Sponsors Link

Tulang Ekor Sakit Saat Bangun Dari Duduk, Kenapa? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Tulang ekor merupakan tulang yang sangat rawan dalam menghadapi benturan. Tulang ekor juga memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Jika tulang ekor mengalami suatu masalah, bisa-bisa menjalar terhadap beberapa organ tubuh lainnya. Jika tulang ekor patah bisa menyambung pada syaraf otak. Karena memang letaknya yang berurutan dari tulang tengkorak kemudian tulang belakang dan berakhir di tulang ekor. Itulah mengapa bahaya sakit tulang ekor bisa mempengaruhi terhadap syaraf yang ada di otak.

ads

Tulang ekor sangat sensitif dengan sebuah benturan atau gesekan dalam jangka waktu yang cukup lama. Tulang ekor memar akibat sebuah benturan yang kuat bisa memberikan efek yang berkelanjutan terhadap aktivitas manusia. Bahkan sakit tulang ekor hingga demam juga bisa terjadi. Tulang ekor yang sakit bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Seperti tulang ekor sakit saat duduk lama, atau tulang ekor sakit saat berbaring dan lain sebagainya. Kegiatan duduk, berdiri, berbaring serta menunduk merupakan kelompok kegiatan kecil dalam kehidupan akan tetapi intensitas pelaksanaannya cukup sering dilakukan.

Jika tulang ekor sakit biasanya akan memberikan kesulitan untuk melakukan kegiatan yang dianggap sepele seperti tadi, akan tetapi kegiatan sepele tersebut sangat sering untuk dilakukan. Salah satu pembahasan didalam artikel ini mengenai tulang ekor sakit saat saat bangun dari duduk. Menunduk merupakan gerakan yang tidak sampai 5 detik pelaksanaannya dalam kehidupan. Contohnya ketika anda menjatuhkan sesuatu, anda harus saat bangun dari duduk untuk bisa mengambilnya. Jika tulang ekor anda sakit saat bangun dari duduk , bisa saja anda tidak dapat mengambil barang yang anda jatuhkan tadi dalam waktu 10 detik.

Apa penyebab tulang ekor sakit saat bangun dari duduk ?

Penyebab tulang ekor sakit saat bangun dari duduk tidak terlalu jauh berbeda dengan penyebab tulang ekor sakit saat duduk lama. Yakni kebiasaan duduk lama, terkena benturan keras atau bahkan gesekan yang terjadi pada tulang ekor dalam waktu yang lama dapat menjadi penyebab tulang ekor sakit saat bangun dari duduk . Selain itu, stress serta posisi duduk juga dapat menyebabkan tulang ekor sakit saat bangun dari duduk . Obesitas serta infeksi juga merupakan penyebab tulang ekor sakit.

Akan tetapi, terdapat perbedaan antara tulang ekor sakit saat bangun dari duduk dengan duduk lama ataupun saat berbaring. Tulang ekor yang sakit saat bangun dari duduk bisa saja merupakan hasil dari beberapa faktor yang telah disebutkan, akan tetapi perlu diketahui juga bahwa hal itu disebabkan oleh :

  • Posisi tubuh yang salah saat tidur, berdiri ataupun duduk

Sikap posisi tubuh yang salah baik saat tidur, berdiri maupun duduk bisa menyebabkan tulang ekor sakit saat bangun dari duduk . Jika hal ini terjadi pada anda, anda bisa segera mengobati tulang ekor anda dengan melakukan kompres atau bisa juga dengan memperbaiki posisi duduk maupun berdiri anda. Sehingga tulang ekor sakit saat bangun dari duduk bisa mendapatkan penanganan dengan segera. Jika sakit yang anda rasakan bertambah sering, segera lakukan pemeriksaan.

  • Saraf terjepit

Merupakan adanya tonjolan inti dari diskus yang menjadi bantalan tulang. Yang mana tonjolan tersebut menekan syaraf yang mengakibatkan rasa nyeri, kesemutan serta kelemahan pada anggota gerak. Kejadian seperti itu biasa disebut dengan saraf terjepit. Untuk bisa menyembuhkannya, anda bisa melakukan terapi konservatif yang merupakan salah satu cara menyembuhkan saraf kejepit ditulang ekor.

  • Nyeri otot

Mengangkat beban terlalu berat dalam waktu yang lumayan lama dapat menyebabkan tulang ekor sakit saat bangun dari duduk. Untuk menghindari atau mengatasi tulang ekor sakit saat bangun dari duduk anda dapat melakukan beberapa gerakan peregangan yang bisa anda lakukan di sela-sela kegiatan sehari-hari.

  • Cidera otot
Sponsors Link

Cidera otot juga bisa menjadi penyebab tulang ekor sakit saat bangun dari duduk Cidera otot bisa saja terjadi karena benturan yang sangat keras di bagian tulang ekor. Benturan yang sengaja ataupun tidak jika mengenai otot yang berada di sekitar tulang ekor dapat menyebabkan tulang ekor sakit saat bangun dari duduk .

Beberapa poin tersebut bisa saja menjadi penyebab tulang ekor anda sakit saat melakukan gerakan saat bangun dari duduk. Dan cara mengobati tulang ekor sakit bisa anda lakukan dengan bantuan medis ataupun secara tradisional. Untuk mengetahui penyebab yang tepat mengenai tulang ekor yang sakit, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan dengan bantuan medis. Dengan begitu, setelah anda mengetahui penyebab pasti dari tulang ekor yang sakit, anda dapat mengambil langkah selanjutnya. Jika tidak terlalu parah anda bisa mengkompres tulang ekor yang sakit dengan air hangat atau dingin, mengubah posisi duduk atau tidur, serta menggunakan alat bantuan bantal pada saat mau duduk.

Pemijatan bisa dilakukan sebagai salah satu cara mengobati tulang ekor sakit, akan tetapi cara ini tidak terlalu disarankan oleh ahli medis. Jika anda ingin menyembuhkannya tanpa medis, anda dapat melakukan fisioterapi di rumah sakit. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang baik untuk sakit tulang ekor juga dibutuhkan sebagai asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang.

Sebelum tulang ekor sakit saat bangun dari duduk, duduk, maupun berdiri ada baiknya agar selalu menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya tulang melainkan anggota tubuh yang lain harus dijaga agar tidak mengalami sakit yang tidak diinginkan. Hal ini merupakan salah satu cara bersyukur kepada Tuhan karena telah memberikan kesempurnaan dalam setiap penciptaannya. Semoga pembaca semua selalu berada dalam lindungan Tuhan dan diberi kesehatan selalu. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Thursday 19th, April 2018 / 05:42 Oleh :