Sponsors Link

Tulang Ekor Sakit Saat Hamil 9 Bulan: Penyebab, Bahaya dan Penanganannya

Sponsors Link

Kehamilan menjadi momen dambaan setiap wanita sebagai calon ibu. Tentunya waktu seperti ini adalah yang mereka tunggu untuk menunggu sang buah hati. Namun seringkali kehamilan membawa beberapa efek berbeda setiap orang. Kondisi seperti capek, letih, lesu mungkin sudah biasa dan umum di lalui pada masa kehamilan, morning sickness dan masih banyak lagi. Namun ada beberapa hal yang di keluhkan para ibu jelang hamil tua seperti sakitnya tulang ekor.

ads

Tulang Ekor Sakit Saat Hamil 9 Bulan akan menjadi topik pembahasan kali ini. Mungkin banyak dari anda masih bertanya-tanya bagaimana bisa hal itu terjadi, apa penyebabnya serta bagaimana cara penanganannya yang paling tepat. Semua itu akan di bahas pada artikel ini secara singkat dan tentunya jelas.

Tentang tulang ekor sendiri yakni sebuah tulang yang letak posisinya berada pada bagian bawah ruas tulang belakang. Tulang ini mempunyai fungsi untuk menyangga tulang-tulang yang berada disekitar panggul. Selain itu tulang ekor manusia juga menjadi titik pertemuan dari beberapa otot kecil dalam tubuh. Meski terbentuk kecil dan terkesan seolah tak berguna tetapi tulang ekor ini sangatlah penting dan jangan sampai terabaikan.

Pentingnya tulang ekor ini mempermudah anda melakukan aktifitas seperti duduk. Tanpanya tentu saja tidak bisa merasakan kenyamanan saat duduk. Meski begitu, Anda juga harus berhati-hati dengan berbagai macam masalah yang menimpa bagian tersebut, jangan sampai terjadi tulang ekor bergeser ataupun tulang ekor bengkok.

Tentang hamil sendiri, Tulang Ekor Sakit Saat Hamil 9 Bulan menjadi masalah yang umum di keluhkan. Pada saat hamil tubuh tentu saja banyak mengalami perubahan hormon. Salah satunya adalah hormon relaksin yang berfungsi guna melenturkan atau melemaskan ligamen (jaringan antara sendi) untuk memudahkan proses melahirkan nantinya. Hormon ini juga bisa menyebabkan tulang panggul atau pelvis pada ibu saat hamil menjadi rileks dan meregang. Akibatnya, tulang ekor juga bergerak sehingga terasa nyeri dan menimbulkan rasa sakit. So, apakah hal ini bahaya?

Jika bicara tentang bahaya atau tidaknya, seperti yang sudah di sampaikan sekilas bahwa kondisi ini ada penyebab yang jelas akibat dari perubahan hormon. Jadi bisa di katakan umum terjadi dan tidak bahaya, namun tetap saja anda harus bisa menjaganya dengan baik. Untuk perubahan hormon ini bisa juga bisa menjadi tanda penyakit lainnya, seperti gejala osteoporosis, ciri-ciri penyakit akromegali, ciri-ciri pengapuran tulang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk penyakit ini tidak bahaya memang, namun bukan berarti anda bisa menyepelekan hal ini, tetapi tetap menjaga agar kondisi tidak parah dan melakukan perawatan untuk mengurangi rasa sakitnya. Kondisi seperti ini akan sembuh setelah melahirkan. Tetapi tetap saja hal itu membuat ibu tidak nyaman.

Setelah memahami bahwa penyebab dari Tulang Ekor Sakit Saat Hamil 9 Bulan lantaran perubahan hormon, dan termasuk keadaan umum yang tidak sangat membahayakan, berikut ini adalah perawatan atau termasuk pengobatan yang bisa di lakukan:

Obat memang bisa meredakan rasa nyeri, namun pada saat hamil seorang ibu di larang mengkonsumsi obat terlebih dahulu tanpa resep dan anjuran dokter. Kendati demikian ada beberapa olahraga yang bisa menjadi terapi dan solusi aman serta mudah untuk di lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Pose Cat – Cow

Jenis olahraga yang pertama ini adalah pose cat – cow, yakni sebuah pose peregangan yang bertujuan untuk memberikan kekuatan pada pinggang belakang serta panggul. Terlebih lagi cara ini juga mampu meningkatkan mobilitas tulang belakang dan membuang tekanan pada tulang ekor saat hamil. Namun Anda juga perlu ingat, jangan terlalu memaksa untuk melakukan olahraga tersebut seperti melakukan gerakan olahraga meninggikan badan ini, sebab kondisi tubuh Anda harus benar-benar dijaga ketika dalam keadaan hamil tua.

  • Pose Standing Cat – Cow

Sebenarnya pose ini masih mirip dengan pose di atas, hanya saja dilakukan dengan berdiri. Peregangan ini dilakukan dengan cara menggerakkan tulang belakang secara berbeda dan lebih mudah bergerak dalam meregangkan tulang tersebut.

  • Pose Downward – Facing Dog

Sebutan untuk olahraga yang satu ini memang lebih sulit dan panjang, yakni pose downward – facing dog yang menjadi trik peregangan dalam membantu meregangkan serta menguatkan pinggang belakang, bagian belakang kaki dan juga untuk memanjangkan tulang belakang.

Sponsors Link

  • Pose Bridge

Tujuan dari pose ini adalah untuk meregangkan panggul dan menguatkan pinggang belakang, perut dan bokong. Sehingga cara ini bisa meredakan nyeri panggul dan pinggang belakang. Untuk mendukung cara yang satu ini, Anda dapat mengkonsumsi zat gizi menguatkan tulang punggung yang aman berikut.

  • Pose child

Pose child ini sangat baik dilakukan untuk peregangan punggung dan juga peregangan panggul. Sehingga dapat meredakan nyeri atau sakit yang terjadi di setiap bagian dari tulang belakang termasuknya pinggang belakang dan panggul. Ketika sudah sembuh, sebaiknya Anda hindari sebaik mungkin penyebab tulang belakang sakit dan nyeri yang paling umum berikut.

Sedangkan cara lain untuk mengatasi tulang ekor yang sakit pada saat hamil 9 bulan adalah mengusahakan duduk bersandar, menggunakan bantal donat saat duduk. Demikianlah penyebab, bahaya dan pengobatan dari Tulang Ekor Sakit Saat Hamil 9 Bulan yang bisa Anda terapkan sendiri untuk menjaga kesehatan Anda maupun anak yang berada di dalam kandungan.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Monday 13th, August 2018 / 23:23 Oleh :