Sponsors Link

Otot Wajah Terasa Kaku: Penyebab, Bahaya, dan Penanganan

Sponsors Link

Pernahkah anda mengalami kedutan pada area wajah? Nampaknya setiap orang pasti pernah mengalaminya ya. Otot sering berkedut sendiri memang wajar terjadi, misalnya saja pada area mata. Jika mengalami kedutan di area mata biasanya menandakan mata anda yang terlalu lelah sehingga membutuhkan istirahat yang cukup untuk membuat kedutan tersebut hilang. Tapi tahukah anda jika pada bagian mata atau area wajah lainnya seperti pipi keras dan kaku dengan sendirinya dalam jangka waktu yang cukup lama, maka perlu diwaspadai. Gangguan ini biasa disebut dengan Spasme Hemifasial.

ads

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa Spasme Hemifasial memang berbeda dari kedutan yang biasa terjadi, karena Spasme Hemifasial hanya terjadi pada salah satu bagian wajah misalnya saja pada mula – mula akan terjadi pada dahi, dan lambat laun akan ke pipi, hingga pada akhirnya jika dibiarkan akan membuat setengah wajah kita kaku. Pada situasi yang ringan, sebenarnya Spasme Hemifasial memang bersifat periodik atau pada saat – saat tertentu saja. Seseorang yang mengalami hal inipun akan sulit untuk mengendalikan kedutan di wajah mereka

Penyebab Otot Wajah Terasa Kaku

Otot wajah terasa kaku (Spasme Hemifasial) memang lebih sering terjadi pada wanita yang berada di usia pertengahan ataupun sudah lanjut usia. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab Spasme otot yaitu diantaranya:

  • Tumor: Tekanan akan terjadi ketika saraf yang terdapat pada otot akan mengalami gangguan karena tumor.
  • Kelainan saraf: Sama halnya dengan poin pertama bahwa saraf terganggu karena adanya kelainan di saraf itu sendiri.
  • Pembuluh darah menempel di saraf: Pada hal ini memang bisa saja otot wajah terasa kaku bukan karena menandakan adanya suatu penyakit. Tetapi karena terjadi ketidak sengajaan antara pembuluh darah yang menempel pada saraf nomor 7. Saraf nomor 7 sendiri memang berfungsi untuk menggerakan otot – otot yang ada di area wajah, ketika pembuluh darah berdenyut maka secara otomatis merangsang saraf nomor 7 sehingga membuatnya kaku.
  • Tanpa tekanan: Penyebab otot wajah terasa kaku bisa karena adanya tenakan dan tanpa tekanan. Adanya tekanan seperti tumor ataupun kelainan saraf yang terjadi. Sedangkan tanpa tekanan disebabkan oleh penyakit stroke, TBC, atau mulitiskiokolis.
  • Stress: Setiap orang pastinya pernah mengalami stress. Stress yang berlebihan sangat tidak baik untuk tubuh karena bisa menyebabkan tegang, kaku, dan mendapat tekanan yang berlebih untuk dapat tetap mempertahankan kelenturannya. Jika seseorang mengalami stress yang terus – menerus maka otot akan berusaha untuk rileks, akhirnya ketika anda tidur barulah otot mengalami relaksasi yang pada akhirnya menyebabkan pergerakan otot dengan sendirinya.
  • Pengonsumsian obat – obatan tertentu: Pengonsumsian obat tentunya selain obat spasme otot, juga bisa menjadi salah satu penyebab otot wajah terasa kaku karena kandungan zat kimia yang ada di dalam obat – obatan cenderung mengiritasi jaringan otot.
  • Cedera benturan: Benturan yang cukup keras dapat melukai otot, saraf, maupun bagian tulang, maka tidak heran jika setelah terkena benturan yang cukup keras otot wajah terasa kaku.

Apakah Berbahaya?

Memang ada banyak sekali penyebab otot wajah terasa kaku. Dari berbagai hal yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai Spasme Hemafisial, mungkin anda masih bertanya – tanya apakah bahayanya Spasme Hemafisial itu. Jadi jika kedutan yang anda alami berlangsung hanya sesaat, bisa saja karena anda mengalami kelelahan atau stress. Namun jika berlangsung lama dan terus – menerus, tak kunjung mereda, atau bahkan otot anda mulai terasa lemas bisa saja menandakan suatu penyakit yang berbahaya.

Maka dari itu cobalah perhatikan jika kedutan dirasakan oleh otot yang sama di area wajah dan frekuensinya pun tidak berkurang meskipun waktunya sudah cukup lama, maka cara yang paling baik adalah berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Berkonsultasi pada dokter juga merupakan cara yang paling tepat untuk mengantisipasi sejak dini penyakit apa yang terjadi pada diri anda. Meskipun otot wajah terasa kaku bukan merupakan ciri-ciri kanker otot tetapi anda harus mewaspadainya karena bisa mengancam nyawa anda dan penyakit yang bisa saja muncul seperti muscular dystrophy,  amythophic lateral sclerosis (ALS), penyakit autoimun, neuropati, atau penyakit ginjal.


Bagaimana Cara Penanganannya?

Penanganan yang tepat akan membuat penderita lebih cepat pulih. Untuk penanganan otot wajah terasa kaku ini memang hampir sama dengan penanganan otot kaki bergerak sendiri. Hanya saja ada beberapa perbedaannya, untuk itu langsung saja kita simak bagaimanakah penanganan yang tepat.

  • Menyembuhkan penyakit yang ada. Jika anda sudah memeriksakan ke dokter, dan penyebabnya adalah karena tekanan maka sebaiknya terlebih dahulu harus melakukan penyembuhan pada penyakit yang ada.
  • Tindakan operasi: Untuk penyebab tanpa tekanan maka tindakan operasi harus dilakukan.
  • Menjaga kondisi psikologis: Meskipun penyakit telah disembuhkan, bukan berarti tidak akan kembali lagi. Bisa saja akan muncul lagi, untuk itu pasien harus dipantau secara berkala. Kondisi psikologis juga perlu dijaga untuk mencegah kembalinya penyakit.
  • Putih telur: Banyak yang sudah mengetahui bahwa khasiat putih telur untuk otot memang sangat bagus. Maka dari itu konsumsilah putih telur secara teratur.
  • Memberikan suntikan: Suntikan bisa diberikan untuk penderita Spasme Hemafisial tahap awal ataupun yang tidak diketahui apa penyebabnya.
  • Buah pisang: Selain putih telur, khasiat buah pisang untuk otot juga sangat baik untuk membantu pemulihan otot.

Demikian itu beberapa penjelasan mengenai otot wajah terasa kaku kami juga menjelaskan beberapa penyebab, bahaya serta penanganannya yang bisa anda ketahui.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 28th, January 2019 / 02:30 Oleh :