Sponsors Link

Tulang Ekor Bayi Menonjol: Bahaya, Penyebab dan Penanganannya

Sponsors Link

Salah satu dari banyak macam-macam penyakit tulang yang bisa dialami oleh bayi adalah tulang ekor yang terlihat menonjol. Kelainan ini bisa muncul saat bayi baru lahir atau dalam jangka waktu tertentu setelah kelahiran. Nah pada artikel ini akan diulas menenai bahaya, penyebab juga cara menangani kondisi tulang ekor bayi menonjol.

ads

Apakah membahayakan?

Memiliki buah hati dengan kondisi tulang ekor menonjol pastinya akan membuat setiap orang tua cemas. xJika tonjolan yang muncul tidak normal seperti tulang belakang menonjol keluar, ada beberapa bahaya atau kemungkinan penyakit yang bisa terjadi, yaitu:

  • Mengalami gangguan pertumbuhan tulang.
  • Mengalami kecacatan pada tulang ekor.
  • Terdapat kemungkinan terjadi infeksi seperti TBC tulang.
  • Menyebabkan gangguan buang air besar.
  • Gejala kelainan tulang pada bayi seperti spina bifida.

Apa penyebabnya?

Kondisi tulang ekor bayi yang terlihat menonjol bisa merupakan kondisi normal namun bisa merupakan gangguan tulang yang dapat disebabkan karena beberapa hal, yaitu sebagai berikut:

1. Bayi didudukkan sebelum masanya

Kekuatan dan kemampuan fungsi tulang bayi akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Kemampuan bayi untuk duduk, menegakkan tubuh atau berdiri ada waktunya sendiri, jadi apabila orang tua memaksakan bayi untuk duduk sebelum waktunya atau sebelum tulang bayi siap malah bisa meyebabkan kelainan pada tulang.

2. Kelainan bawaan sejak lahir

Tulang ekor bayi menonjol bisa menjadi salah satu kelainan yang memang sudah bawaan bayi semenjak dilahirkan. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh bagaimana nutrisi ibu pada masa kehamilan, karena asupan makanan yang dikonsumsi ibu sangat berpengaruh pada pertumbuhan tulang maupun organ bayi sejak di dalam rahim.

3. Posisi menggendong yang keliru

Cara menggendong maupun menidurkan bayi juga bisa menjadi salah satu pemicu menonjolnya tulang ekor. Tulang bayi belum sekuat tulang orang dewasa, jadi masih rentan mengalami cedera karena masih lunak. Sehingga benjolan di bawah tulang ekor juga bisa dipengaruhi jika cara menggendong atau menidurkan bayi tidak tepat dan kurang berhati-hati.

Bagaimana cara menanganinya?

Penanganan tulang ekor menonjol pada bayi tidak boleh sembarangan, karena salah penanganan bisa menyebabkan kecacatan yang lebih serius dan permanen. Apalagi jika dibawa ke pengobatan tradisional atau dukun bayi, jadi sebaiknya dibawa ke dokter ortopedi anak yang mana memang ahli. Pada umumnya, jika ada kelainan penanganan yang dilakukan antara lain adalah:

1. Rontgen

Tujuan rontgen adalah untuk memperoleh gambaran keadaan tonjolan pada tulang ekor atau penyakit ortopedi lainnya. Hasil rontgen ini nantinya akan digunakan dokter sebagai penunjang diagnosis untuk menenentukan pemeriksaan dan penanganan yang dilakukan selanjutnya.

2. Pembedahan

Tulang ekor pada bayi yang menonjol bisa terjadi karena adanya kelainan atau kerusakan pada tulang. Pembedahan atau operasi biasanya diperlukan untuk meperbaiki kelainan yang ada di tulang ekor.

3. Memenuhi asupan tulang

Cara lainnya untuk membantu mencegah terjadinya kelainan dan memperparah kondisi yang ada adalah dengan memenuhi nutrisi tulang. Contohnya dapat diberikan makanan untuk menguatkan tulang bayi melalui MP ASI jika telah berumur setidaknya 7 bulan.

Demikian informasi tentang beberapa bahaya, penyebab beserta penanganan yang bisa dilakukan untuk mengatasi tulang ekor bayi menonjol. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Saturday 20th, October 2018 / 01:59 Oleh :