Sponsors Link

Tulang Rusuk Sakit Sebelah Kiri? Ketahui 8 Penyebab Bahayanya

Sponsors Link

Tulang rusuk bisa sakit sebelah kiri dapat disebabkan berbagai riwayat penyakit seperti maag, mual, cedera, dan gaya hidup yang tidak sehat. Tulang rusuk yang sakit seringkali dihubungkan pada rasa sakit pada organ. Jika penderita mengalami rasa sakit pada tulang rusuk sebelah kiri sebaiknya konsultasikan kepada dokter dan mengetahui buah untuk menguatkan tulang. Nyeri seringkali muncul saat penderita mengalami gerakan. Berikut adalah hal kemungkinan yang menyertai terjadinya sakit pada tulang rusuk sakit sebelah kiri.

ads
  • Gejala batuk
  • Nyeri saat menarik napas
  • Sesak napas
  • Nyeri ulu hati
  • Mual
  • Muntah
  • Maag/lambung
  • Jantung

Penyebab Nyeri Pada Tulang Rusuk Kiri

Banyak orang yang merasa khawatir karena adanya sakit tulang rusuk sebelah kiri. Banyak yang beropini bahwa penderita mengalami sakit pada paru – paru dan jantung. Faktanya tidak semua sakit jantung disebabkan karena hal tersebut. Nyeri pada dada memang memiliki kemungkinan pada penyakit jantung. Keluhan sakit pada tulang rusuk bagian kiri seringkali disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya gangguan pada organ jantung, gangguan pada paru – paru, gangguan pada bagian otot atau tulang, gangguan pada saluran pencernaan dan berbagai gangguan secara psikologis. Jika mengalami gangguan ini sebaiknya tidak didiamkan karena akan berakibat fatal seperti akibatnya jika patah tulang didiamkan. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab nyeri dada kiri:

1. Perubahan Posisi Tulang

Nyeri pada rulang rusuk terjadi karena masalah yang ditimbulkan oleh otot dan tulang, pada kasus ini umumnya akan muncul bila bagian tulang tersebut mengalami penekanan. Penekanan juga akan menjadi penyebab tulang belakang sakit. Kita dapat mencoba tes dengan melakukan tekan pada bagian tersebut. Hal bisa karena perubahan posisi dan lain – lain. , atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri yang terjadi dapat membaik dengan cara asupan obat anti nyeri sebagaimana obat nyeri tulang kaki diantaranya paracetamol dan obat antiinflamasi yang lain.

2. Sesak Nafas

Nyeri pada bagian tulang rusuk sebelah kiri seringkali timbul bersama masalah paru-paru. Penderita akan merasakan nyeri saat melakukan tarikan napas. Nyeri juga seringkali timbul pada saat tubuh mengalami keluhan seperti batuk, suhu tubuh naik atau demam, dan sesak.

3. Gangguan Saluran Pencernaan

Nyeri yang tibul pada bagian tulang rusuk sebelah kiri dapat juga timbul karena saluran pencernaan. Penderita yang memiliki gangguan pada lambung seperti maag/GERD, dapat menjadikan gejala nyeri karena asam lambung. Mulut akan merasakan asam dan pahit. Jika timbul gejala ini sebaiknya dikurangi dengan pemberiaan obat lambung sesuai anjuran dari tenaga medis atau dokter anda.

Nyeri Dada akibat dari peningkatan asam lambung akan menimbulkan gejala nyeri pada tulang rusuk sebelah kiri disertai dengan perasaan sesak dan nyeri pada dada. Hal tersebut pada umumnya terjadi  karena GERD atau Gastro-esophageal reflux disease. Hal ini terjadi pada bagian asam lambung hingga kerongkongan. Banyak hal yang dapat menimbulkan hal tersebut diantaranya kegemukan atau obesitas, diet lemak yang berlebihan, konsumsi obat-obatan tertentu, gangguan stres, konsumsi rokok dan konsumsi berbagai minuman dengan kandungan alkohol.

4. Nyeri karena Masalah Psikologis

Sponsors Link

Nyeri sering juga timbul karena sakit mental secata psikologis. Jiwa yang sakit akan membuat tubuh atau fisik mudah untuk merasakan sakit seperti yang ditunjukkan pada ciri ciri cedera tulang belakang.

