Sponsors Link

Benjolan di Bawah Tulang Ekor? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Ada beberapa orang meresahkan benjolan di bawah Tulang Ekor. Mengalami kondisi seperti ini tentu saja seseorang merasa tidak nyaman dalam melakukan aktifitas, terutama duduk. Selain merasa tidak nyaman, penderita juga makin merasa resah dengan munculnya benjolan di bawah Tulang Ekor. Lalu apa itu?

ads

Benjolan di bawah Tulang Ekor yakni terjadi pada bagian belakang tubuh atau tepatnya berada di bagian ekor, dekat dengan pantat. Kondisi ini tidak bisa di abaikan begitu saja karena dapat menimbulkan rasa sakit. Apalagi tulang ekor adalah salah satu dari organ pada bagian tubuh yang berada pada ujung bawah tulang belakang yang mana harus di lindungi secara baik supaya tidak sampai terjadi sakit tulang belakang bawah yang membahayakan bagi tubuh.

Adanya benjolan pada tulang ekor seringkali terkait dengan terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening dimana hal tersebut terjadi apabila tubuh mengalami infeksi tulang belakang yang diakibatkan oleh mikro organisme. Munculnya kelenjar bening akan memicu sistem imun guna mempertahankan diri dari serangan tersebut yang kemudian memicu terjadinya peradangan yang berujung pada terbentuknya benjolan.

Selain diakibatkan oleh pembengkakan kelanjar, terdapat penyebab-penyebab lain yang dapat mengakibatkan Benjolan Di Bawah Tulang Ekor, diantaranya yaitu:

  • Bisul

Penyakit jenis ini cukup sering ditemui disekitar kita dimana penyebab sakit ini disebabkan infeksi pada kulit, dimana gejalanya adalah terdapat warna merah pada kulit yang mana lama kelamaan akan membesar dan kalau terus dibiarkan, maka bisa saja mengalami penyakit osteomielitis. Jika membesar, maka pada bisul tersebut akan muncul nanah di bagian tengah benjolan tersebut yang tentunya akan disertai dengan rasa nyeri. Namun, jika Anda mengalami rasa nyeri pada tulang kaki, alangkah baiknya Anda segera mengkonsumsi Obat nyeri tulang kaki alami paling ampuh dan cepat dalam proses penyembuhannya.

  • Abses

Abses adalah bentuk respon sistem kekebalan tubuh yang diakibatkan bentuk perlawanan serta pertahanan diri akan serangan dari mikro organisme asing yaitu dengan meningkatkan produksi sel darah putih. Ketika produksi sel darah putih meningkat, maka akan terdapat gumpalan nanah di bagian pantat yang dapat mengakibatkan munculnya benjolan yang disebut Abses. Biasanya, Abses ini juga bisa mengakibatkan kerusakan sumsum tulang belakang yang dapat berdampak buruk terhadap tubuh jika tidak segera ditangani dengan cara yang tepat.

  • Prolaps Rektum

Merupakan kondisi dimana dinding rektum mengalami prolaps yang kemudian menonjol dan keluar dari anus serta dapat terlihat di luar tubuh. Kondisi ini terjadi begitu saja tanpa terlihat adanya gejala apapun, namun juga tergantung dari jenis prolaps tersebut yang mana memungkinkan terjadinya lendir yang keluar dari anus, pendaharan rektum, inkontinensi tinja pada tingkat tertentu serta terhambatnya gejala buang air besar. Jika seseorang dewasa yang mengalami kondisi ini, kemungkinan terjadinya permanen cukup besar bahkan akan dapat semakin memburuk.

  • Kista

Kista merupakan semacam kantung yang di dalamnya terdapat cairan, serta gas maupun setengah padat yang ada dalam tubuh. Umumnya bentuk struktur dari kista adalah tidak normal dimana pada lapisan paling luar memiliki bentuk yang seakan mirip kapsul. Hal inilah yang menjadi pemicu benjolan pada bagian bawah tulang ekor. Tidak hanya itu saja, Kista diketahui juga menjadi salah satu penyebab tulang pergelangan tangan menonjol dan juga tulang tumbuh di lutut.

Sponsors Link

Kista yang sering ditemui adalah kista pilonidal yang letaknya pada ujung tulang ekor bagian bawah. Kista jenis ini memiliki bentuk seperti benjolan jerawat yang disebabkan oleh penumpukan dari hasil sisa kulit yang telah mati. Jika kista ini mengalami infeksi maka akan dapat menjadi nanah.

  • Wasir

Wasir biasa juga disebut hemoroid atau ambeien. Seseorang yang mengalami kondisi ini memiliki benjolan pada bagian bawah tulang ekor sekaligus menghambat keluarnya BAB. Wasir merupakan suatu bentuk gangguan pada anus saat terjadi pembengkakan pada bibir anus yang berisikan darah. Jika kejadian pembengkakan ini parah, maka dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah sehingga penderita membutuhkan penanganan yang serius dari tangan-tangan ahli.

Sponsors Link

Jika rasa sakit karena terdapat benjolan di bawah Tulang Ekor ini cukup parah, maka ada baiknya jika dikonsultasi ke dokter untuk segera dianalisis benjolan seperti apa yang dialami agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Namun, ada beberapa kasus benjolan yang dapat diatasi dengan perawatan sendiri, misalkan pemberian obat serta salep atau mungkin bisa mengikuti cara menghilangkan benjolan di tulang belakang berikut.

Untuk menghindari agar benjolan tidak terinfeksi, sangat disarankan jika setelah memegang benjolan tersebut segera cuci tangan menggunakan sabun antiseptik. Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dan jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin penguat tulang dan sendi yang mana sangat baik dalam proses penyembuhan segala jenis penyakit pada tulang.

Seperti itulah penjelasan mengenai benjolan di bawah Tulang Ekor yang harus anda perhatikan sejak dini. Jangan sampai anda mengabaikan masalah kecil seperti ini karena jika terus menerus dibiarkan juga bisa menjadi permasalahan yang serius, jaga tubuh anda agar senantiasa sehat. Perlu diingat bahwa melakukan pencegahan itu lebih baik jika dibandingkan dengan mengobati.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 09th, May 2018 / 14:33 Oleh :