Sponsors Link

6 Penyebab dan Akibat Tulang Belakang Bungkuk

Sponsors Link

Bentuk tulang belakang yang bungkuk tidak hanya akan dialami oleh orang tua lanjut usia saja. Namun mereka yang masih berusia mudah juga mempunyai resiko mendapatkan tulang bungkuk. Bedanya adalah, bungkuk yang di alami oleh mereka yang belum masuk pada usia lanjut masih memungkinkan untuk di perbaiki. Tapi, tentu saja Anda yang masih berusia muda juga jangan menyepelekan akibat tulang belakang bungkuk. Berikut adalah pembahasan mengenai 6 penyebab dan akibat tulang belakang bungkuk serta masalah yang akan diperolehnya:

ads

1. Osteoporosi

Osteoporosis merupakan macam-macam penyakit tulang pada  kelainan pada tulang yang disebabkan karena pengeroposan pada tulang yang biasanya akan sangat rentan untuk dialami mereka yang sudah memasuki usia lanjut. Osteoporosis akan mengakibatkan adanya penipisan pada bagian tulang sehingga akan sangat memungkinkan tubuh untuk mengalami kondisi bungkuk pada tulang belakang. Sehingga tulang belakang yang sudah terjadi penipisan akan sangat mudah sekali melengkung atau bungkuk.

2. Gangguan pencernaan

Kondisi tulang belakang yang mengalami pembungkukan dan menjadi penyebab sakit tulang belakang tengah karena posisi duduk yang sering bungkuk untuk waktu yang lama akan mengakibatkan masalah pada organ pencernaan. Akan ada masalah penyumbatan yang mengurangi efisiensi dan juga fungsi dari pencernaan. Ini disebabkan karena pencernaan akan bekerja dengan sangat lambat sehingga akan menimbulkan masalah sembelit. Anda juga bisa saja mendapatkan masalah pernapasan dan juga tekanan darah yang sangat tinggi.

3. Bungkuk karena kekurangan asupan nutrisi

Tahukah Anda? Bahwa tubuh manusia sangat membutuhkan asupan nutrisi yang slengkap juga seimbang. Gunakany adalah untuk membantu proses pembentukan otot serta ulang secara maksimal. Jika ternyata Anda kekurangan asupan nutrisi seperti kalium maka tidak menutup kemungkinan, Anda bisa mendapatkan masalah pada tulang punggung menjadi bengkok dan tulang punggung sakit. Sehingga sangat dianjurkan untuk Anda selalu memenuhi asupan nutrisi guna kesehatan pada tulang belakang.

4. Tulang belakang bengkok karena faktor genetic

Akibat tulang belakang bungkuk juga bisa disebabkan karena adanya faktor genetik atau keturunan. Hal ini sangat wajar terjadi, karena biasanya sesuatu yang berkaitan dengan faktor genetik akan sangat berpengaruh sekali pada proses perkembangan tubuh. Bisa jadi saat Anda sudah memasuki usia yang seharusnya memiliki bentuk tubuh ideal, namun ternyata Anda tidak bisa mendapatkan perkembangan tubuh dengan baik.

5. Berat badan yang terlalu berlebihan

Obesitas atau berat badan yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab akibat tulang belakang bungkuk dan penyebab tulang ngilu. Selain itu, perempuan yang mempunyai ukuran payudara besar juga sangat rentan untuk mempunyai tulang belakang yang bungkuk karena tubuh terlalu banyak menahan beban pada bagian payudara. Sedangkan bagi pria yang mempunyai penumpukan lemak terlalu banyak pada bagian perut juga sangat beresiko untuk mendapatkan posisi tubuh yang bungkuk.


6. Karena faktor pekerjaan

Seseorang yang mempunyai pekerjaan dengan menuntut mereka harus memfokuskan diri duduk di belakang meja akan cenderung melakukan pekerjaan nya dengan cara memajukan bagian leher dan juga kepala ke arah depan. Jika hal tersebut dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, hal tersebut akan menyebabkan ketidak sempurnaan pada postur tubuh khusus nya pada bagian tulang belakang. Jika memang Anda salah satu orang yang memiliki jenis pekerjaan tersebut, sebaiknya Anda menyempatkan untuk selalu melakukan aktivitas tiap jam untuk memperbaiki posisi tulang punggung Anda.

Itulah pembahasan mengenai 6 penyebab dan akibat tulang belakang bungkuk. Anda sebaiknya benar-benar memperhatikan posisi duduk atau tidur agar tidak mempengaruhi pada kesehatan tulang, khsusunya pada bagian tulang belakang.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Sunday 05th, November 2017 / 06:35 Oleh :
Kategori : Pencegahan