Sponsors Link

Penyempitan Diskus Intervertebralis: Gejala, Penyebab Dan Pengobatan

Sponsors Link

Masalah kesehatan adalah masalah yang penting untuk kita ketahui. Masalah kesehatan bisa terjadi pada siapapun dan kapanpun. Salah satu masalah kesehatan yang bisa terjadi pada siapa saja adalah terkait kesehatan tulang. Tulang menjadi alat penopang tubuh kita harus dijaga kesehatannya. Pola tidur akan menjadi salah satu faktor penyakit tulang. Tulang mengalami sakit saat anda bangun tidur harus diketahui penyebabnya.

ads

Anda harus sigap ketika terjadi ketidaknyamanan terhadap tulang anda. Tidak hanya tulang punggung sakit, namun juga tulang leher belakang sakit. Tulang leher terasa sakit ketika anda bangun tidur bisa disebabkan oleh beberapa hal. Hal lain yang bisa terjadi pada tulang adalah penyempitan tulang. Penyempitan tulang belakang ini biasa disebut dengan penyempitan Diskus Invertebralis. Penyempitan Diskus Invertebralis adalah penyakit atau kondisi dimana tulang anda mengalami penyempitan.

Penyempitan Diskus Invertebralis memiliki gejala yang harus anda waspadai. Gejala-gejala tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pinggang terasa nyeri

Pinggang bisa saja tiba-tiba terasa nyeri. Ketika anda mengalami hal demikian, anda harus tanggap dalam menentukan penanganan pertama pada pinggang nyeri. Usahakan anda tidak langsung mengkonsumsi obat nyeri ketika anda mengalami hal ini. Nyeri pada pinggang bisa terjadi akibat anda kelelahan terhadap aktifitas keseharian yang telah anda lakukan.

Nyeri pinggang bisa menyerang siapa saja, namun seringnya nyeri pinggang terjadi pada orang yang sering melakukan aktifitas berat. Penting untuk tidak menyepelekan nyeri pinggang. Meskipun hanya nyeri pinggang, akan terasa menyakitkan jika hal tersebut tidak segera sembuh. Aktifitas anda akan terhambat jika nyeri pinggang tidak kunjung sembuh.

  1. Pinggang terasa nyeri hingga kaki

Nyeri pinggang tidak dapat diprediksikan kapan datangnya. Ketika nyeri pinggang telah menjalar ke kaki, maka anda harus segera tanggap akan hal tersebut. Anda harus mencari tahu apa penyebab dari nyeri pinggang tersebut. Ketika anda mengalami nyeri pinggang yang berkelanjutan, anda harus memeriksakan nyeri pinggang anda ke dokter.

  1. Kaki tiba-tiba terasa lemah

Ketika anda banyak melakukan aktifitas, tubuh anda akan merasa lelah. Hal ini bisa mempengaruhi kaki anda. Kaki akan menjadi terasa lelah ketika anda sangat kelelahan namun tidak anda rasakan. Anda harus tanggap ketika kaki anda merasa tiba-tiba lelah. Anda harus beristirahat terlebih dahulu untuk memulihkan kondisi anda.

  1. Terjadi kesemutan pada kaki

Kesemutan pada kaki memang sering terjadi. Banyak hal yang bisa menjadi faktor pemicu kesemutan. Salah satunya adalah kelelahan atau kaget terhadap otot anda. Hal ini bisa terjadi kapan saja, biasanya ketika anda melakukan perjalanan jauh. Ketika kaki merasa kesemutan atau kram, anda bisa meluruskan kaki anda sejenak untuk meredakan rasa kesemutan tersebut.

  1. Ketika nyeri menyerang, sulit untuk dibuat berjalan

Ketika nyeri menyerang kaki, maka anda akan kesulitan untuk berjalan. Hal ini sama saja dengan anda mengalami kesemutan pada kaki. Ketika anda mengalami hal tersebut, anda akan merasa sulit atau bahkan sakit ketika berjalan.

  1. Terjadi gangguan kemih dan gangguan dalam menahan BAB
Sponsors Link

Gejala-gejala seperti ini bisa saja terjadi. Anda harus tanggap ketika anda mengalami gejala-gejala seperti ini. Menahan BAB adalah tindakan buruk yang harus anda hindari. Dengan terbiasanya anda menahan BAB, pencernaan anda akan terganggu, dan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan lainnya.

