Sponsors Link

Nyeri Tumit Saat Berjalan, Kenapa? Apa Bahayanya?

Sponsors Link

Rasa nyeri tumit saat berjalan sering dialami oleh kebanyakan orang baik saat berjalan maupun ketika hendak bangun dari tidur saat kaki menginjak lantai. Namun rasa nyeri ini biasanya akan hilang begitu saja dan bisa kembali terasa sakit di lain waktu. Jika terjadi nyeri tumit saat berjalan, dengan menginjakkan kaki pada area yang panas atau terkena panas matahari maka sakitnya akan hilang dengan cepat. Tulang terasa sakit dan ngilu saat berjalan khususnya pada bagian tumit akan membuat kita merasa terganggu dalam melakukan rutinitas sehari-hari, untuk itu perlu diketahu bahaya dan faktor penyebabnya.

ads

Kenapa nyeri pada tumit saat berjalan ini bisa terjadi ?

Banyak hal dan faktor yang bisa menjadi penyebab tulang ngilu, rasa nyeri dan sakit pada tumit. Mulai dari adanya kelainan tulang, otot, tendon, saraf dari kaki, atau karena terjadinya cedera. Dan biasanya kondisi ini paling umum disebabkan oleh terjadinya peradangan atau penegangan yang terlalu besar pada plantar fasciitis secara berulang-ulang sehingga menyebabkan terjadinya iritasi.

Selain karena terjadinya peradangan atau cedera pada plantar fasciitis, nyeri tumit saat berjalan juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi lain. Berikut beberapa hal yang juga bisa menyebabkan terjadinya rasa nyeri pada tumit.

  1. Faktor kegemukan, karena tumit menopang berat badan yang berlebih sehingga terjadi penekanan secara terus-menerus. Selain itu berat badan berlebih juga termasuk pada salah satu penyebab pengapuran tulang.
  2. Aktif dalam berolahraga.
  3. Melakukan pekerjaan yang banyak bertumpu pada kaki.
  4. Adanya peradangan pada kantung berisi cairan tumit yang biasanya disebabkan oleh tekanan yang menetap ( Bursitis ). Misal, karena pemakaian sepatu yang tidak sesuai.
  5. Terjadi peradangan berkepanjangan pada daerah dimana jaringan lunak terikat pada tulang, sehingga terjadi perkembangan tonjolan tulang tumit.
  6. Cedera pada ligamen atau otot, seperti keseleo atau terkilir dan nyeri pergelangan.
  7. Retak tulang tumit ( Fraktur kalkaneus ), maka dari itu kita harus mengetahui ciri-ciri tulang retak agar kita bisa mengetahuinya lebih dini dan segera menemukan cara menyembuhkan tulang retak.
  8. Adanya penekanan saraf kaki ( Sindroma Tarsal Tunnel ) khususnya, saraf tibialis yang berfungsi membawa rasa dari tumit.
  9. Infeksi tulang atau osteomyelitis.
  10. Berbagai macam arthritis, yang menyebabkan peradangan pada tendon dari telapak kaki.
  11. Fibromatosis (jaringan ikat muda yang tumbuh berlebih)
  12. Atrofi (penyusutan jaringan otot/saraf) dari bantalan lemak sehingga terjadinya penipisan bantalan lemak akibat menahan beban terlalu berat.
  13. Dalam penyakit severs yang sering terjadi biasanya akan mengalami trauma yang sering terjadi dalam masa pertumbuhan plat calcaneus yang terjadi pada anak.
  14. Adanya luka menetap yang disebabkan kegiatan fisik.

Bahaya yang dapat ditimbulkan karena nyeri tumit.

Setiap rasa sakit yang dirasakan pada tubuh walaupun hanya rasa sakit dan nyeri yang ringan, tapi jika dibiarkan dan diabaikan dalam jangka waktu yang lama kondisinya bisa saja berubah menjadi serius dan berbahaya. Termasuk juga dengan nyeri tumit saat berjalan ini.

  1. Bisa menyebabkan keadaan nyeri tumit kronis menahun yang mengganggu aktivitas sehari-hari.
  2. Dapat mengubah cara berjalan karena bisa menyebabkan terjadinya masalah-masalah pada kaki, lutut, paha atau punggung.
  3. Terjadi penurunan fungsi (degenerasi) dan kelemahan pada tendon Achiles.
  4. Pada penderita diabetes bisa menyebabkan mati rasa dan nyeri di kaki dan tumit jika rasa nyeri disebabkan oleh Neuropati perifer.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai nyeri tumit saat berjalan sehingga sangat menganggu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Dengan mengetahui faktor penyebab dan bahayanya semoga kita bisa menghindari faktor pemicu terjadinya nyeri pada tumit ini. Dan jika terjadi rasa nyeri pada bagian kaki kita juga bisa mengkonsumsi obat nyeri tulang kaki dari bahan alami dan mudah didapat serta mengetahui lebih banyak tentang cara menguatkan tulang kaki.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 26th, February 2018 / 04:20 Oleh :