Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Kram Jari Kaki yang Paling Ampuh Tanpa Obat

Sponsors Link

Jari kaki merupakan salah satu bagian anggota gerak yang cukup sering mengalami kram tiba-tiba ketika sedang beraktivitas. Kram pada jari kaki ini tentunya muncul begitu saja tanpa penyebab karena bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti macam penyebab spasme otot yaitu kelelahan oto, kesalahan memakai alas kaki, dehidrasi, kurang peregangan atau penyebab lainnya.

ads

Kram pada jari kaki ini pada umumnya bukan merupakan kondisi yang membahayakan dan bisa ditangani dengan mudah. Nah di bawah ini merupakan beberapa metode yang bisa digunakan menjadi cara mengatasi kram jari kaki agar cepat mereda, antara lain:

1. Merendam kaki dengan air hangat

Ketika mengalami kram, jaringan otot yang ada di daerah jari kaki akan mengalami ketegangan. Untuk meredakan ketegangan otot tersebut, rasa panas yang timbul dari air akan memberikan efek relaksasi pada otot. Sehingga merendam kaki dengan air hangat dapat dipakai alih-alih mengkonsumsi obat untuk melemaskan otot kaku. Rendam kaki sampai kram mereda, apabila setelah itu kaki terasa sedikit ngilu bisa dilanjutkan dengan mengompres jari kaki dengan es batu untuk meredakannya.

2. Memijat daerah jari kaki

Memijat bukan hanya membuat pegal yang dirasakan hilang, namun juga sebagai cara mengatasi kram jari kaki secara alami. Caranya adalah dengan membiarkan jari renggang saat dipijat, lalu gunakan jempol tangan untuk memijat secara pelan.

Selain daerah jari kaki, pijat juga daerah sekelilingnya agar otot dapat dirilekskan dengan optimal. Pemijatan yang juga sering digunakan sebagai cara melemaskan otot setelah patah tulang ini, dapat dilakukan selama beberapa menit sampai jari kaki tidak kram lagi.

3. Lakukan peregangan untuk jari kaki

Kurangnya peregangan juga dapat menyebabkan kram maupun penyebab tulang ngilu-ngilu dan sakit ketika digerakkan. Kram jari kaki bisa terjadi ketika kaki terlalu lama digunakan untuk berjalan tanpa istirahat atau tiba-tiba digunakan untuk tanpa pemanasan dahulu. Peregangan dapat dilakukan dengan membiarkan jari kaki dalam posisinya beberapa menit, lalu tekuk jari dan tahan selama beberapa detik sampai kram mereda.

4. Cukupi asupan air putih harian

Salah satu penyebab otot kram adalah otot kekurangan oksigen dan menghambat aliran darah ke otot karena mengalami dehidrasi. Sebagai cara mengatasi kram jari kaki karena dehidrasi adalah mengkonsumsi air putih paling tidak dua liter dalam sehari. Selain itu, mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung mineral dan vitamin seperti buah-buahan pencegah osteoporosis.

5. Ganti alas kaki yang nyaman ketika beraktivitas

Alas kaki yang sudah rusak, terlalu sempit, terlalu keras atau tidak sesuai jenisnya juga dapat mengakibatkan munculnya kram jari kaki. Untuk itu mengganti alas kaki dengan yang lebih nyaman atau sesuai peruntukan juga menjadi salah satu cara mengatasi kram jari kaki. Tidak hanya mengatasi kram, mengganti alas kaki ini juga dapat berguna sebagai cara mengatasi calcaneus spur pada kaki secara alami.

6. Berolahraga rutin sebagai upaya pencegahan

Kurangnya olahraga dapat menyebabkan kram karena otot akan kaget dan tegang jika tiba-tiba digunakan. Dengan kata lain, olahraga dapat mencegah dan mengurangi frekuensi terjadi kram pada jari kaki. Olahraga atau setidaknya berjalan santai seperti jalan pagi secara rutin, bisa menangani kram sekaligus bisa mencegah terjadinya macam-macam penyakit tulang lainnya.

Demikian informasi mengenai beberapa cara mengatasi kram jari kaki secara alami. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 01st, November 2018 / 04:33 Oleh :
Kategori : Pengobatan