Sponsors Link

Jari Tangan yang Sakit Kalau Ditekuk – Kenali Bahaya dan Pengobatannya

Sponsors Link

Jari tangan sakit kalau ditekuk dikarenakan banyak hal diantaranya tendon bengkak, jari tegang, dan lain – lain. Jari tangan yang sakit untuk ditekuk tentu akan memberikan perasaan yang tidak nyaman. Perasaan ini akan membutuhkan perawatan. Jadi memang sebaiknya mengetahui tentang macam-macam penyakit tulang  yang dialami oleh penderita.

ads

Kondisi ini adalah kondisi yang terjadi dimana pada salah satu jari kemudian akan mengalami sindrom trigger finger. Pada penyebab lain juga dapat disebabkan karena stenosing tenosynovitis. Pada penyakit ini adalah penyakit yang akan menyebabkan bagian jari kemudian akan terkunci atau kaku.

Pada saat posisi pada jari yang menekuk kemudian akan menjadi penyebab dalam keterbatasan untuk memiliki kemmapuan pergerakkan tangan. Hal ini dapat menimbulkan rasa yang sakit pada jari jika penderirta mencoba untuk saat coba menekuknya. Berikut adalah bahaya dari sakit yang terus menerus pada jari tangan.

Bahaya Tangan Sakit Kalau Ditekuk

1. Adanya Pembengkakan Otot

Salah satu yang harus diwaspadai adalah pembengkakan otot. Bengkak memang memiliki efek yang menyababkan rasa yang kaku. Hal ini akan wajar menjadi penyebab di dalam kondisi dimana tidak hanya bagian tendon namun juga bagian tendon. Hal ini akan menghalangi dalam kebebasan dalm bergerak. Pergerakan yang terbatas akan menyebabkan penyempitan dalam celah jari.

Banyak penyebab mengapa otot bisa mengalami pembengkakan. Hal ini sebaiknya dikonsultaiskan dengan tenaga medis. Kita dapat melakukan pengetesan dengan cara melakukan pergerana dimana dengan menekuk jari kemudian apabila terdengar suara yang membuat tidak nyaman memang sebaiknya segera membutuhkan perawatan medis. Penderita juga dapat konsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk lebih menguatkan tangan.

2. Terjadi Ketegangan Otot

Rasa sakit juga dapat terjadi karena adanya ketegangan. Ketegangan ini disebabkan karena berbagai gerakan. Jika penderita kerap sekali untuk merasakan ketegangan maka harus dilakukan pemeriksaan agar dapat diketahui penyebab dari ketegangan itu. Rasa sakit ini jika telah diketahui penyebabnya maka akan dengan mudah untuk medapatkan perawatan yang tepat.

Banyak kegiatan yang dapat mengakibatkan hal ini terjadi diantaranya adalah kegiatan yang dilakukan dengan cara berulang ulang. Kegiatan yang dilakukan dengan cara beulang – ulang akan memberikan penekanan dan juga beban kepada jari. Hal ini yag kemudian menyebabkan terjadi penurunan fleksibilitas. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan olahraga sebalam 15 menit di dalam satu hati.

Olahraga ini sanagt penting untuk melatih kekuatan pada tulang dan otot jari. Penting pula untuk memahami dan mengatahui mengenai kelainan pada tulang yang memiliki resiko berbahaya. Jadi segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang terbaik.

3. Tekanan Kepada Jari

Pada rasa sakit yang dirasakan karena Trigger finger ini akan dengan mudah untuk dirasakan. Saat jari melakukan hal yang melebihi kapasitas kekuatan akan terjadi kelainan dimana jari merasakan tekanan yang berlebihan. Rasa ini dapat membuat jari menjadi lemas dan kehilangan akan kekuatannya yang dahulu. Hal ini harus disikapi dengan hati – hati dan sebaiknya menjadi perhatian untuk dilakukan pencegahan.

Jika hal ini terus dilakukan maka yang akan terjadi adalah tekanan semakin memperburuk keadaan. Hal ini tentu sangat tidak diharaokan oleh siapapun. Pada tekanan yang terjadi membutuhkan pelatihan. Tekanan yang diarasakan pada jari dan otot yang terlatih akan lebih kuat dibanding dengan tekanan yang akan dirasakan oleh jari yang jarang terlatih.

Sponsors Link

Hal ini kemudian menjadi sebuah perhatian yang penting. Pada berbagai kegiatan juga sebaiknya dilakukan dengan cara hati – hati. Cara ini untuk menghindari berbagai perlakukan yang hanya akan menurunkan fungsi dari jari. Penurunana ini tentu beresiko pada kecacatan jika dibiarkan dalam jangka yang panjang.

4. Arthiritis atau Peradangan

Arthritis adalah peradangan yang terjadi pada bagian jari. Radang ini banyak disebabkan oleh berbagai hal diantaranya adalah memiliki riwayat cedera. Pada peradangan ini memiliki banyak perawatan yang dapat dilakukan pemilihan perawatan mana yang dinilai terbaik.

Perawatan dapat dilakukan dengan cara tradisional maupun dengan cara medis. Pertimbangan ini disesuaikan dengan kondisi yang dialami. Pada level yang rendah dan ringan mungkin hanya akan mengkonsumsi obat, pada peradangan dengan level yang lebih besar yang akan dilakukan perawatan adalah dengan kompres, meminum obat, rontgen, hingga ke operasi.

Peradangan yang akan membuat bagian tubuh kaku ini karena adanya serangan virus. Selain juga dapat disebabkan karena adanya mikroorganisme lain. Pada mahluk hidup tersebut berperan sebagai pengganggu ini kemudian akan melakukan pengrusakan di area sel dan jaringan. Jaringan dan sel yang risak dapat berakibat pada kecacatan.

ads

Selain itu juga pada kejadian ini dapat menyebar dan dapat komplikasi. Kondisi ini dinamakan juga rematik karena merupakan kondisi kelainan pada tulang. Hal ini menyebabkan beberapa tulang menjadi tergnagggu. Jari yang nyeri dan kaku saat ditekuk juga bisa aja disebabkan karena salah satunya rematik.

5. Kadar Asam Urat Tinggi

Asam urat merupakan juga salah satu penyebab terjadinya kelainan. Hal ini akan terjadi pada bagian tulang yang dapat diakibatkan karena asupan purin. Asupan ini masuk ke dalam tubuh dengan terlalu berlebihan. Pada kebutuhan sebenarnya purin ini memang tidak bersifat  berbahaya. Hal ini diketahui selama ginjal sebagai organ yang akan mengolahnya dapat menormalkan kembali kondisi dengan cara membuang kandungan yang berlebihan Pada purin yang berlebihan maka bagian ginjal akan mengalami kesulitan dalam mengolah purin.

Pada hal ini kemudian akan berakibat purin disalurkan padake dalam darah.  Purin juga akan mengalami pengendapan pada sela-sela tulang. Diantaranya adalah bagian di sela tulang jari. Jika hal ini kemudian akan berakibat purin mengendap di bagian jari, kemudaian penderita akan merasakan nyeri. Tidak hanya itu namun juga rasa kaku seperti kesemutan hingga mati rasa.

6. Terlalu Lama Menggenggam

Aktivitas ynag terjadi yakni dengan terlalu lam menggenggam maka yang akan terjadi adalahh benda yang dipegang membuat kemampuan jari tangan menurun. Pada genggaman yang terlalu kuat akan membuat rasa sakit pad asaat ditekuk dan terasa begitu kaku.

Hal ini akan mengakibatka kondisi dimana dapat dilakukan peregangan secara berulang untuk kembali membuat jari fleksibel. Jari akan mengeluarkan energi yang besar untuk menggenggam dengan erat. Hal ini yang lantas kemudian membuat kondisi dimana jari juga mendapatkan tekanan yang begitu kuat. Saat melebihi kapasitas kemampuan maka yang akan terjadi adalah tidak baik bagi kesehatan jari.

7. Trauma

Salah satu faktor lain yang dapat pemicu yakni adalah trauma. Pada saat ini maka yang akan sangat mungkin terjadi adalah rasa sakit karena adanya kesalahan posisi pada jari. Inilah kemudian yang menjadi penyebab mengapa jari tangan terasa amat sakit saat ditekuk. Jika kita kemudian pernah mengalami suatu kecelakaan yang megakibatkan salah satu dari anggota tubuh kemudain mengalami trauma misalnya pada bagian telapak.

Trauma juga bisa terjadi pada bagian jari. Kecelakaan yang menyebabkan trauma ini diantaranya adalah kejadian kecelakaan mobil atau kecelakaan yang terjadi akibat tidak hati – hati dlaam melakukan aktivitas misalanya saat berolahraga. Saat melakukan sesuatu juga ssebaiknya dipastikan mengenai standar keselamatan yang menunjang. Hal ini sangat pentig sebagai upaya pencegahan. Pencegahan adaah bagian dari usaha agar terhindar dari berbagai macam trauma. Usaha lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi dan minuman misalnya khasiat susu untuk tulang.

8. Kelainan Tulang

Hal lain yang menjadi bahaya selanjutnya adalah karena kondisi kelainan pada tulang.Kelainan tulang ini dapat dialami oleh seseorang dalam kondisi telah dewasa, saat anak – anak, hingga sejak lahir. Dan beragam faktor yang menjadi penyebab hal ini terjadi pun dapat dikonsultasikan kepada tenaga medis yang bersangkutan.

Sponsors Link

Hal ini sehingga tidak akan menjadi sebuah kebingungan jika penyebab diketahui dengan pasti. Jika yang dialami berupa kelainan maka ada yang dapat diatasi namun ada pula yang tidak mampu diatasi hanya dikurangi rasa sakit yang dideritanya. Jadi hal ini juga bisa dicegah dengan cara mengetahui riwayat penyakit yang terdapat di dalam keluarga. Ini juga menjadi salah satu bentuk pencegahan sehingga tidak berpeluang untuk melahirkan anak yang ada di dalam kondisi yang caca. Kasus yang terjadi juga beraneka ragam.

Pengobatan

Berbagai pengobatan dapat diusahakan untuk mencapai ada kesembuhan. Sala satunya dengan mengetahui apa yang menjadi penyebab hal ini terjadi. Rasa sait ini merupakan kondisi yang kemudaian harus melibatkan tenaga medis untuk mengtahui apa yang menjadi penyebab gangguan. Gangguan tersebut menyerang bagian tendon.

Ahli dan tenaga medis lain yang paling professional dapat melakukan pemeriksaan kemudian mendiagnosa. Pemeriksaan yang dapat dilakukan yakni berupa CT Scan, rotgen. Alat – alat ini akan sangat membantu dalam menentukan kondisi dimana sejauh mana kondisi tulang yang sedang diderita oleh pasien atau penderita. Cara menguatkan tulang kering ini sebaiknya diketahui untuk usaha dalam menjaga kesehatan. Cara pengobatan diantaranya.

  • Konsumsi Obat
  • Fisioterapi
  • Operasi

Demikianlah info yang dapat disampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Thursday 01st, March 2018 / 06:07 Oleh :