Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Penyakit Fibromyalgia

Sponsors Link

Fibromyalgia merupakan penyakit atau gangguan medis jangka panjang yang mampu menyebabkan nyeri di seluruh tubuh. Sehingga hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini juga disebut dengan fibromyalgia syndrome atau (FMS). Sebanyak 1 dari 20 orang mungkin telah mengidap fibromyalgia dengan berbagai tingkat keparahan. Sementara penderita fibromyalgia sendiri sering menghadapi gangguan tidur, ingatan, suasana hati, dan juga kerap sekali merasa kelelahan. Selain itu, penderita fibromyagia biasanya juga akan mengalami kondisi lain seperti sakit kepala, gangguan temporomandibular joint (TMJ), sindrom iritasi usus, rentan merasa cemas dan juga depresi. Lantas bagaimana Cara Menghilangkan Penyakit Fibromyalgia ini?

ads

Ciri-Ciri Penyakit Fibromyalgia sendiri dapat di mulai dari munculnya beberapa tanda pasca operasi, trauma fisik, infeksi, atau stres psikologis yang signifikan. Dalam beberapa kasus, gejala dapat terjadi secara bertahap menjadi lebih buruk walaupun tidak ada pemicunya sama sekali. Gejala yang paling umum dari penyakit fibromyalgia adalah seperti menyebarnya rasa sakit yang ditandai dengan rasa nyeri yang konstan dan bertahan minimal 3 bulan. Nyeri ini menyerang kedua sisi tubuh penderita, termasuk juga di daerah atas dan bawah pinggang anda.

Selanjutnya tanda yang kedua adalah kelelahan yang sering dialami penderita fibromyalgia. Pasalnya, penderita penyakit ini sering terbangun dari tidurnya akibat nyeri yang dirasakan, sehingga kualitas dan juga jam tidur berkurang untuk jangka waktu yang cukup lama.

Berikut ini beberapa Cara Menghilangkan Penyakit Fibromyalgia yang harus anda ketahui:

  1. Menjalankan Diet Anti-inflamasi

Pilihlah makanan yang benar, dan makanlah makanan yang tepat. Meskipun tidak sepenuhnya diakui, fibromialgia telah diyakini memiliki komponen penyebab radang atau sensitif terhadap bahan kimia. Oleh karena itu, diet antiinflamasi akan bermanfaat.

Diet ini mampu menekankan konsumsi whole food (makanan yang diproses seminimal mungkin), dan jika memungkinkan jangan lupa utamakan serta makanan organik. Diet ini juga menjauhi bahan pengawet dan sangat aman bagi anda. Namun kenali juga apakah Anda mengidap penyakit osteoporosis atau tidak serta mengenali baik atau tidaknya diet untuk penderita osteoporosis.

  1. Konsumsi Buah dan Sayur

Selain menjalankan diet antiinflamasi, Cara Menghilangkan Penyakit Fibromyalgia lainya yakni dengan memakan buah-buahan dan sayuran. Anda harus meningkatkan asupan buah serta sayuran dalam setiap harinya. Buah harus memenuhi setengah kebutuhan makanan anda per hari.

Sertakan pula beragam jenis buah terutama berry yang meliputi blueberry, rasberi, stroberi, gooseberry dan juga blackberry. Buah-buah ini banyak mengandung antioksidan dan komponen lain yang memiliki zat antiinflamasi. Jangan lupa pastikan pula bahwa anda juga menyertakan beragam jenis sayuran. Sayuran berdaun gelap, seperti Swiss chard, bayam, sawi, brokoli, Brussels sprout, dan field green, yang nyatanya mengandung banyak vitamin E yang mengurangi molekul inflamasi di dalam tubuh.

Secara sepihak, Buah itu memang baik untuk kesehatan tubuh dan dapat membantu berbagai macam masalah yang dialami oleh tubuh. Berikut berbagai macam pembahasan soal buah yang ada kaitannya dengan tulang, diantaranya yakni seperti buah buahan pencegah osteoporosis, buah untuk penderita flu tulang, buah untuk menguatkan tulang, hingga khasiat pisang untuk tulang.

  1. Pilihlah Daging yang Tepat

Konsumsi daging yang tepat juga menjadi cara untuk menghilangkan penyakit ini. Ada beberapa jenis daging yang akan membantu mengurangi inflamasi yang berhubungan dengan fibromialgia. Tingkatkan asupan ikan berlemak, yang pastinya banyak mengandung asam lemak omega 3 (zat antiinflamasi alami).

Contohnya, ikan salmon, tuna, kod, serta jenis ikan segar lain. Jangan lupa untuk menjauhi daging merah, kecuali dari ternak yang hanya diberi makan rumput atau makanan organik saja. Tidak hanya untuk penderita Fibromyalgia saja, daging merah juga menjadi pantangan radang sendi serta pantangan makanan pengapuran tulang yang benar-benar harus dihindari.


  1. Meningkatkan Asupan Serat

Makanan yang kaya akan serat telah terbukti membantu mengurangi inflamasi di dalam darah. Makanlah makanan dengan gandum asli, misalnya seperti roti gandum, pasta gandum, nasi merah, dan olahan gandum sehat lain. Kacang-kacangan yang kaya akan serat juga anti oksidan serta berbagai vitamin dan juga mineral mampu melawan inflamasi dan memperbaiki kerusakan akibat inflamasi itu sendiri.

  1. Menjauhi Makanan Tertentu

Terdapat beberapa jenis makanan serta bumbu yang harus anda jauhi. Di antaranya yakni seperti, gula dan pengganti gula yang bukan olahan alami, misalnya Splenda atau Equal. Selain itu, jauhi pula minuman panas, alkohol, kopi, dan juga makanan pedas.

Makanan-makanan ini akan membuka pembuluh darah serta akan mampu menyebabkan peronaan yang dapat mengakibatkan inflamasi. Akan tetapi anda juga bisa menambahkan bumbu semacam jahe, ketumbar, dan bawang lantaran mengandung antiinflamasi.

  1. Konsumsi Suplemen

Cara Menghilangkan Penyakit Fibromyalgia lainnya yakni dengan mengkonsumsi suplemen. Terdapat beberapa suplemen yang dapat dikonsumsi bersamaan dengan langkah diet antiinflamasi untuk merawat fibromialgia atau gejala-gejalanya. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen-suplemen ini dan jangan lupa untuk selalu ikuti petunjuk pada kemasan.

Silakan anda untuk mengonsumsi suplemen vitamin B-kompleks, vitamin C, vitamin D, magnesium, zinc, dan selenium. Disisi lain, untuk menjadikan tulang tubuh menjadi lebih kuat lagi maka Anda disarankan untuk rutin mengkonsumsi 4 macam vitamin penguat tulang dan sendi, 8 macam vitamin saraf tulang belakang, hingga 15 jenis vitamin untuk tulang rawan biar semakin kuat.

Demikian artikel tentang Cara Menghilangkan Penyakit Fibromyalgia, segeralah lakukan pengobatan ketika kejadian ini masih dalam tanda awal kejadian sehingga pengobatan bisa dilakukan dengan cepat. Salam sehat.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Monday 17th, December 2018 / 17:40 Oleh :
Kategori : Pengobatan