5. Aktivitas Berlebihan

Rasa nyeri seringkali terjadi akibat latihan yang terlalu berat. Gejala tulang rusuk sakit sebelah kiri banyak dipicu oleh berbagai aktivitas seperti latihan fisik, aktivitas seksual, emosi yang menyebabkan stres, kemarahan, ketakutan, dan frustrasi. Rasa sakit karena aktivitas yang berat pada tulang rusuk sebelah kiri dapat diminimalisir dengan cara beristirahat. Konsumsi obat untuk mengurangi nyeri, obat untuk jantung, dapat disimpan pada bawah lidah misalnya seperti nitrogliserin sublingual. Hal ini akan membuat kita mempercepat penyerapan dan kerja obat pada bagian yang sakit.

6. Nyeri karena Penyumbatan Pembuluh Darah Jantung

Gejala nyeri sering kali terjadi karena penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan pada pembuluh darah terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Penderita banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak. Rasa nyeri yang akan dirasakan seperti ditekan oleh benda dengan bobot berat. Rasa nyeri juga akan terasa seperti diremas. Nyeri akan memakan waktu 2 hingga 5 menit. Rasa sakit dapat menyebar ke bagian bahu, kedua lengan, gigi, rahang, dan ulu hati.

ads

Jika penderita mengalami sakit secara terus menerus maka membutuhkan pemeriksaan tambahan. Pemeriksaan dapat berupa rekam jantung (EKG). Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mendapatkan kepastian terkait penyebab. Penyebab sakit jantung didukung dengan berbagai gaya hidup:

  1. Kebiasaan merokok
  2. Tingginya kadar kolesterol total
  3. Tingginya kadar kolesterol LDL
  4. Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi
  5. Rendahnya kadar kolesterol HDL
  6. Diabetes Melitus
  7. Faktor Usia lanjut
  8. Terjadinya Obesitas dengan IMT > 25 mg/m2
  9. Gaya hidup tidak sehat seperti kurang olahraga
  10. Faktor riwayat keturunan seperti keluarga menderita PJK pada usia muda

7. Nyeri Dada karena Otot yang Tegang

Sakit pada tulang rusuk sebelah kiri dapat disebabkan karena adanya otot yang tegang. Memar dapat menyebabkan otot menjadi tegang sehingga menimbulkan rasa sakit pada bagian tulang rusuk sebelah kiri. Memar dapat didapatkan karena pukulan benda keras maupun karena kecelakaan yang membuat terjatuh. Kelebihan pada berat badan dapat pula menjadi hal yang dapat beresiko membuat otot menjadi tegang. Diet yang sehat dan olahraga secara teratur dapat membuat nyeri dada menjadi berkurang. Olahraga pada penderita nyeri dada sebaiknya dilakukan dengan anjuran dan saran dari dokter. Penderita nyeri dada tidak dapat melakukan olaraga yang terlalu berat. Otot yang berada dalam keadaan tegang dapat menimbulkan rasa sakit pada tulang rusuk sebelah kiri. Otot yang tegang akan terus berlangsung secara terus menerus dan terkadang muncul lalu mengilang.

8. Kehamilan

Kehamilan merupakan salah satu penyebab utama yang menimbulkan rasa nyeri pada tulang rusuk. Selama kehamilan akan terjadi proses membesarnya rahim, atau seiring dengan pertumbuhan bayi. Massa dari rahim akan meningkat dan memberikan tekanan pada bagian rusuk. Wanita hamil akan merasakan sakit karena interkostal otot menjadi tegang. Wanita akan merasakan kesulitan untuk bernafas. Apalagi jika bayi yang dikandungnya besar.

Nyeri juga dapat disebabkan karena hormon yang mengalami perkembangan. Kadar pada progesteron akan menyebabkan peningkatan regangan pada area panggul, ligamen, dan otot. Hal tersebut akan menyebabkan nyeri pada tulang rusuk. Ini akan terjadi pada masa pra kelahiran karena menyiapkan tubuh untuk masa akan dikeluarkannya bayi. Peristiwa berkembangnya tubuh akan terjadi pada trimester akhir masa kehamilan, sebagai berikut:

  • Payudara akan membesar saat masa kehamilan.

Payudara pada seorang wanita hamil akan cenderung tumbuh untuk menyiapkan masa menyusui. Ukuran air susu dapat memenuhi satu cup penuh dan payudara menjadi lebih berat. Payudara yang berat akan menambahkan tekanan yang ekstra pada bagian bahu, bagian punggung atas, serta bagian tulang rusuk. Menjadi sebab tulang rusuk nyeri saat masa kehamilan.

