Sponsors Link

8 Cara Memijat Tulang Ekor yang Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Tulang ekor merupakan salah satu tulang yang memiliki peranan penting di dalam tubuh. Meskipun ukurannya kecil, namun keberadaan tulang ini akan menentukan bentuk dan postur tubuh seseorang. Tulang ini juga akan berperan penting ketika seseorang akan duduk, membungkuk, ataupun berdiri. Oleh karena itu, permasalahan pada tulang ekor akan sangat mengganggu bagi seseorang karena akan membatasi aktivitas seseorang tersebut.

ads

Terkadang beberapa hal dapat membuat tulang ekor menjadi bermasalah, seperti tulang ekor sakit dan tulang ekor bergeser. Sebagai contoh, tulang ekor sakit disebabkan oleh cedera atau trauma pada tulang ekor yang dapat terjadi jika seseorang jatuh dengan posisi duduk yang menekan tulang ekor.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan tulang ekor yang sakit. Salah satunya adalah dengan memijat bagian tulang ekor yang sakit. Pemijatan merupakan pengobatan tulang ekor patah yang mudah dilakukan. Namun, pastikan bahwa cedera yang dialami tidak parah. Jika cedera atau trauma pada tulang ekor cukup parah, maka pemijatan akan dapat memperburuk cedera atau trauma yang dialami. Hal ini tidak akan menyembuhkan rasa sakit yang dialami pada tulang ekor. Sedangkan jika cedera atau trauma yang terjadi tidak berat, maka pemijatan dapat menghilangkan rasa sakit pada tulang ekor.

Langkah Memijat Tulang Ekor yang Benar

Salah satu masalah pada tulang ekor yang dapat disembuhkan dengan pijat adalah tulang ekor yang keseleo. Pemijatan atau pengurutan dapat menjadi langkah awal mengobati keseleo pada tulang ekor. Akibat keseleo yang tidak diurut atau dipijat dapat semakin parah karena tidak segera ditangani. Berikut ini beberapa cara memijat tulang ekor yang benar dan mudah untuk dilakukan.

  • Mengoleskan krim atau minyak pada tulang ekor

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah mengoleskan minyak atau krim pada bagian yang akan diurut. Minyak dan krim ini dapat membantu proses pemijatan menjadi lebih mudah. Selain itu, minyak atau krim dapat menambah efek penyembuhan pada tulang ekor yang sakit. Beberapa jenis minyak atau krim yang dapat dioleskan adalah minyak zaitun, minyak kelapa, atau krim yang mengandung ekstrak tanaman tersebut.

Oleskan minyak dan krim seperlunya saja ke bagian tulang ekor yang akan dipijat. Jika terlalu banyak akan membuat proses pemijatan menjadi sulit dilakukan karena kulit akan menjadi licin.

  • Atur Pernapasan Sepanjang Pemijatan

Memijat dan bernapas merupakan dua kegiatan yang sama pentingnya. Jadi orang yang dipijat harus menyelaraskan pola pernapasan sepanjang pemijatan yang dilakukan. Pernapasan terbaik yang dapat dilakukan adalah pernapasan perut yang dilakukan dengan menarik napas melalui hidung sambil melebarkan bagian diafragma. Setelah itu keluarkan melalui mulut. Sebelum dan sesudah dipijat sebaiknya menarik napas dengan dalam agar hasil pemijatan menjadi lebih baik. Tarik napas yang dalam sepuluh kali sebelum dipijat dan sepuluh kali setelah dipijat.

  • Gunakan Beberapa Teknik Pijatan

Cara mengobati tulang ekor sakit dengan menggunakan pemijatan dapat dilakukan dengan melakukan beberapa variasi teknik memijat. Beberapa teknik memijat yang dapat diterapkan dengan mudah adalah:

  1. Effleruage merupakan teknik pijatan halus yang dilakukan untuk melemaskan jaringan otot lunak yang terletak di sekitar tulang ekor. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan tangan yang meluncur perlahan di atas tulang ekor. Lakukan gerakan dari atas ke bawah dengan menyentuk bagian permukaan kulit tulang ekor. Teknik ini juga digunakan untuk membuat krim atau minyak yang digunakan menyebar merata.
    Sponsors Link

  2. Gesekan merupakan teknik pijatan yang dilakukan dengan menggunakan gerakan yang mendalam. Gerakan ini dilakukan dengan memberikan sedikit tekanan kepada tulang ekor. Tekanan ini ditujukan untuk membuat jaringan di sekitar tulang ekor saling bergesekan satu sama lain. Gesekan ini akan merangsang sirkulasi di sekitar tulang ekor menjadi semakin lancar.
  • Pusatkan Pijatan Pada Otot, Bukan Tulang Ekor

Ketika melakukan pemijatan, meskipun dilakukan di sekitar tulang ekor, jangan pernah menekan tulang ekor terlalu kencanga. Pusatkan pemijatan pada jaringan otot yang berada di sekitar tulang ekor. Jika pijatan yang dilakukan harus bersentuhan dengan tulang ekor, maka lakukan pijatan dengan menggunakan sentuhan yang lembut. Setelah itu beralihlah ke bagian yang lainnya. Pemijatan berfungsi untuk melemaskan jaringan otot yang berada di sekitar tulang, sehingga harus dipusatkan pada ototnya, bukan tulang ekornya.

  • Jangan Memberikan Tekanan yang Berlebihan
Sponsors Link

Cara memijat tulang ekor yang benar berikutnya adalah jangan menekan tulang ekor dengan berlebihan. Tulang ekor yang mengalami cedera mungkin akan bertambah parah ketika melakukan pemijatan dengan cara yang salah. Pemijatan yang salah dapat membuat tulang ekor memar menjadi semakin parah atau bahkan dapat membuat tulang ekor bengkok. Pijatlah bagian tulang ekor dengan menggunakan ujung-ujung jari. Berikanlah sentuhan yang lembut pada tulang ekor yang dipijit.

  • Lakukan Pemijatan Secara Perlahan

Orang yang melakukan pemijatan pada tulang ekor jangan sampai memberikan kesan terburu-buru. Lakukanlah pemijatan secara perlahan dengan memberikan sentuhan menyeluruh pada bagian tulang ekor. Pemijatan yang terburu-buru akan membuat otot yang dipijat kurang rileks. Pemijatan juga akan kurang efektif untuk menyembuhkan sakit pada tulang ekor.

Pijatan yang terburu-buru juga tidak akan membuat pemijatan dapat dilakukan secara menyeluruh dan mendalam. Dalam melakukan pemijatan, seorang pemijat harus melakukan gerakan yang meresap ke setiap bagian otot di sekitar tulang. Jangan menggunakan gerakan-gerakan yang cepat dan mengagetkan saat memijat tulang ekor.

Demikian itulah beberapa cara langkah yang benar yang bisa anda ketahui, untuk memijat pada tulang ekor anda agar mudah untuk di lakukan.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 16th, May 2018 / 03:21 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup