Sponsors Link

Penyempitan Tulang Ekor: Bahaya, Penyebab Beserta Pengobatannya

Sponsors Link

Kondisi Penyempitan Tulang Ekor memang menjadi momok besar sebagian orang. Tak sedikit yang mempertanyakan perihal kondisi ini di lihat dari segi penyebab, bahaya sampai dengan cara pengobatan atau penanganan. Lalu kondisi penyempitan pada tulang ekor ini sendiri apa dan bagaimana ulasan definisinya?

ads

Sebelum membahas tentang Penyempitan Tulang Ekor mulai dari penyebab, bahaya serta pengobatan, anda perlu tahu tentang tepatnya kondisi ini. Penyempitan tulang ekor yakni suatu kondisi di mana rongga tulang belakang telah mengalami penyempitan terkhusus pada tulang ekor itu sendiri. Sehingga keadaan ini mampu menimbulkan beberapa kondisi seperti nyeri, mati rasa san sebagainya.

Jika mengarah pada bahaya atau tidaknya, Penyempitan Tulang Ekor bisa di katakan cukup mengkhawatirkan. Pasalnya lambat laun jika keadaan ini tak mendapat penanganan akan menyebabkan kelumpuhan. Parahnya lagi, dalam kondisi yang sama bila tidak segera mendapatkan perawatan bisa sampai pada tahap kematian. Inilah bahaya dari kondisi ini, mampu memberikan efek buruk untuk penderitanya di kemudian hari.

Tulang ekor sendiri merupakan salah satu tulang di bagian tubuh yang paling penting karena tulang belakang dapat memberikan struktur serta menjadi penopang atau menyangga tubuh khususnya bagian bokong ke atas. Dengan adanya tulang ekor, seseorang mampu melakukan berbagai gerakan, seperti berdiri, berjalan, duduk, membungkuk, dan lain-lain.

Tulang ekor terletak di bagian bawah tulang ruas belakang tubuh. Adapun lapisan utama dari tulang ekor ini sendiri lebih di kenal atau disebut dengan external epiblast yang terdiri dari cytitrophoblastik serta mempunyai fungsi menyuplai makanan embrio pada dinding uterus. Sementara adapun fungsi dari tulang ekor tersebut antara lain sebagai berikut :

  • Sebagai penyangga tulang di area sekitar panggul
  • Sebagai tulang yang berfungsi untuk menjadi titik tumpul atau titik temu dari beberapa otot kecil disekitar area tulang gelang panggul dalam tubuh
  • Sebagai tulang yang mampu menyusun kerangka manusia dan fungsinya untuk menyangga pada saat melakukan aktifitas seperti duduk. Jika tidak adanya tulang ini maka seseorang di pastikan tidak dapat duduk seperti pada umumnya manusia.
  • Sebagai perekat otot anus
  • Sebagai lokasi kecil sumsum tulang ruas belakang

Selain fungsi, ciri-ciri atau tanda-tanda dari Penyempitan Tulang Ekor yakni:

  • Kram

Timbulnya kram yang terjadi pada kaki yang muncul setiap saat dan cukup mengganggu. Kram pada kaki tersebut lebih terjadi ketika seseorang tengah melakukan aktifitas seperti berjalan, bersepeda, berlari dan berdiri. Rasa kram tersebut dapat diminimalisir dengan cara istirahat duduk atau membungkukkan badan ke arah depan.

Selain terjadi pada kaki, kram juga menyerang punggung yang mana lebih kerap di alami saat melakukan aktivitas yang lebih berat. Apabila hal tersebut terlalu sering dialami maka akan berdampak tidak baik bagi tubuh. Dan untuk mengatasinya, segera gunakan obat kram kaki dan tangan berikut supaya tubuh bisa digunakan secara normal kembali.

  • Kesemutan

Selain kram, tanda atau ciri-ciri lainnya adalah kesemutan yang juga akan terjadi pada kaki. Dalam kondisi ini kaki akan merasa mati rasa sejenak. Adapun penyebabnya sendiri adalah akibat peredaran darah yang tidak lancar. Selain itu, kesemutan juga terjadi pada telapak kaki.

Mati rasa sejenak juga di rasakan pada telapak kaki tersebut. Pergerakan yang terjadi secara perlahan dan meluruskan bagian kaki ketika duduk akan membantu pemulihan lebih cepat. Ketika Anda mengalami hal seperti ini, ketahui juga tanda lainnya sebab mati rasa juga bisa menjadi gejala lordosis, gejala kanker tulang kaki, hingga gejala kanker tulang ekor dan masih banyak lagi lainnya.

Sponsors Link

Kesemutan lainnya juga akan menimpa pada lengan, dimana penderita akan merasakan mati rasa sejenak sama seperti kesemutan lain pada umumnya. Meluruskan tangan menjadi tindakan tepat untuk mengatasinya. Telapak tangan juga akan merasakan kesemutan juga, menjadi salah satu ciri lain dari kondisi penyempitan pada tulang ekor. Jika telapak tangan yang merasakan kesemutan, maka dengan menghentikan aktivitas sejenak mampu meringankan kesemutan tersebut.

  • Terasa Berat Pada Kaki

Akan merasakan beban yang terjadi pada kaki dan lemah ketika sedang melakukan aktivitas. Pergerakan yang cukup sulit di lakukan ini akan menjadi pengganggu tentunya.

Jika beberapa hal di atas merupakan ciri-ciri dari kondisi penyempitan pada tulang ekor, lantas apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Berikut di tuliskan penyebab dari kondisi ini.

  • Trauma

Penyebab yang paling umum adalah cedera yang terjadi pada tulang ekor. Tulang ekor sakit ini dapat menyebabkan timbulnya memar, patah tulang, atau dislokasi tulang ekor. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti:

Sponsors Link

  • Duduk dengan cukup kuat atau mengalami kecelakaan seperti terjatuh pada posisi duduk pada permukaan yang keras
  • Terjadi pukulan langsung pada tulang ekor, adapun contohnya yakni ketika sedang berolahraga
  • Adanya suatu tekanan atau gesekan yang terjadi secara berulang

Pengobatan Penyempitan Tulang Ekor

  • Bersandar menghadap depan sambil duduk
  • Duduk di atas bantalan yang berbentuk donat
  • Mengkompres dengan es batu atau dengan air hangat pada daerah tulang ekor
  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri

Sedangkan untuk pengobatan lain yang bisa di lakukan adalah sebagai berikut:

  • Fisioterapi

Fisioterapi merupakan salah satu terapi yang bisa di jalankan ketika menemukan gejalanya. Tujuan ini untuk menghambat keadaan supaya tidak makin merambah parah. Manfaat dari fisioterapi ini cukup banyak, mulai bisa digunakan dalam cara melemaskan otot setelah patah tulang, cara menyembuhkan tulang retak, cara meluruskan siku tangan yang bengkok, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Pemijatan

Adapun jenis pijatan yang bisa di terapkan adalah manipulasi yang bekerja dengan cara memijat otot yang melekat pada tulang ekor.

Demikian bahaya, penyebab lengkap beserta cara penanganan yang tepat untuk penyempitan Tulang Ekor yang telah di rangkum secara jelas, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Friday 24th, August 2018 / 23:36 Oleh :