Sponsors Link

6 Gerakan Senam Untuk Sakit Tulang Ekor Paling Mudah dan Nyaman Dilakukan

Sponsors Link

Mengapa olahraga sangat penting di lakukan? Karena olahraga merupakan salah satu aktivitas yang membakar kalori, membangkitkan semua saraf dan otot untuk bergerak sehingga tidak lembek atau manja. Karena hal itu yang akan mudah lengah oleh penyakit. Namun perlu anda ketahui bahwa bukan saja olahraga fisik seperti lari, berenang atau lompat tali yang bisa di katakan menyehatkan sekaligus dapat meninggikan badan.

ads

Lain daripada itu senam juga tergolong jenis olahraga rilex tetapi sangat bermanfaat. Bukan saja berguna sebagai program pengecilan badan atau diet, akan tetapi senam sangat berkhasiat membantu meredakan macam macam penyakit tulang maupun jenis sakit lainnya. Lantas apa saja sakit yang di anjurkan untuk melakukan senam? Cukup banyak, tetapi salah satunya adalah sakit tulang ekor.

Senam untuk Sakit Tulang Ekor akan menjadi topik pembahasan kali ini. Dimana tulang ekor sendiri sangat penting sekali bagi tubuh, maka anda harus benar-benar memperhatikan kesehatannya betul. Beberapa orang kerap kali mengalami sakit pada bagian punggung atas, tengah, kanan, kiri, dan bawah (yang sering disebut dengan nyeri tulang ekor). Pada dasarnya nyeri tulang ekor dengan penyakit-penyakit nyeri lainnya yang ada di punggung memiliki kesamaan.

Pasalnya, seluruh sakit yang dirasakan semua berasal dari tulang yang tak kuat menahan bobot tubuh secara menyeluruh. Penyakit nyeri tulang ekor ini bisa menyerang siapa saja, baik tua maupun muda. Yang paling sering mengalami tulang ekor sakit adalah orang dewasa yang usianya sudah menginjak kepala empat ke atas.

Sakit punggung sendiri atau penyakit tulang ekor sering di sebabkan oleh beberapa hal. Seperti asupan nutrisi yang kurang sehat, faktor usia, tubuh yang terlalu kelelahan, salah posisi duduk, terlalu lama duduk juga dapat menyebabkan sakit tulang ekor, pernah mengalami cidera, dan rasa trauma karena jatuh  hingga menyebabkan cidera.

Senam Untuk Sakit Tulang Ekor, akibat dari nyeri punggung atau tulang ekor yang diremehkan dan tidak mendapat penanganan khusus mampu membuat penderita mengalami rasa sakit yang luar biasa. Nyeri tulang belakang atau tulang ekor yang lebih dari 6 minggu sudah dikategorikan sebagai penyakit kronis. Untuk rasa nyeri yang terjadi di punggung ini juga bisa Anda rasakan setelah melakukan operasi, berikut penyebab nyeri punggung setelah operasi caesar yang perlu diketahui pula supaya lebih paham masalah kesehatan tulang.

Penyebab penyakit kronis tersebut adalah penanganan yang salah yakni dengan mengkombinasikan obat pereda sakit, terapi manual seperti akupuntur, dan latihan kelas fisik. Untuk menyembuhkan nyeri tulang ekor cukup mudah. Berikut ini Senam Untuk Sakit Tulang Ekor :

  1. Melakukan Senam Jongkok

Anda yang mengalami penyakit tulang belakang atau tulang ekor harus bisa memahami bahwa daerah bokong merupakan sendi yang paling aktif bergerak setelah persendian dibagian bahu. Jika tubuh diumpamakan sebagai daun pintu, maka persendian yang ada di bokong adalah engselnya.

Pergerakan yang sering dilakukan sehari-harinya cenderung monoton, misalnya berdiri, berlari, dan berjalan. Sangat jarang sekali orang-orang melakukan berjongkok atau senam jongkok. Seperti diketahui, dengan berjongkok di atas kedua pergelangan kaki mampu menyeimbangkan gerakan dan membuat otot mengalami reaksi. Namun, ketika Anda mengalami pergelangan kaki terkilir maupun sakit pergelangan kaki seperti ketarik, segera hentikan gerakan ini sebab akan menimbulkan kejadian yang cukup berbahaya.

  1. Senam Punggung

Senam Untuk Sakit Tulang Ekor yang satu ini sangat bagus. Melakukan senam punggung setiap hari dapat memperkuat tulang belakang. Untuk mendapat hasil yang memuaskan, lakukan senam punggung setiap pagi hari. Sebagai referensi, Anda dapat mengikuti olahraga untuk meluruskan tulang belakang berikut.

Sponsors Link

  1. Peregangan Hamstring

Melakukan senam yang satu ini cukup mudah, dengan cara berbaring dan terlentang di lantai atau anda yang memiliki matras bisa menggunakan matras. Posisi kaki tetap dalam keadaan sejajar dengan tubuh. Kemudian angkat bagian hamstring atau paha belakang secara perlahan dengan kedua tangan selama kurang lebih 30 detik. Untuk gerakan ini sendiri juga sangat baik sebagai latihan untuk cedera lutut.

  1. Senam Lutut

Senam untuk Sakit Tulang Ekor ini langkah-langkahnya cukup mudah. Pertama anda harus dalam keadaan berbaring selanjutnya angkat lutut ke dada. Caranya salah satu lutut ditekuk, kemudian di tarik atau peganglah area lutut yang ditekuk tersebut untuk di tarik ke depan menuju dada.

  1. Senam Miring

Caranya, berbaringlah di atas lantai atau matras. Selanjutnya bagian kaki dan lutut di angkat kemudian di letakkan ke atas bagian kaki lainnya. Sehingga membuat posisi tubuh menjadi miring. Namun posisi tangan yang lurus dengan kaki yang telah diangkat tetap dalam posisi terlentang.

  1. Senam Silang Kaki

Senam Untuk Sakit Tulang Ekor, masih dalam posisi yang terlentang angkatlah kedua kaki menggunakan tangan secara perlahan, kemudian silangkan kedua kaki. Yang mana salah satu kakinya diletakkan di atas kaki yang lainnya.

Inilah rangkaian daftar Senam untuk Sakit Tulang Ekor yang harus anda ketahui. Jagalah tubuh anda dari berbagai penyakit atau kondisi menurun lainnya, mengatur pola hidup serta mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan yang baik untuk sakit tulang ekor berikut bisa menjadi kunci utamanya. Demikian yang bisa di sampaikan, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Wednesday 03rd, October 2018 / 23:27 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup