Sponsors Link

4 Penyebab Utama Muscular Dystrophy Yang Harus Diperhatikan

Sponsors Link

Muscular dystrophy (MD) mempunyai nama lain distrofi otot. Muscular dystrophy ini merupakan Penyakit digolongkan kelainan bawaan yang disebabkan gen spesifik abnormal. Muscular dystrophy juga bisa muncul meskipun tidak ada riwayat keluarga menderita penyakit ini. Munculnya muscular dystrophy akan mengakibatkan kelemahan otot, hilangnya jaringan otot yang terus memburuk secara cepat dari hari ke hari.

ads

Jenis-Jenis Muscular Dystrophy

Tanda muscular dystrophy menjangkiti Anda adalah ketika sudah sulit ketika menaiki tangga, merubah posisi dari duduk ke berdiri, tidak bisa lari, tangan ngilu sebelah kanan maupun kiri, dan saat berjalan akan susah karena terguncang-guncang. Dan hal yang menonjol jika Anda terserang penyakit muscular dystrophy adalah betis akan membesar atau mengecil sehingga fungsi tulang fibula terganggu. Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang jenis muscular dystrophy yang sering dijumpai sebagai berikut.

  • Duchenne Muscular Dystrophy (DMD)

DMD merupakan penyakit muscular dystrophy  yang sering menjangkiti manusia. Jenis penyakit ini sudah menyerang pada usia 12 tahun. Karena DMD Anda akan susah berjalan dan harus menggunakan alat bantu, hingga juga harus membutuhkan alat bantu pernapasan.

  • Landouzy-dejerine Muscular Dystrophy

Penyakit ini akan mengurangi kekuatan otot pada wajah, paha, lengan, dan kaki. Pertumbuhan penyakit jenis ini akan perlahan, dan berkembang dari gejala ringan hingga sampai mengalami kelumpuhan.

  • Myotonic Muscular Dystrophy

Jenis ini jarang menjangkiti, tetapi gejala dan serangannya hampir sama seperti kedua jenis Muscular Dystrophy lainnya.

Gejala Dan Tanda Muscular Dystrophy

Bagaimana tanda-tanda muscular dystrophy akan muncul sebagai berikut.

  1. Otot betis akan semakin membesar atau begitu sebaliknya.
  2. Otot pada seluruh tubuh akan berangsur lemah, memburuk hingga menyebabkan kesulitan berjalan maupun bergerak. Biasanya ketika sudah menyerang otot bahu dan lengan akan menyebabkan kedua lengan tidak dapat dinaikkan dan jadinya tidak dapat bangun, sehingga harus memerlukan bantuan alat atau orang lain.
  3. Anda akan mudah terjatuh ketika berdiri, serupa ciri-ciri tulang bengkok.
  4. Air liur akan tidak terbendung dan menyebabkan menetes.
  5. Mental Anda akan terserang sehingga menyebabkan keterbelakangan.
  6. Kelopak mata akan terkulai.
  7. Bentuk tubuh berubah, seperti pinggul miring dan perut menonjol.

Penyebab Muscular Dystrophy

Dari penjabaran di atas tersebut, diketahui bahwa penyebab utama muscular dystrophy ialah karena bawaan lahir. Faktor yang mungkin menjadi penyebab distrofi otot adalah sebagai berikut:

  1. Adanya mutasi pada gen, mutasi ini terjadi ketika saat pembuahan atau bisa juga saat proses embrio. Dan mutasi ini terus diturunkan secara genetik.
  2. Asupan nutrisi yang buruk ketika anak sedang masa pertumbuhan.
  3. Gangguan kandungan yang disebabkan oleh komplikasi saat masa kehamilan.
  4. Terjadi kerusakan pada protein pelindung serat otot.

Penyembuhan Untuk Muscular Dystrophy

Belum ada obat yang bisa menyembuhkan secara total untuk penyakit muscular dystrophy. Tetapi Anda bisa menjalani pencegahan distrofi otot serta perawatan agar muscular dystrophy tidak semakin parah, sebagai berikut.

  • Obat kortikosteroid yang dikonsumsi bisa untuk anak-anak, dan membantu agar bisa berjalan.
  • Terapi fisik secara rutin.
  • Pembedahan pada tulang belakang atau kaki
  • Dibantu alat penyongkong seperti tongkat untuk berjalan ataupun kursi roda dapat membantu pergerakan Anda dalam kesehariannya, sehingga tidak bergantung pada orang lain saat beraktivitas.
  • Anda harus melakukan kegiatan sesering mungkin, agar penyakit tidak semakin memburuk.
  • Mengatur pola makan, karena dengan terjaganya asupan makanan untuk cedera otot dengan kandungan serat, protein serta rendah kalori akan membantu Anda dalam menjalani perawatan. Hindari makanan penyebab nyeri otot.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Friday 05th, April 2019 / 01:33 Oleh :
Kategori : Distrofi Otot