  •  Stres dan kecemasan akan terjadi selama kehamilan.

Banyak wanita hamil yang menderita stres serta kecemasan yang berlebih karena merasa kesulitan untuk bernafas yang disertai dengan nyeri tulang rusuk. Infeksi pada saluran kemih akan menambah rasa sakit bisa karena infeksi sehingga menambah komplikasi nyeri tulang rusuk. Seorang perempuan mengalami gejala tersebut saat hamil akan kesulitan untuk buang air kecil. Rasa sakit atau sensasi terbakar ketika buang air kecil menyebabkan ketidaknyaman pada organ ginjal.

Pengobatan Nyeri Tulang Akibat

Sponsors Link

Gejala nyeri pada tulang rusuk karena GERD disertai dengan sakit pada perut atau sembelit, mulut terasa asam dan pahit, rasa sakit saat menelan, mual, nyeri seperti serangan jantung, perut terasa kembung, dan lain – lain. Pengobatan nyeri tulang rusuk akibat asam lambung dapat dilakukan dengan berbagai hal, sebagai berikut:

  1. Diet sehat dengan mengatur kebiasaan makan.
  2. Melakukan penghentian merokok.
  3. Penderita dianjurkan untuk melakukan kebiasaan makan dalam porsi kecil namun skala yang sering. Rekomendasi waktu yang dibutuhkan adalah minimal 4 jam sekali.
  4. Penderita sebaiknya menghindari berbaring setelah makan yang akan memperburuk sakit tulang rusuk bagian kiri.
  5. Penderita sebaiknya menghindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kemampuan untuk memicu asam lambung diantaranya minuman beralkohol, kopi, cokelat, buah tomat, makanan dengan lemak tinggi atau pedas.
  6. Penderita sebaiknya menghindari mengunakan pakaian yang ketat terutama pada bagian sekitar perut.
  7. Penderita sebaiknya meninggikan bagian ujung kepala saat tidur. Kepala ditinggikan dari tubuh sekitar 20 cm. Hal ini akan mengurangi gejala rasa sakit yang berlebihan.
  8. Penderita sebaiknya mengindari penggunaan obat-obat seperti anti nyeri, steroid, anti kolinergik yang tidak sesuai dengan indikasi kesehatan.
  9. Penyebab dan pengobatan terbaik sebaiknya dikonsultasikan pada tenaga medis. Hal tersebut akan membuat penderita mengetahui cara penanganan dan kondisi tubuh dengan lebih pasti.

Pencegahan Tulang Rusuk Mengalami Sakit Sebelah Kiri

Nyeri dada akibat sakit pada jantung koroner menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah bagian koroner. Hal ini terjadi dengan adalanya penumpukan flek – flek lemak. Flek lemak akan membuat penderita mengalami aliran darah yang terganggu. Aliran darah yang terganggu menyebabkan asupan oksigen dan nutrisi kepada jantung berkurang. Banyak cara yang dapat mengatasi penyakit jantung dengan melakukan pencegahan penyakit jantung koroner:

  1. Olahraga atau aktivitas fisik secara teratur, olahraga sebaiknya dilakukan minimal 20 menit per hari. Rekomendasi olahraga yang dilakukan adalah berjalan dan bersepeda.
  2. Jika penderita mengalami tekanan darah tinggi sebaiknya ditekan dengan mengkonsumsi obat yang berasal dari dokter. Jangan konsumsi kandungan garam secara berlebihan. Para penderita sebaiknya membatasi konsumsi garam sebanyak 2 sendok teh per hari. Pada banyak orang dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.
  3. Melakukan pengontrolan pada kadar gula darah dalam tubuh.
  4. Penderita disarankan untuk banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan
  5. Penderita sebaiknya menghindari konsumsi lemak berlebih diantaranya makanan seperti goreng-gorengan dan makanan dengan kandungan santan.
  6. Penderita sebaikya menghindari stress.
  7. Penderita sebaiknya menghindari rokok.

Demikian beberapa ulasan tentang tulang rusuk mengalami sakit pada bagian sebelah kiri yang bisa anda ketahui, semoga dengan ini anda bisa mengobatinya.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 13th, November 2017 / 06:58 Oleh :