Sponsors Link

17 Penyebab Tulang Ngilu-Ngilu dan Sakit

Sponsors Link

Sistem gerak merupakan salah satu sistem yang harus dijaga agar tubuh manusia tetap bisa bergerak dengan leluasa dalam kehidupan sehari-hari. Bayangkan saja jika sistem gerak terganggu, maka tubuh akan kehilangan kemampuan bergeraknya sehingga akan muncul gejala penyakit lain karena tubuh tidak bisa berolahraga dengan baik.

ads

Salah satu permasalahan dari sistem gerak adalah jika muncul rasa sakit atau ngilu di organ gerak manusia. Mungkin seringkali kita merasakan rasa ngilu dan sakit di bagian tubuh, seperti tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya sehingga aktivitas sehari-hair terganggu. Bahkan mungkin rasa ngilu dan sakit tersebut terasa hingga menembus tulang. Lalu apa saja penyebab tulang ngilu dan sakit yang biasanya terjadi pada manusia? Berikut beberapa kemungkinan yang bisa terjadi:

1. Kanker

Rasa sakit atau ngilu pada tulang atau pada anggota gerak tubuh manusia bisa saja disebabkan oleh adanya kanker tulang. Kanker tulang ini bisa menyerang tulang bagian mana saja. Selain itu, ada juga jenis kanker yang bisa saja menyebabkan rasa sakit atau ngilu di bagian kaki, yaitu kanker prostat dan kanker ovarium (kanker leher rahim). Walau kedua kanker ini tidak menyerang tulang secara khusus, namun rasa ngilu yang muncul di kaki akan terasa seperti ada gangguan pada tulang kaki serta persendian di bagian panggul. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Tulang Belakang)

2. Diabetes

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa diabetes juga bisa menjadi penyebab dari rasa ngilu di organ gerak manusia. Bahkan, mereka yang menderita diabetes memang memiliki yang jauh lebih tinggi untuk merasakan ngilu pada bagian organ gerak, terutama kaki. Bahkan rasa ngilunya akan terasa hingga ke dalam dan terasa ada gangguan pada tulang. Hal ini disebabkan karena komplikasi diabetes akan mengganggu pembuluh darah sehingga ada ketidakstabilan sirkulasi darah. Hal inilah yang kemudian membuat rasa ngilu atau sakit di organ gerak hingga rasanya seperti penyakit tulang.

3. Peripheral Artery Disease (PAD)

PAD merupakan sebuah jenis penyakit yang biasa disebut juga dengan istilah medis arteri perifer. Pada kondisi ini penderita akan memiliki pembuluh darah besar yang mengalami penyumbatan. Penyebab dari penyumbatan itu sendiri bisa terjadi karena adanya proses inflamasi, emboli, trombus, atau aterosklerosis. Tulang akan terasa ngilu karena sirkulasi darah tidak lancar dan organ gerak menjadi kekurangan oksigen sehingga kadang ada juga rasa sakit pada tulang dan persendian.

4. Hamstring Injury

Hamstring injury merupakan keadaan dimana salah satu otot hamstrik pada manusia menjadi tegang atau tertarik secara tak sengaja. Otot hamstring ini posisinya ada di sepanjang belakang paha. Jika terjadi kondisi ini, maka penderita akan merasakan ngilu atau rasa sakit di area tersebut, sehingga penderita tidak bisa bergerak dengan leluasa. Walau kondisi ini lebih menyerang otot, namun tulang di sekitarnya juga akan terganggu. (Baca juga: Penyebab Tulang Belakang Sakit)

5. Kram Otot

Kram otot juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa ada rasa sakit atau ngilu pada tulang. Penyebab kram otot ini pun juga beragam, misalnya aktivitas olahraga yang kurang tepat. Kram otot juga bisa disebabkan karena elektrolit di dalam tubuh tak seimbang. Kram pada otot juga bisa dikarenakan dehidrasi di dalam tubuh. Bila tidak segera ditangani, lama-kelamaan otot dan tulang akan semakin terganggu sehingga muncul rasa ngilu yang sangat sakit.

6. Infeksi Radang Sendi


Penyebab tulang ngilu berikutnya bisa disebabkan oleh infeksi radang sendi. Hal ini disebabkan oleh cairan sinovial sendi dan jaringan sendi yang terkena infeksi secara bersamaan. Infeksi ini bisa terjadi dari aktivitas bakteri. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh jamur atau virus di dalam tubuh. Dalam kasus ini, jika sendi terus menerus terinfeksi, maka patogen bisa terus menyebar lewat peredaran darah dari jaringan yang sudah terinfeksi yang letaknya ada di dekat sendi. Hal inilah yang membuat rasa sakit pada tulang di sekitarnya menjadi kian parah. Maka, kondisi ini harus segera diobati. (Baca juga: Kelainan pada Tulang)

7. Deep Vein Thrombosis (DVT)

DVT dapat terjadi jika ada bekuan darah atau trombus di dalam vena yang membesar. Biasanya gangguan ini ada di kaki atau panggul. Dalam kasus ini, bekuan darah akan menekan pembuluh darah dan otot serta tulang di sekitarnya, hingga muncul rasa ngilu pada sebagian anggota gerak di dalam tubuh.

8. Obesitas

Tulang yang ngilu dan terasa sakit secara terus-menerus bisa juga disebabkan karea obesitas atau berat badan yang terlalu berlebihan. Dalam kasus ini, lemak di dalam tubuh yang berlebihan akan menekan otot dan tulang di dalam tubuh, sehingga kondisi gerak pada tubuh tidak akan senormal orang normal. Hal ini mungkin juga bisa menyebabkan rasa ngilu pada beberapa anggota tubuh.

Artikel lainnya:

9. Rheumatoid Arthritis

Inflamasi atau peradangan bisa menyebabkan rheumatoid arthitis (jenis arthritis yang paling sering terjadi). Pada kasus ini, membran sinovial akan terserang sebuah peradangan dan hal inilah yang akan memunculkan rasa nyeri pada sendi. Bahkan gejala lain yang bisa muncul adalah pembengkakan, kekakuan atau ketegangan gerak, dan gejala lainnya. (Baca juga: Macam Macam Penyakit Tulang)

10. Sprains atau Strain

Istilah umum dari strain atau sprains ini adalah cedera. Cedera ini biasanya dialami tepat di bagian otot (tendon) atau cedera terkilir pada bagian ligamen. Dua kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit pada tulang yang terkena cedera.

11. Osteoartritis

Penyebab seseorang menderita osteoartritis adalah hilangnya elastisitas tulang rawan, sehingga tubuh susah untuk bergerak dan menjadi kaku. Kerusakan ini bisa juga memicu ligamen dan tendon meregang, sehingga komposisi organ gerak tidak lagi stabil. Hal inilah yang menimbulkan rasa sakit pada tulang yang disertai ngilu. (Baca juga: Cara Mencegah Osteoporosis)

12. Herpes Zoster

Tulang yang ngilu dan sakit juga bisa disebabkan oleh Herpes Zoster. Penyakit ini memang menimbulkan gejala rasa sakit dan ngilu di hampir semua bagian tubuh, sehingga tubuh akan terasa tidak nyaman sepanjang hari.

13. Neuropati Perifer

Neuropati perifer merupakan salah satu masalah pada sistem saraf. Gangguan ini akan memicu rasa ngilu di organ gerak manusia, khususnya di bagian kaki. Penderita akan merasakan rasa sakit sehingga sulit untuk bergerak. Selain itu, ada juga gejala lain seperti otot lemah, adanya rasa kesemutan, mati rasa, menurunnya refleks tubuh, bahkan akan ada sensasi terbakar di beberapa bagian tubuh.

14. Patah Tulang

Penyebab yang paling mungkin terjadi jika tulang mengalami sakit atau ngilu adalah adanya retak atau patah tulang. Retak atau patah tulang ini bisa terjadi karena banyak faktor. Namun faktor yang paling mungkin terjadi adalah cedera, benturan, atau kecelakaan. Patah tulang bisa disembuhkan dengan cepat pada anak-anak yang sedang berada pada masa pertumbuhan. Namun pada orang dewasa, patah tulang mungkin akan lebih sulit disembuhkan. (Baca juga: Cara Mengobati Patah Tulang)

15. Perdarahan dalam

Selain patah tulang, cedera atau kecelakaan bisa juga menyebabkan adanya pendarahan dalam, yaitu kondisi dimana pembuluh darah pecah di dalam tubuh sehingga akan muncul gangguan gerak. Rasa sakit dan ngilu akan dirasakan pada daerah yang cedera. Jika tidak segera ditangani, maka darah akan membeku di dalam tubuh dan menekan tulang yang ada. Hal ini juga akan berbahaya, sehingga harus segera dilakukan penanganan dan pengobatan yang sesuai.

16. Shin Splits


Shin splits bisa terjadi jika ada rasa ngilu atau sakit di sepanjang tulang kering kaki pada manusia. Nama lain dari gangguan ini adalah medial tibial stress syndrome. Gejala yang paling umum terjadi pada penderita gangguan ini adalah munculnya pembengkakan ringan pada area kaki dan munculnya rasa ngilu di sekitar kaki yang terserang. (Baca juga: Makanan yang Mengandung Kalsium)

17. Asam Urat

Asam urat merupakan penyebab rasa ngilu pada tulang yang cukup banyak diderita orang-orang di Indonesia, khususnya orang dewasa. Asam urat yang berlebihan di dalam tubuh bisa menyerang bagian sendi manusia, sehingga tumpukan asam urat akan membuat tulang terasa ngilu dan sulit untuk bergerak. Bahkan beberapa kasus asam urat memang membatasi penderitanya untuk bergerak karena ada rasa sakit pada tulang, baik tangan maupun kaki. Hal ini tentu tidak akan nyaman dan menghambat kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, segera lakukan pencegahan dan pengobatan terhadap asam urat, terutama bagi seseorang yang memang menderita asam urat berlebih di dalam tubuh. (Baca juga: Penyakit Tulang Belakang)

Demikianlah beberapa penyebab tulang ngilu dan sakit yang bisa saja terjadi pada organ gerak manusia. Maka dari itu, selalu periksakan diri ke dokter jika rasa sakit atau ngilu pada tulang terjadi secara terus menerus, karena bisa jadi hal tersebut adalah satu gejala dari sebuah penyakit yang perlu segera ditangani. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Thursday 10th, August 2017 / 04:57 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang