  • Reaksi pada penderita jantung

Pada seseorang yang menderita penyakit jantung, 2-4 hari setelah pemijatan badan akan menjadi lemah dan sedikit demam, namun tidak berlangsung lama dan akan segera segar kembali. Dada, lengan dan bagian dalam lutut terlihat memar atau mulai membiru sebagai tanda adanya saraf yang kering dalam waktu 2-3 minggu akan kembali normal.

  • Reaksi pada penderita diabetes

Reaksi setelah dipijat pada penderita diabetes adalah akan banyak mengeluarkan keringat dan buang air kecil. Hal tersebut sebagai tanda bahwa tubuh deang mengeluarkan racun atau detoksifikasi. Setelah itu badan akan terasa segar kembali, kadar gula darah akan turun dan sistem tubuh perlahan kembali normal.

  • Reaksi pada penderita sinusitis

Umumnya akan merasa migrain atau sakit kepala adalah panas dingin atau meriang. Setelah dipijat badan akan terasa meriang dan sedikit mengantuk. Badan akan kembali terasa segar setelah pasien bisa tertidur. Kondisi ini terjasdi karena saraf  merasa lelah saat pemijatan. Semoga saja tidak menjalar menjadi gejala flu tulang.

Demikian cara memijat tulang rusuk dan beberapa reaksi yang akan terjadi pada masing-masing pasien yang sesuai dengan kondisinya sejak awal.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 21st, January 2019 / 03:19 Oleh :
Kategori : Pengobatan