Sponsors Link

8 Bahaya Mengkonsumsi Soda Untuk Tulang yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Minuman bersoda memang menyegarkan, apalagi jika dikonsumsi dingin saat cuaca sedang panas-panasnya. Namun tahukah Anda, jika dibalik segarnya minuman bersoda banyak penyakit yang mengancam jika dikonsumsi berlebihan? Dari banyaknya resiko penyakit yang bisa timbul, salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah penyakit tulang dengan munculnya ciri-ciri tulang keropos. Tulang yang keropos merupakan salah satu pertanda menurunnya kesehatan tulang, yang mana pada akhirnya bisa menyebabkan tulang lebih rentan terkena masalah atau penyakit. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai bahaya mengkonsumsi soda untuk tulang jika dikonsumsi secara berlebihan. Simak pembahasannya berikut ini.

ads

Kandungan di dalam minuman bersoda

Kandungan paling banyak di dalam minuman bersoda adalah gula dan zat fosfor. Di mana kedua kandungan tersebut sebenarnya bermanfaat bagi tubuh dan tulang, jika dikonsumsi sewajarnya. Namun di dalam minuman bersoda kedua kandungan tersebut tergolong tinggi, sehingga dapat menyebabkan berbagai macam macam penyakit tulang. Hal ini disebabkan karena kedua kandungan tersebut bisa memicu penyerapan nutrisi untuk tulang menjadi terhambat.

Bahaya minuman bersoda untuk tulang

Jadi dapat diketahui bahwa bahaya mengkonsumsi soda untuk tulang disebabkan karena tingginya kandungan gula dan zat fosfor di dalamnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa resiko yang bisa dialami tulang jika mengkonsumsi soda secara berlebihan:

  • Tingginya zat fosfor akan menghambat penyerapan zat kalsium untuk tulang, sehingga dapat menyebabkan penurunan kesehatan dan kekuatan tulang. Di samping itu juga dapat memperparah kondisi jika sedang mengalami penyakit ortopedi dan lainnya.
  • Tingginya gula yang terkandung dalam soda bisa mengganggu penyerapan vitamin dan bisa menguras mineral dalam tubuh. Sehingga tidak hanya akan menyebabkan gangguan tulang tapi juga beresiko terganggunya otot dan persendian.
  • Bahaya mengkonsumsi soda untuk tulang juga dapat memicu munculnya penyakit osteoporosis, sehingga menghindari mengkonsumsi soda menjadi salah satu cara mencegah osteoporosis secara alami yang efektif.
  • Lebih rentan dan lebih mudah mengalami cedera, karena kekuatan tulang menurun akan menyebabkan melemahnya kekuatan tubuh ketika melakukan aktivitas atau kegiatan yang dilakukan sehari-hari.
  • Lebih cepat mengalami tulang terasa ngilu dan pegal dari biasanya ketika melakukan aktivitas dalam jangka waktu tertentu, karena kepadatan tulang menurun dan kurang ternutrisi.
  • Memperlambat proses penyembuhan patah tulang atau tulang retak juga menjadi salah satu bahaya mengkonsumsi soda untuk tulang, karena nutrisi yang diberikan untuk pembentukan jaringan baru akan lebih sulit untuk diserap.
  • Otot lebih mudah mengalami gangguan, misalnya saja mengalami ciri ciri kram otot, otot mudah kaku, tegang dan lainnya yang bisa mengganggu aktivitas. Di samping itu juga bisa menyebabkan sering munculnya kesemutan.
  • Menyebabkan persendian tulang lebih mudah bermasalah seperti lebih mudah mengalami peradangan sendi, nyeri sendi, sendi kaku atau masalah sendi lainnya. Sehingga minuman soda juga menjadi salah satu pantangan radang sendi tulang yang wajib dihindari.

Jadi, secara keseluruhan mengkonsumsi soda terlalu sering atau berlebihan sangat tidak dianjurkan baik ketika sehat ataupu mengalami gangguan tulang. Demikian pembahasan tentang bahaya mengkonsumsi soda untuk tulang. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Thursday 10th, January 2019 / 05:06 Oleh :