Sponsors Link

10 Penyebab Cedera ACL yang Perlu Anda Waspadai

Sponsors Link

Penyebab Cedera ACL ada banyak sekali yang perlu anda pahami. Lalu definisi ACL itu sendiri apa?

ads

Anterior Cruciate Ligaments adalah suatu kondisi peregangan yang cukup berlebih pada ligamen hingga bahkan robek. Umumnya hal ini terjadi dan menyerang pada bagian lutut. Hal ini wajar saja dikarenakan ligamen itu sendiri adalah Anterior Cruciate Ligaments yang letaknya ada di bagian tengah lutut. Cara kerja ACL pada kondisi ini untuk mencegah tulang kering menuju depan tulang paha. Robeknya ligamen terjadi tidak tentu, bisa parsial atau lengkap tergantung pada tingkat keparahannya.

Jika bicara seberapa umum cedera ACL, kondisi ini memang tidak serawan penyakit pada umumnya. Pada dasarnya cedera ACL adalah suatu kondisi yang di timbulkan, bukan terjadi secara tiba-tiba. Biasanya yang banyak terserang kondisi ini adalah para atlet. Mereka mempunyai risiko lebih banyak karena sering melakukan aktifitas fisik seperti olahraga berat seperti pebasket yang aktif bermain, pemain sepak bola, dan masih banyak lagi.

Pada kasus yang sederhana, cedera ACL terjadi secara tiba-tiba ketika sedang lari mendadak berhenti yang kemudian berputar arah hingga menyebabkan lutut terpuntir. Ketika Anda mengalami kejadian ini, maka segera melakukan terapi cedera ligamen lutut untuk mengobatinya sehingga tidak semakin menjadikan keadaan semakin parah.

Sebelum membahas lebih banyak Penyebab Cedera ACL, sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu berbagai macam gejalanya berikut ini:

  • Saat akan mengalami cedera akan terdengar suara keras
  • Timbulnya rasa sakit yang terasa cukup parah sampai tidak bisa melanjutkan kegiatan atau aktifitas seperti yang biasa di lakukan
  • Terjadi pembengkakan beberapa jam berikutnya
  • Akan kehilangan rentang gerak
  • Kondisi tidak stabil dengan bantalan berat
  • Pada lutut terjadi pembengkakan usai beberapa jam pertama setelah terjadinya cedera

Cedera ACL di sebabkan oleh beberapa hal yang harus segera mendapatkan penanganan langsung dari dokter. Dibawah ini adalah Penyebab Cedera ACL yang perlu di ketahui mulai dari sekarang.

  1. Terjadinya Benturan

ACL dapat timbul kapan saja bilamana anda telah mengalami benturan keras. Khususnya, anda mengalami benturan itu pada bagian lutut dan sekitarnya. Misalnya adalah terjadinya tackle pada saat anda sedang di tengah asyiknya bermain sepak bola. Cedera ini bisa terjadi pada saat anda telah berhenti bergerak terlalu cepat dan berubah arah pada saat berlari. Namun ada kalanya terjadi kesalahan teknis sehingga yang mengalami benturan pada tulang kering dimana kejadian itu cukup membahayakan, oleh karena itu segera lakukan penanganan intensif terhadap tulang kering terbentur ini supaya tidak timbul penyakit lain yang mungkin akan lebih susah diobati.

  1. Terjadinya Perenggangan

Pada sendi lutut terjadi perenggangan juga bisa memicu cedera ACL. Mungkin seseorang pernah terjatuh dari tangga, atau sebagainya.

  1. Robeknya Ligamen

Cedera ACL sering kali terjadi beserta cedera lain. Salah satu contohnya, robeknya ACL terjadi bersama dengan robeknya bagian lain dari ligamen lutut. Jika Anda masih belum tau bagaimana gejala robeknya ACL ini, silahkan ketahui ilmunya pada 7 gejala ligamen robek berikut ini

Sponsors Link

  1. Indeks Massa Tubuh yang Cukup Tinggi

Penyebab Cedera ACL berikutnya yakni tingkat Indeks Massa Tubuh yang tinggi. Indeks Massa Tubuh (IMT) ini adalah cara mengukur standar umum tinggi atau berat badan seseorang. Biasanya, paling mudah jika seseorang mengukur berat ideal yakni tinggi badan – kurangi 110 cm = hasil berat badan anda, apakah ideal atau tidak.

  1. Mekanikal Pendaratan Langsung

Teknik mendarat secara langsung seperti yang sering di lakukan oleh para olahragawan seperti terjun bebas dari ketinggian yang cukup dan ayal di lakukan orang yang tidak profesional.

ads
  1. Faktor Gen

Jenis kelamin memengaruhi terjadinya cedera ACL. Kondisi ini sering mengarah para pria di bandingkan wanita. Hal ini karena pria lebih sering melakukan olahraga berat, sehingga lebih berpotensi terjadi cedera ACL. Memang untuk faktor yang satu ini sudah tidak bisa dielakkan, banyak sekali penyakit yang telah disebabkan oleh faktor genetik ini, diantaranya yakni seperti pembengkakan tulang belakang, penyebab tumor tulang, penyebab achondroplsia, dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Kondisi Notch Ligamen

Lebar notch ligamen yang cukup lemah menjadi penyebab terjadinya cedera ACL. Jika bagian ini telah bergeser, maka segera atasi dengan 4 cara mengembalikan tulang lutut bergeser paling mudah dan ampuh ini.

  1. Sendi Lutut Terkilir

Sendi lutut tertekuk dan mengarah ke belakang atau ke samping, atau ketika sendi lutut terpelintir menjadi penyebab yang sering terjadi.

Penyebab kecil lainnya yakni sebagai berikut:

  • Meloncati pembatas jalan
  • Terperesok ke dalam lubang, mungkin saat tidak melihat atau kurang fokus
  • Terpeleset ketika hendak menaiki atau menuruni sebuah tangga
  1. Massa Otot yang Berkurang

Massa otot berkurang akibat penuaan, dan bisa karena kurang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Semakin tua usia seseorang maka semakin mudah beresiko kondisi cedera ACL atau seseorang yang cukup malas melakukan aktifitas fisik atau olahraga, kejadian ini akan menyerang dengan mudah. Itulah alasan mengapa olahraga sangat penting dalam kondisi apapun.

  1. Otot yang Tidak Seimbang

Mempunyai ukuran otot yang tidak seimbang seperti otot paha depan lebih besar dibanding otot paha belakang. Oleh karena itu, rajinlah melakukan olahraga supaya kondisi badan sehat dan bugar. Sebagai alternative dengan manfaat ganda, Anda bisa juga mengikuti gerakan olahraga meninggikan badan ini.

Inilah penyebab cedera ACL yang perlu di waspadai dan sebaiknya dihindari mulai dari sekarang supaya kejadian ini tidak sampai menimpa Anda. Lakukan hidup sehat dan olahraga untuk menunjang kebugaran jasmani anda.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 16th, May 2018 / 14:52 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang