Sponsors Link

Tulang Punggung Sakit Setelah Bangun Tidur? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Keluhan demi keluhan seringkali di utarakan oleh setiap orang. Sakit menjadi momok paling menyedihkan bagi semua orang. Ada beberapa hal yang membuat seseorang mengalami kondisi tidak stabil, mulai dari lelah, riwayat penyakit yang telah ada dan faktor-faktor lainnya. Kondisi sakit lainnya juga di alami beberapa orang ketika terbangun dari tidur. Beberapa dari mereka mengeluhkan Punggung Belakang Sakit Setelah Bangun Tidur, dan tidak sedikit pula yang mengira kalau itu disebabkan oleh penyakit serius.

ads

Dikatakan serius, jika secara terus-terus tidak segera di tangani dengan baik. Namun bila di lihat dari beberapa faktor penyebab, kondisi seperti ini bukanlah suatu keadaan yang memerlukan tenaga medis. Bangun tidur seharusnya tubuh merasakan jasmani yang lebih fresh, karena pada proses tidur semua organ tubuh di berhentikan dari aktivitas harian. Akan tetapi, ternyata cukup banyak yang merasa kesal saat harus merasakan Punggung Belakang Sakit Setelah Bangun Tidur. Banyak sekali faktor pemicu kondisi punggung yang sakit kala bangun tidur, diantaranya adalah gaya hidup yang kurang positif. Namun beda lagi dengan penyebab tulang punggung sakit lainnya yang bisa diketahui pada link tersebut.

Seperti yang di laporkan oleh National Sleep Foundation, Punggung Belakang Sakit Setelah Bangun Tidur di karenakan latihan yang terlalu larut malam, mengkonsumsi makanan ringan berlebih, minuman dan makanan yang mengandung kafein, nikotin, atau minuman beralkohol sebelum tidur. Hindari aktivitas tersebut karena mempunyai efek negatif. Gejala seseorang yang sering merasakan Punggung Belakang Sakit Setelah Bangun Tidur adalah ketegangan otot di daerah punggung, merasa nyeri dan kaku. Akibatnya gerakan semakin terbatas dan sangat mengganggu.

Berikut faktor atau penyebab Punggung Belakang Sakit Setelah Bangun Tidur:

  1. Kasur yang Tidak Nyaman

Tempat tidur menjadi istana bagi tubuh kala lelah untuk merebahkan semua lelah. Keadaan kasur atau busa yang melengkung seharusnya tidak perlu di gunakan lagi. Masih banyak seseorang yang mempergunakan kasur dengan kondisi ini, padahal sangat berpengaruh sekali bagi kesehatan tubuh. Ini menjadi faktor pengganggu karena ketidakselarasan posisi kala tidur.

Selain itu, keadaan kasur yang terlalu keras juga mengakibatkan sakit punggung yang secara bertahap menjadi kronis. Tidak hanya itu saja, ketika Anda menggunakan kasur yang tidak nyaman maka akan timbul sakit tulang belakang atas juga dengan dampak yang sangat berbahaya kalau dibiarkan terus menerus.

  1. Posisi Tidur

Selain kasur, posisi tubuh juga perlu di perhatikan. Panggul atau punggung yang sakit di karenakan posisi tubuh anda yang kurang baik. Terlalu lama miring kanan menyebabkan tangan kanan sakit, dan begitu tangan kiri juga akan sakit jika terlalu lama miring kiri. Kondisi ini menjadi perhatian American Chiropractic Association yang memberikan saran agar risiko tersebut dapat dihindari. Akan tetapi, jika anda kembali dalam posisi tidur, terjadi stress pada bagian tulang belakang lumbar. Akan tetapi kalau Anda baru saja melakukan operasi pada bagian tulang belakang, sebaiknya ikuti posisi tidur pasca operasi tulang belakang berikut.

