Sponsors Link

5 Bahaya Syaraf Kejepit di Pinggang yang Harus Dicegah

Sponsors Link

Syaraf merupakan serat-serat yang menghubungkan antara organ-organ tubuh dengan sistem saraf pusat yakni otak dan sumsum tulang belakang. Kemudian antar bagian sistem saraf dengan lainnya juga akan di hubungkan. Saraf fungsinya membawa impuls dari dan ke otak atau pusat saraf itu sendiri. Neuron kadang-kadang disebut juga sebagai sel-sel saraf, meski istilah ini sebenarnya kurang tepat sekali karena banyak neuron yang tidak membentuk saraf.

ads

Sedangkan seseorang pada umumnya sering mengalami nyeri pinggang, mungkin anda pun pernah mengalaminya. Perlu di ketahui bahwa tidak semua nyeri pinggang adalah hal biasa, karena bisa jadi anda sedang mengalami saraf yang kejepit di pinggang dan menimbulkan rasa nyeri. Jika memang yang terjadi seperti ini, anda harus tahu akan Bahaya Syaraf Kejepit di Pinggang agar lebih waspada.

Tentang nyeri pinggang sendiri, hal ini pun merupakan keluhan yang paling umum dirasakan orang segala usia, mulai dari remaja hingga lanjut usia dan biasanya kejadian ini akan mengiringi penyakit spasme otot pinggang. Biasanya, nyeri pinggang juga akan muncul usai mengangkat barang berat, terlalu lama duduk, bahkan terlalu lama berdiri, atau bisa jadi mengalami sakit pinggang setelah makan petai.

Akan tetapi pada kenyatannya, tidak semua nyeri pinggang disebabkan oleh pegal-pegal dan bisa hilang dengan sendirinya. Apabila nyeri pinggang yang anda alami berlangsung lama, mungkin ini tandanya anda telah mengalami saraf kejepit seperti yang di sampaikan. Benar jika saraf anda sedang terjepit pinggang apabila menimbulkan tanda-tanda berikut ini:

  • Timbulnya rasa sakit dan juga mati rasa, dan yang paling sering terjadi di satu sisi tubuh.
  • Timbul rasa sakit yang cukup luas mulai ke lengan atau tungkai.
  • Timbul rasa sakit yang cukup memburuk pada malam hari atau dengan gerakan tertentu.
  • Timbul rasa sakit yang cukup memburuk usai berdiri ataupun duduk.
  • Timbul rasa sakit pada saat berjalan meskipun hanya sebentar saja.
  • Terjadinya kelemahan otot secara berlebih.
  • Terjadi kesemutan, sakit, atau bahkan sensasi terbakar di daerah yang terkena.
  • Mulai merasakan sakit yang terjadi berkepanjangan dan tidak bisa sembuh dengan sendirinya.

Sedangkan dalam bahasa medis, saraf yang kejepit di secara umum dikenal sebagai hernia nucleus pulposus (HNP). Saraf yang terjepit ini juga diakibatkan oleh gangguan saraf yang mengakibatkan timbulnya tonjolan lapisan/ bantalan permukaan ruas tulang belakang dari ruang antar ruas tulang itu sendiri. Apapun itu, sangat penting sekali untuk mengetahui Bahaya Syaraf Kejepit di Pinggang.

Bahaya Syaraf Kejepit di Pinggang

1.Menyebabkan Kerusakan syaraf

Secara perlahan, apabila syaraf yang terjepit tidak segera di tangani maka akan terjadi kerusakan pada syaraf. Pasalnya syaraf tersebut telah lama terjepit tanda adanya penanganan, sehingga tidak bisa keluar. Kerusakan syaraf ini akan mengakibatkan hilangnya koordinasi fisik dan juga keseimbangan serta sensivitas pada jenis kontak fisik. Tidak hanya itu, kerusakan ini juga bisa menyebabkan kejadian lain seperti cedera saraf tulang belakang, kerusakan sumsum tulang belakang, dan lain sebagainya.

2.Terjadi Gangguan Fungsi Syaraf

Tentu saja akan sangat berbahaya jika syaraf terjepit di pinggang cukup lama. Syaraf adalah salah satu jaringan paling penting dalam tubuh. Jika terjepit maka secara otomatis fungsinya akan menurun, dan lambat laun bisa saja menyebabkan kematian. Inilah alasan mengapa anda harus mengetahui tentang bahaya Syaraf Kejepit di Pinggang. Bukan hanya kejepit, saraf juga bisa putus dan salah satu kejadian yang perlu diwaspadai adalah saraf tulang belakang putus dimana kejadian ini bisa dibilang cukup fatal dan harus segera mendapat pertolongan pertama.


3.Menyebabkan Sakit Tak Berkesudahan di Pinggang

Bahaya yang lainnya yakni terjadinya sakit yang tak berkesudahan di pinggang atau berlarut-larut. Hal ini tentu akan mengganggu aktifitas anda sehari-hari nantinya. Kejadian ini beda dengan pengapuran tulang pinggang yang dapat sembuh dengan mengkonsumsi obat pengapuran tulang pinggang secara rutin, sebab saraf kejepit cukup susah pengobatannya.

4.Terganggunya Komplesitas Jaringan Saraf

Apabila salah satu jaringan saraf telah terganggu, yakni lantaran terjepit pinggang maka hal tersebut dapat mempengaruhi jaringan saraf yang lainnya di dalam tubuh. Sebagai contohnya, apabila terdapat saraf terjepit di bagian tangan yang mengakibatkan mati rasa, nyeri dan kelemahan, maka jaringan saraf sekitarnya akan terganggu juga. Nah jika yang terjepit di pinggang, maka syaraf di sekitar pinggang secara otomatis ikut terganggu dan menimbulkan gejala-gejala tertentu.

5.Menyebabkan Komplikasi Jaringan Dalam

Syaraf sangat berperan penting sekali, jika pada saat terjepit di biarkan maka bukan tidak mungkin lagi jika suatu saat mampu menyebabkan terjadinya komplikasi jaringan dalam. Mungkin untuk tahap pertama anda tidak akan menyadari, tetapi lambat laun akan merasakan bahaya yang terjadi lainnya dari saraf yang terjepit di pinggang.

Oleh sebab itu sangat penting bagi anda di anjurkan untuk menjaga kesehatan. Dalam hal ini juga gaya hidup harus di atur lebih baik, karena suatu kondisi bisa saja terjadi begitu saja tanpa di sadari. Kemudian anda baru akan menyadarinya ketika telah berkembang cukup lama.

Demikianlah bahaya dari syaraf yang terjepit pinggang. Ketika Anda menemukan kejadian ini segeralah melakukan pengobatan dimana untuk langkah-langkah penyembuhannya sendiri tidak terlalu jauh berbeda dengan cara menyembuhkan syaraf kejepit ditulang ekor maupun pengobatan syaraf kejepit tulang belakang. Semoga informasi ini cukup membantu.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Friday 04th, January 2019 / 16:53 Oleh :