Sponsors Link

6 Ciri Ciri Tulang Ekor Patah yang Harus Dikenali Mulai Sekarang

Sponsors Link

Tulang ekor atau disebut dengan coccyx yakni suatu tulang kecil yang terletak pada bagian bawah tulang belakang. Tidak sedikit orang di keluhkan oleh kondisi tulang ekor yang sakit, biasanya itu karena cedera. Tulang ekor bisa saja mengalami cedera ketika terjatuh dan terhantam sangat keras menimpa semua area belakang punggung terkhusus pada tulang ekor itu sendiri.

ads

Jatuh bukan hanya kecelakaan pada kendaraan, namun tergelincir pada lantai yang keras bisa mengakibatkan cedera tulang ekor. Akibatnya, tulang ekor bisa saja mengalami kepatahan atau sampai dengan patah. Hal ini yang cukup di sayangkan ketika anda tidak berhati-hati dalam membawa diri. Kalau sudah seperti ini, tentu diri sendiri yang di rugikan. Mungkin pada tahap awal ketika seseorang terjatuh tidak begitu menunjukkan gejala yang di rasakan. Namun cepat atau lambat akan di temukan Ciri Ciri Tulang Ekor Patah yang bisa anda ketahui pada artikel ini.

Sebelum meninjau lebih jauh tentang tulang ekor serta tanda-tanda patahnya, kita semua perlu memahami lebih mengenai tulang kecil tersebut. Patah yang di alami seseorang pada tulang ekor akan menimbulkan rasa tidak mengenakkan bahkan sangat mengganggu sekali. Keadaan ini memerlukan adanya sinar-X sebagai penanganan pertama. Selain terjatuh, adapun faktor lain yang menyebabkan tulang ekor merasakan nyeri adalah sebagai berikut:

  • Masa Persalinan

Jangan salah, persalinan bisa menjadi penyebab mengapa tulang ekor anda nyeri. Seorang wanita yang tengah hamil tua, tulang-tulangnya kembali lentur dan lebih sensitif. Kelenturan pada tulang tersebut pada dasarnya memudahkan seorang wanita dalam melahirkan bayi. Oleh sebab itu juga tulang akan rentan mengalami cedera apabila tidak berhati-hati jika di bandingkan dengan tulang wanita yang belum hamil.

Sedangkan kaitannya dengan patahnya tulang ekor, ketika masa persalinan semua otot bekerja untuk mengeluarkan janin yang ada di dalam. Pada waktu mengejan, secara tidak sadar tulang ekor tertumpu berat badan ibu serta bayinya di tambah saat mengejan. Sehingga tulang ekor tertekan dan mudah mengalami memar, luka hingga nyeri. Oleh karena itu, ketika Anda merasakan nyeri tulang kemaluan saat hamil, segera ambil tindakan untuk mengatasinya agar tidak tersebar kemana-mana sehingga berdampak buruk terhadap janin.

  • Cedera

Nyeri pada tulang ekor akibat cedera yang di maksudkan disini adalah ketika seseorang terlalu frontal dalam kegiatan fisik seperti olahraga dan latihan lainnya. Terkadang tanpa di sadari semua latihan yang di lakukan dengan cukup keras memicu rasa nyeri pada tulang ekor. Misalnya adalah ketika seseorang tengah serius, fokus dan semangat main bulu tangkis, futsal, sepak bola, basket sehingga terlalu lelah dan merasakan nyeri pada tulang ekor.

Satu aktivitas lagi, ketika seseorang melakukan latihan sit up di atas lantai tanpa alas apapun, proses gerak memengaruhi tulang ekor yang makin lama bisa lecet. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena nyeri akibat patah tulang ekor karena cedera memang langka namun akan berangsur pulih dengan sendirinya. Oleh sebab itu pada kasus ini sinar-X tidak diperlukan lagi.

  • Repetitive Strain Injury

Repetitive Strain Injury disebut juga dengan tekanan atau gesekan yang berulang dan menyebabkan nyeri. Seperti yang sudah di sebutkan, salah satu misalnya adalah ketika seseorang melakukan latihan sit up di atas lantai kosong tanpa alas. Disitulah terjadinya gesekan berulang dan menekan pada tulang ekor. Makin lama seseorang berlatih maka semakin nyeri yang di rasakan pada tulang ekor.

Selain itu, aktifitas lainnya adalah seperti bersepeda atau olahraga air seperti mendayung. Mengapa? Karena kala itu posisi tubuh membungkuk dan meregangnya pangkal tulang belakang secara berulang-ulang.  Otomatis, lambat laun otot dan ligamen akan mengalami kerusakan cukup parah hingga tidak dapat lagi menahan tulang ekor tetap dalam posisinya. Inilah awal mula rasa nyeri di munculkan. Untuk itulah, Anda juga perlu mengetahui ciri ciri cedera ligamen lutut berikut sejak dini supaya bisa melakukan penanganan tepat sebelum keadaan parah.

Sponsors Link

  • Posisi Duduk

Posisi duduk sebenarnya menjadi pertimbangan agar seseorang bisa terhindar dari rasa nyeri tulang ekor. Ketika anda dalam posisi duduk yang salah, bukan tidak mungkin lagi seseorang bisa merasakan nyeri di tulang ekor. Misalnya adalah duduk di tempat kerja atau duduk saat mengemudi, hal ini karena memberikan tekanan berlebihan pada tulang ekor.

Disamping itu, duduk terlalu lama juga memberikan tekanan pada tulang ekor dan akibatnya merasakan nyeri saat digunakan untuk berdiri. Oleh karena itu pastikan duduk anda sudah benar-benar nyaman, tentukan antara tinggi tempat duduk dan meja komputer kerja anda. Ingin tau alasan dan penyebabnya? Simak ulasan selengkapnya pada tulang ekor sakit saat bangun dari duduk berikut.

  • Terlalu Gemuk

Obesitas atau kelebihan berat badan sudah bukan hal yang wajar lagi. Kondisi ini memudahkan seseorang tersebut mengalami beberapa kondisi atau penyakit. Salah satunya kerentanan beresiko terhadap osteoporosis dan masih banyak lagi. Sama seperti timbulnya rasa nyeri pada tulang ekor, akibat timbunan lemak atau tumpuan berat badan berlebih menekan tukang ekor. Akan tetapi bukan berarti tubuh yang kurus terhindar dari permasalahan ini. Mereka yang bertubuh kurus akan mengalami hal yang sama karena tidak terdapat cukup banyak daging, sehingga ketika duduk tulang ekor cepat bertemu dengan dimana posisi duduk anda.

ads
  • Sel Kanker

Nyeri pada tulang ekor lainnya di sebabkan oleh adanya sel kanker di dalam tulang ekor tersebut. Kanker tulang ekor merupakan salah satu jenis kanker dari sekian banyak penyakit kanker yang telah ada. Jenis kanker yang satu ini bisa di bilang sangat jarang di temui. Akan tetapi bukan berarti penyakit ini bisa diremehkan begitu saja dan tetap harus mengetahui berbagai macam gejala kanker tulang ekor yang membahayakan tubuh. Pertumbuhan kanker tulang ekor di sebabkan oleh sel yang abnormal pada bagian tulang ekor atau tulang bagian panggul.

Rasa nyeri yang ditimbulkan ini biasanya seringkali terabaikan atau di anggap remeh oleh sebagian orang atau penderitanya. Gejala yang di timbulkan yakni timbulnya sakit pinggang, kesemutan atau mati rasa, penurunan berat badan, mudah merasa lelah, adanya benjolan atau pembengkakan pada tulang ekor, inkontinensia usus dan kandung kemih, sering berkeringat, demam dan menggigil.

