Sponsors Link

10 Penyebab Tulang Tumbuh yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Tulang tumbuh dikenal juga dengan nama taji tulang ( bone spur ) atau Osteofit yang merupakan tumbuhnya tulang yang menonjol ke arah luar tubuh pada area pertemuan kedua tulang atau persendian. Dan biasanya taji tulang atau taji kecil ini bisa banyak terjadi pada area tulang belakang, leher, bahu, lutut, punggung bawah, kaki atau tumit, dan jari atau ibu jari.

ads

Namun kondisi ini akan terjadi setelah bertahun-tahun karena proses pertumbuhannya yang sangat lama sehingga kondisi membuat gelaja awal dari ostefit ini sulit terdeteksi. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab tulang tumbuh ini tergantung dari kondisi tubuh dan kesehatan si penderitanya juga. Berikut penyebab tulang tumbuh yang harus diketahui.

  1. Faktor Usia

Biasanya orang yang berusia lanjut lebih rentan terkena taji tulang atau tulang tumbuh ini karena peradangan sendi makin mudah berkembang apalagi jika tulang pernah mengalami cedera.

  1. Terjadinya Kondisi Degenerasi Piringan Sendi.

Adanya degenerasi sendi atau terjadinya penurunan fungsi sendi akibat adanya perubahan fisik pada piringan sendi juga bisa menjadi penyebab tulang tumbuh atau osteofit ini.

  1. Osteoarthritis atau Tendinitis

Adanya peradangan lokal yang pada kerusakan sendi yang berawal dari osteoarthritis atau tendinitis sehingga kerusakan tersebut ransangan pada sel-sel tubuh ini yang akan terbentuknya tulang sering disebut bone spur di area sekitar tulang yang mengalami kerusakan dan bantalan tulang rawan yang tujuannya memperbaiki kondisi tulang rusak tersebut.

  1. Arthritis pada Tulang Belakang.

Arthritis atau yang lebih dikenal dengan radang sendi bisa menjadi penyebab tulang tumbuh karena adanya peradangan dalam waktu yang lama karena radang sendi ini sehingga terbentuk osteofit tulang belakang. Untuk penyebab ini bisa diatasi dengan cara mengobati radang sendi sehingga dapat mencegah timbulnya taji tulang.

  1. Cedera pada Struktur Tulang.

Struktur tulang yang sedang mengalami cedera dan dalam kondisi kerusakan serius dapat menimbulkan periosteum air mata pada tulang yang masih utuh, dan akibat dari pengerasan periosteum tersebut itulah yang akhirnya menjadi osteofit dan oleh karena itu ketahui juga ciri-ciri cedera tulang belakang yang bisa menjadi penyebab tulang belakang sakit.

  1. Terjadinya Radang di Bagian Tendon Achilles.

Terjadinya peradangan pada bagian tendon Achilles juga bisa menjadi penyebab munculnya tulang tumbuh atau osteofit pada tulang belakang, dan biasanya paling sering muncul pada tulang kaki, khususnya pada bagian tumit dan sering menimbulkan rasa nyeri.

  1. Kanker dan Tumor Jinak.

Penyakit kanker dan tumor tulang jinak sekalipun juga memiliki pengaruh yang besar sebagai penyebab tulang tumbuh, karena bisa merugikan kesehatan tulang dan sendi dan terkadang perkembangan dari osteofit bisa didukung oleh metastasis dari sejumlah kanker.

  1. Terjadinya Gangguan Endokrin.

Endokrin merupakan sistem jaringan kelenjar yang berfungsi sebagai penghasil dan pelepas hormon-hormon yang mendukung kontrol fungsi tubuh manusia yang vital.

Sponsors Link

Jika sistem ini mengalami gangguan maka akan terjadi ketidakseimbangan yang akan menimbulkan banyak penyakit termasuk memengaruhi kesehatan sendi dan tulang yang akhirnya juga dapat menimbulkan osteofit. Untuk menjaga kesehatan tulang dan persendian bisa dengan mengkonsumsi vitamin penguat tulang dan sendi.

  1. Penyakit Ankylosing Spondylitis.

Penyakit kronis seperti arthritis atau penyakit ankylosing spondylitis yang menyerang bagian tulang belakang bisa menjadi pemicu munculnya taji tulang ini, karena penyakit ini bisa menimbulkan peradangan pada tulang belakang bahkan bisa membuat ruas pada tulang belakang melebur.

  1. Plantar Fasciitis

Taji tulang atau osteofit ini bisa tumbuh pada bagian tumit karena terjadinya sobekan-sobekan akibat peregangan, inflamasi atau iritasi pada plantar fasciitis yang akan menimbulkan rasa nyeri tumit saat berjalan. Jika mengalami kondisi ini sudah ada cara menghilangkan taji tumit dengan langkah yang mudah.

Itulah 10 faktor yang menyebabkan taji tulang atau osteofit yang bisa menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada tulang si penderitanya, oleh karena itu kita harus tahu cara menghilangkan tulang tumbuh.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Thursday 01st, March 2018 / 06:42 Oleh :