Sponsors Link

6 Khasiat Obat Tulang Kalk Untuk Pengobatan Tulang dan Sendi

Sponsors Link

Kalk atau kalsium laktat merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi kondisi kurangnya kadar kalsium di dalam darah atau disebut juga dengan hipokalsemia. Di mana kalsium merupakan salah satu zat penting di dalam tubuh untuk mendukung proses pertumbuhan manusia, menjaga fungsi sistem persyarafan dan otot, dan lain sebagainya. Fungsi kalsium dalam tubuh terutama adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya berbagai macam penyakit ortopedi. Sehingga kadar kalsium di dalam tubuh harus terjaga, karena jika sampai mengalami kekurangan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Nah, kalsium laktat atau kalk ini berfungsi untuk mengatasi dan mencegah berbagai masalah yang muncul akibat kekurangan kalsium tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai khasiat obat tulang kalk di bawah ini.

ads

Khasiat obat kalk untuk tulang dan sendi

Kalsium laktat merupakan suplemen vitamin berbentuk untuk memberikan asupan kalsium harian sehingga dapat mengatasi kurangnya kalsium dalam tubuh, juga bisa menjadi salah satu vitamin untuk tulang keropos atau masalah tulang persendian lainnya. Di samping itu, terdapat beberapa kondisi yang bisa ditangani dengan menggunakan khasiat obat tulang kalk seperti berikut ini:

  • Mencegah dan mengobati tulang yang mengalami pengeroposan atau pengapuran, yang mana dapat menyebabkan tulang mengalami osteoporosis dan menjadi rentan patah atau cedera.
  • Menjadi salah satu cara pencegahan osteomalasia, yaitu kondisi di mana tulang mengalami kelainan yang mengakibatkan tulang menjadi lunak. Hal ini biasanya akan menyebabkan tulang menjadi rentan rapuh dan gampang mengalami cedera atau patah.
  • Membantu mengatasi hypoparathyroidism juga menjadi salah satu khasiat obat tulang kalk, di mana terjadinya kerusakan kelenjar paratiroid sehingga menyebabkan tidak seimbangnya kadar dua mineral dalam tubuh yaitu kalsium dan fosfat.
  • Mencegah terjadinya defisiensi kalsium pada tulang yang bisa mengakibatkan penurunan kepadatan tulang, dengan memberikan asupan pada tulang sebagai salah satu cara untuk menambah kepadatan tulang.
  • Membantu mengatasi kondisi pseudoparathyroidism yaitu di mana kadar kalsium yang ada di dalam darah dan di dalam tulang mengalami penurunan, sedangkan hormon paratiroid mengalami peningkatan yang bisa ikut menyebabkan hipokalsemia.
  • Mencegah terjadinya berbagai gangguan pada otot misalnya mengatasi jika mengalami ciri ciri atrofi otot, hipertrofi otot, kejang otot dan lain sebagainya. Sehingga otot bisa berfungsi dengan baik untuk menyokong sendi dan tulang.

Efek samping obat kalk yang bisa muncul

Kalk yang merupakan suplemen obat kunyah ini bisa diberikan pada anak-anak hingga dewasa denga dosis yang berbeda, tergantung dengan kondisi atau macam macam penyakit tulang yang dialami. Di samping terdapat cukup banyak khasiat obat tulang kalk untuk sendi dan tulang, juga terdapat efek samping yang bisa terjadi seperti berikut ini:

  • Reaksi alergi tertentu seperti gatal, ruam merah atau lainnya.
  • Gangguan pencernaan, mual dan muntah.
  • Merasa haus, mulut kering, nafsu makan menurun.
  • Sembelit, sering buang air kecil.

Untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya juga dihindari pantangan radang sendi tulang. Demikian pembahasan mengenai apa saja khasiat obat tulang kalk beserta efek sampingnya, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 05th, January 2019 / 02:29 Oleh :
Kategori : Obat-Obatan