Sedangkan Ciri Ciri Tulang Ekor Patah ada beberapa hal yang perlu anda ketahui disamping memahami beberapa di atas. Berikut tanda bahwa tulang ekor mengalami kepatahan:

  1. Nyeri

Mengalami rasa nyeri khususnya pada bagian tulang ekor pada tulang belakang. Nyeri yang di rasakan cukup mengganggu aktifitas Anda, ketika hal ini terjadi tubuh butuh istirahat dengan membaringkan badan di atas tempat tidur. Atau anda bisa mengambil langkah lain seperti melakukan pijat tradisional untuk mengurangi keluhan yang di alami. Selain itu, Anda juga bisa melakukan terapi panas dimana teknik tersebut terbilang cukup ampuh dalam cara mengurangi nyeri patah tulang.

  1. Timbul Rasa Panas

Selain nyeri, tanda bahwa tulang ekor anda patah yakni merasakan kehangatan atau panas pada tulang ekor. Biasanya panas ini timbul ketika seseorang bangkit dari tempat duduk dan yang perlu di lakukan adalah berdiri beberapa saat dan setelah itu membaringkan di tempat tidur seperti halnya ketika nyeri melanda.

  1. Sakit

Sakit akibat tulang ekor Patah adalah ketika di sentuh. Bukan lagi nyeri atau panas, rasa sakit ini tentu lebih mengganggu dan makin terasa ketika di tekan dengan jemari. Sebaiknya jangan melakukan aktifitas berat terlebih dahulu terutama yang menyangkut tulang ekor. Namun, jika Tulang ekor sakit saat membungkuk, klik tautan tersebut untuk mengetahui berbagai macam bahaya yang akan ditimbulkan.

  1. Bengkak

Pembengkakan pada suatu gejala tulang sudah umum terjadi apabila telah terjadi patah. Hal ini akan di alami seseorang yang menderita tulang ekor Patah. Timbulnya bengkak mungkin lantaran masa awal tulang ekor Patah atau justru karena tidak di ketahui namun diikuti aktifitas berat. Sehingga semua itu tentu menjadikan kondisi memerah.

Sebaiknya langsung konsultasikan saja pada dokter yang lebih memahaminya dari pada anda selalu berangan-angan saja. Atau mungkin Anda juga bisa melakukan penanganannya sendiri dengan mengikuti cara mengobati tulang bengkak mulai dari tradisional hingga tenaga ahli berikut.

Sponsors Link

  1. Lecet

Patah yang terjadi pada tulang ekor di ikuti dengan tanda lecet pada bagian tersebut. Untuk gejala yang satu ini sangat mudah dikenali karena bisa dilihat secara kasat mata tanpa bantuan alat apapun.

  1. Memar

Timbul memar atau kemerahan pada bagian tulang ekor. Tulang ekor memar ini umumnya sakit selama 3 hingga 4 minggu. Anda bisa meletakkan bantal di atas kursi sebelum duduk untuk mengurangi tekanan dan kompres dengan air hangat.

Itulah 6 Ciri Ciri Tulang Ekor Patah yang bisa anda pahami. Jangan menganggap remeh kondisi ini, sebaiknya ambil langkah tepat untuk mengatasinya. Apa saja yang bisa di lakukan ketika tulang ekor mengalami Patah?

Berikut ini beberapa hal yang bisa mencegah maupun mengurangi adanya Patah tulang ekor.

  • Jangan duduk terlalu lama
  • Kurangi aktifitas berat terutama yang menitik beratkan pada tulang ekor
  • Jangan berlarian di permukaan licin untuk menghindari terjadinya jatuh
  • Gunakan alas duduk yang lebih lembut guna meminimalisir tekanan pada tulang ekor
  • Perbanyak makan sayur dan buah yang tinggi serat agar tidak terjadi sembelit

Wanita lebih rentan beresiko mengalami cedera tulang ekor hingga Patah. Hal itu karena wanita mempunyai tulang panggul yang cukup luas sehingga memiliki posisi tulang ekor yang rawan pada saat terjatuh.

Dengan melakukan pemeriksaan pada dokter, minimal ada titik terang yang anda temukan dari hasil pemeriksaannya tersebut. Terkadang dokter juga memberikan beberapa resep untuk di konsumsi.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 24th, May 2018 / 15:53 Oleh :