  1. Penurunan Berat badan

Diet memang menurunkan berat badan. Namun jika anda mengalami penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba dan anda tidak dalam masa diet, anda harus waspada terhadap hal tersebut. Anda harus memastikan penyebab penurunan berat badan anda. Apakah anda mengalami sakit, stress atau yang lainnya. Lebih tepatnya, anda bisa melakukan check-up ke dokter dan mempertanyakan mengapa berat badan bisa menurun secara tiba-tiba. Hal ini bertujuan untuk mencegah anda mengalami penyempitan diskus invertebralis.

8. Demam

ads

Faktor cuaca memang bisa mempengaruhi suhu badan. Namun, ketika anda mengalami suhu badan yang tinggi atau demam yang tiba-tiba dan dalam jangka waktu yang lama, anda harus memeriksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab demam tersebut. Hal ini bertujuan untuk mencegah anda mengalami penyempitan diskus invertebralis.

Penyebab Penyakit Diskus Invertebralis

Selain gejala, anda juga perlu memperhatikan penyebab yang bisa mempengaruhi atau menjadi faktor anda terserang penyempitan diskus invertebralis. Beberapa penyebab yang wajib anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Pernah mengala cedera

Cedera adalah salah satu hal yang bisa menjadi penyebab penyempitan diskus invertebralis. Khususnya adalah cedera terkait tulang. Hal ini dikarenakan, ketika mengalami cedera, maka terdapat kerusakan pada tulang anda. Ketika anda mengalami cedera, posisi tulang kemungkinan akan bergeser atau berubah karena cedera tersebut. Hal ini harus anda perhatikan bahwa ketika anda mengalami cedera, anda harus memeriksakan cedera anda dengan baik dan tepat. Hal ini agar tidak ada cedera serius untuk kedepannya.

  1. Faktor genetik

Faktor genetik memang faktor yang tidak bisa dihilangkan begitu saja. Faktor genetik adalah faktor berdasarkan keturunan. Untuk mengetahui apakah anda memiliki resiko mengalami penyempitan diskus invertebralis, anda dapat mengecek silsilah keluarga adan, apakah ada ada yang membawa genetik penyempitan diskus invetebralis atau tidak.

  1. Sakit Tumor

Tumor merupakan salah satu penyakit yang berbahaya jika itu adalah tumor ganas. Tumor ditandai dengan pertumbuhan daging di area yang kosong. Ketika anda menderita tumor baik ganas atau jinak, maka tumor bisa mengeser tulang anda. Hal itu bisa menyebabkan terjadinya penyempitan diskus invetebralis.

  1. Kelainan sejak lahir

Kelainan sejak lahir tidak dapat disalahkan. Namun, beberapa dari orang-orang yang terlahir di dunia ini memang dibekali dengan tulang belakang yang sempit. Sehingga hal tersebut bisa menjadi penyebab terjadinya penyempitan diskus invertebralis.

  1. Osteoartritis

Osteoartritis merupakan salah satu penyakit tulang. Penyakit ini bisa membuat tulang rawan semakin mengecil dalam jangka waktu yang lama. Sehingga hal ini bisa menyebabkan terjadinya penyempitan diskus invertebralis.

  1. Faktor Usia

Faktor usia memang tidak bisa dihindari lagi. Setiap orang pasti akan bertambah usianya seiring dengan berjalannya waktu. Ketika usia semakin bertambah tua, akan beresiko terjadi penyempitan diskus invertebralis karena semakin tua, tulang akan semakin rapuh jika tidak diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Sponsors Link

Pengobatan Diskus Invertebralis

Ketika anda sudah mengetahui gejala-gejala dan penyebab yang bisa menyebabkan terjadinya penyempitan diskus invertebralis. Anda harus mengetahui bagaimana cara mengobati penyempitan diskus invertebralis. Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati penyempitan diskus invertebralis:

Penyempitan diskus invertebralis bisa diketahui dengan cara melakukan berbagai pengujian seperti MRI dan sinar X atau juga CT Myelogram. Penyempitan diskus invertebralis bisa diobati dengan cara operasi (bedah) atau non-bedah. Namun untuk melakukan penentuan pengobatan penyempitan diskus invertebralis, anda harus melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan penyempitan diskus invertebralis tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang karena bisa memperburuk keadaan anda.

Untuk menjaga anda agar terhindar dari berbagai penyakit tulang. Anda harus mengkonsumsi buah-buahan yang bisa memperkuat tulang. Selain itu, anda harus mengkonsumsi vitamin untuk menjaga kesehatan tulang anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Wednesday 16th, May 2018 / 03:21 Oleh :