Sponsors Link

13 Cara Menghilangkan Taji Tumit Serta Langkah Mengatasinya Dengan Mudah

Sponsors Link

Taji tulang merupakan suatu kondisi dimana adanya suatu tonjolan yang terletak didekat pangkal tumit atau dinamakan juga dengan istilah calcaneus spur / Heel spur. Kondisi ini tidak termasuk dalam macam-macam penyakit tulang melainkan timbul karena adanya kumpulan kalsium pada tulang tumit bagian bawah dalam waktu yang sangat lama sehingga menimbulkan terbentuknya penonjolan tulang. Keadaan ini juga dipicu oleh beberapa kondisi seperti peregangan pada otot atau ligamen pada kaki, peregangan lapisan otot pada telapak kaki, dan robekan berulang pada lapisan yang menutupi area tumit.

ads

Kebiasaan lain juga bisa menjadi faktor penyebab munculnya taji tumit ini, seperti cara berjalan yang, Kelebihan berat badan, memakai sepatu yang tidak sesuai serta berlari pada permukaan yang keras. Taji tumit ini terkadang tumbuh tanpa disadari oleh penderita dan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan rasa nyeri tumit saat berjalan.

Cara menghilangkan taji tumit

Untuk cara menghilangkan tulang tumbuh seperti taji tumit ini bisa ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh penderita, seperti beberapa cara menghilangkan taji tumit berikut ini.

  1. Bisa dengan melakukan beberapa terapi fisik.
  2. Dengan berolahraga dan latihan secara rutin yang bisa membantu memperkuat plantar fasia sehingga bisa mengurangi rasa tidak nyaman pada tumit. Selain itu juga ada olahraga untuk penderita patang tulang yang bisa dicoba.
  3. Membuat sebuah balutan tertentu (tapping) yang berguna untuk mengurangi peregangan otot.
  4. Pada fase taji tumit yang sudah akut maka dianjurkan untuk sering mengompres tumit dengan es.
  5. Menempuh langkah fisioterapi atau dengan pemakaian heelcup (viscoheel), yaitu berupa sol yang diletakkan di sandal atau sepatu.
  6. Mengkonsumsi obat anti-radang seperti ibuprofen atau diklofenak atau obat penghilang nyeri golongan non steroid anti inflammation (NSAID).
  7. Untuk langkah pada kondisi yang parah maka bisa dilakukan tindakan operasi sebagai cara menghilangkan taji tumit ini.

Langkah lain bisa juga digunakan sebagai cara menghilangkan taji tumit ini, yakni dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita. Berikut cara mengatasi taji tumit dengan beberapa langkah mudah:

  1. Tanaman Alfalfa, tanaman ini mengandung banyak mineral seperti selenium dan kalsium yang diperlukan untuk pembentukan tulang yang sehat serta dapat membantu meringankan rasa sakit dan peradangan.
  2. Minyak biji rami, minyak ini mengandung asam alpha-linolenic yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan serta dapat mengurangi kekakuan otot terkait dengan taji tumit.
  3. Minyak kelapa, yang dapat memacu penyembuhan dan mengurangi rasa sakit dan juga mengandung kalsium yang diperlukan untuk proses pembentukan tulang pada manusia.
  4. Kurkumin yang terkandung didalam kunyit bekerja sebagai obat penghilang rasa sakit yang kuat dan agen anti-inflamasi. Dengan mengkonsumsi kunyit dapat membantu meringankan rasa sakit dan peradangan yang terjadi karena taji tumit dan bisa juga sebagai obat nyeri tulang kaki jika tulang terasa sakit dan ngilu.
  5. Cuka sari apel, dapat membantu menarik keluar kelebihan kalsium dari daerah yang memacu tumit untuk memberikan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Itulah cara menghilangkan taji tumit baik secara latihan fisik, fisioterapi, mengkonsumsi obat-obatan, serta langkah medis yang bisa ditempuh dan juga beberapa metode alamiah untuk menghilangkan taji tumit menggunakan bahan-bahan alami yang mudah di dapat di sekitar kita. Semoga artikel ini bisa membantu bagi anda yang sedang mengalami taji tumit ini.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 28th, February 2018 / 05:40 Oleh :
Kategori : Pengobatan