Sponsors Link

Waspadailah Inilah 10 Penyebab Rahang Besar Sebelah yang Sering Diabaikan

Sponsors Link

Salah satu permasalahan otot atau kelainan pada tulang yang bisa mengganggu penampilan adalah tulang rahang yang besar. Kondisi rahang yang membesar ini bisa ada sejak lahir atau bisa karena beberapa faktor yang menjadi penyebab rahang besar. Tulang rahang pada manusia memiliki fungsi sebagai pintu mulut, agar dapat dibuka dan ditutup yang bertugas dari proses pemasukan makanan hingga pengunyahan makanan di dalam mulut.

ads

Pada kondisi normal posisi tulang rahang kanan dan kiri adalah saling berhadapan. Sedangkan pada keadaan yang tidak normal, tulang rahang dapat menurun di kedua sisinya atau sebelah saja yang menyebabkan struktur wajah menjadi tidak simetris dan bisa menjadi penyebab tulang pipi sakit saat mangap.

Penyebab rahang besar

Selain itu penyebab rahang besar dapat merupakan akibat dari beberapa hal dan kondisi. Jika rahang sudah terlihat besar sejak lahir, maka memang terdapat kelainan anatomis tulang rahang. Namun apabila kondisi rahang membesar pada saat dewasa, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan tulang rahang menjadi besar dan besar sebelah antara lain:

  • Kebiasaan mengunyah, yang bisa mengakibatkan tulang rahang membesar dan biasanya hanya terjadi pada satu sisi saja, yang disebabkan karena terbiasa mengunyah hanya menggunakan satu sisi saja secara terus-menerus.
  • Pembengkakan tulang rahang, yang bisa terjadi karena adanya cedera atau benturan yang mengenai rahang, yang pada akhirnya akan mengakibatkan nyeri di tulang rahang, tulang rahang membengkak dan terlihat besar.
  • Pembengkakan pada otot rahang, bisa juga terjadi karena terlalu sering digunakan untuk mengunyah sehingga otot mengalami pembesaran volume atau ukuran akibat mengalami kontraksi otot secara terus menerus.
  • Dislokasi mandibula, yaitu adanya pergeseran sendi yang menghubungkan antara tulang rahang atas dengan tulang rahang bawah yang bisa menjadi penyebab rahang besar karena bengkak, sehingga perlu segera dilakukan cara mengatasi tulang rahang bergeser.
  • Parotitis, yaitu pembengkakan pada kelenjar ludah akibat adanya infeksi dari virus dalam darah di rahan, yang bisa menjadi penyebab munculnya benjolan dan membuat rahang tampak membesar.
  • Gingivitis, yaitu pembengkakan akibat terjadi peradangan atau inflamasi pada gusi yang bisa mempengaruhi otot di sekitar rahang ikut membengkak, sehingga bisa membuat rahang terlihat membesar.
  • Patah tulang rahang, yang bisa terjadi akibat cedera atau kecelakaan sehingga dapat mengalami ciri-ciri rahang patah dan pembengkakan di daerah tulang rahang.
  • Tumor tulang rahang, yang biasanya berasal dari odontogenik yaitu suatu sel pembentuk gigi yang berada di rahang sehingga dapat menjadi penyebab radang besar seiring dengan pertumbuhan sel tumor.
  • Kanker tulang rahang, yang bisa menyerang rahang atas maupun rahang bawah dan bisa menimbulkan bengkak, nyeri yang dirasakan tidak hanya pada tulang rahang saja namun bisa menyebabkan sakit tulang pelipis menjalar ke kepala.
  • Gondongan, yaitu pembengkakan yang terjadi pada kelenjar parotid di daerah leher akibat dari infeksi virus, yang bisa membuat rahang ikut terlihat membesa dan bengkak.

Jika kemungkinan besar rahang membesar dan membengkak akibat kelelahan otot karena kebiasaan mengunyah, maka dapat ditangani dengan melakukan senam wajah untuk melemaskan otot. Namun apabila tidak yakin dengan penyebab rahang besar, sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat sebagai cara mengobati tulang bengkak.  Demikian ulasan mengenai beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab tulang rahang menjadi bengkak dan tampak membesar. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 20th, August 2018 / 02:49 Oleh :