  1. Kesalahan Bantal

Kesalahan bantal adalah penyebab berikutnya punggung belakang sakit. Kedengarannya sepele, tapi jika anda mengabaikan terus menerus akan menjadi penghalang kesehatan anda. Menurut American Physical Therapy Association, bantal merupakan penentu postur tidur apakah sudah benar atau tidak. Saat posisi bantal tidak tepat maka kepala tidak nyaman dan bisa saja ketekuk. Sebaliknya, jika bantal anda nyaman maka kepala terasa aman dan konsentrasi tidur tidak terganggu. Selain itu, peletakan bantal yang salah ini juga menjadi salah satu pantangan pengapuran tulang leher yang sangat penting sekali untuk dihindari jika tidak menginginkan beberapa hal lebih buruk menimpa diri Anda.

Sponsors Link

  1. Ibuprofen Alami

Ibuprofen alami adalah senyawa dalam tubuh yang bisa menjadi pemicu sakit punggung belakang usai bangun dari tidur. Lansiran dari Telegraph menerangkan, para ahli dari Manchester University menemukan bahwa kondisi punggung sakit sewaktu bangun tidur dapat disebabkan oleh ibuprofen alami. Kita mengenal senyawa ini sebagai kandungan obat penurun demam, pereda nyeri dan pereda sakit lainnya. Prosesnya, senyawa anti inflamasi akan bekerja ketika manusia sedang tidur.

Dengan begini nantinya tubuh secara aktif otomatis akan menekan protein anti-inflamasi selama jam biologis dan akan beralih ke sesi terbangun. Pada masa inilah yang dapat menimbulkan rasa pegal dan sakit di punggung. Meski begitu, Ibuprofen ini merupakan obat jangka pendek yang termasuk ke dalam salah satu cara menyembuhkan tulang retak, atau biasa dikenal dengan obat pertolongan pertama.

ads
  1. Faktor Usia

Faktor usia sangat memengaruhi keadaan seseorang yang semakin melemah. Semakin tua, tubuh menjadi rentan terserang penyakit. Misalnya saja osteoporosis yang rentan menyerang orang-orang pada usia 50 tahunan dan tidak pada anak-anak dini. Hal ini cukup menjadi bukti bahwa usia memengaruhi kesehatan setelah bangun tidur.

Seperti yang Anda tau, kalau kalangan yang sudah memiliki usia lanjut ini rentan sekali terhadap berbagai macam penyakit sehingga faktor usia termasuk ke dalam penyebab pengapuran tulang, penyebab penyakit kifosis, pengapuran sendi lutut, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Spondilosis

Ausnya jaringan pada area tulang leher dapat merambat sampai ke punggung dan menimbulkan rasa nyeri. Rasa nyeri leher kronis umumnya menjadi gejala yang sering terjadi. Tetapi tidak sedikit penderita ada yang tidak merasakan apapun. Kondisi spondilosis membuat penderita merasakan kesemutan dan sulit berjalan.

  1. TBC

TBC adalah jenis penyakit yang tidak bisa di remehkan. Ketika anda mengalami TBC, bukan tak mungkin anda terbebas dari kesehatan setelah bangun tidur. Coba rasakan secara khusyu apakah Anda tengah merasakan beberapa gejala seperti demam, anoreksia, kehilangan berat badan, bengkak di tulang punggung, posisi tubuh kaku dan tegak, timbul benjolan pada pangkal paha, atau mungkin berkeringat di malam hari.

  1. Saraf Terjepit

Punggung yang sakit saat saat bangun tidur bisa jadi akibat syaraf yang terjepit. Keadaan ini di sebut dengan Herniasi Nukleus Pulposus atau HNS. Lemahnya otot, punggung dan kesemutan atau mati rasa pada area ini menjadi gejala utamanya. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa coba gunakan obat herbal syaraf kejepit di leher berikut.

Kurangi aktifitas harian anda supaya tubuh tidak terlalu lelah dan istirahat dengan cukup sehingga tulang punggung sakit setelah bangun tidur tidak akan terjadi pada diri Anda lagi.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 01st, May 2018 / 15:52 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang