Sponsors Link

Inilah 4 Tipe Penyebab Tulang Kaki Panjang Sebelah yang Wajib Anda Waspadai!

Sponsors Link

Pernahkan Anda merasakan tulang punggung sakit teramat sangat pada bagian bawahnya? Anda patut waspada telah terjadi kelainan pada tulang jika sering mengalaminya. Punggung bawah yang terasa nyeri bisa jadi disebabkan karena tulang kaki yang panjang sebelah. Bagian pinggul juga akan sering merasa pegal dan terasa ngilu pada lutut karena panjang lutut kaki tak sama. Hal tersebut karena sisi tulang kaki yang lebih panjang memperoleh beban lebih banyak daripada sisi kaki yang lebih pendek, apalagi ketika beraktivitas jalan maupun lari.

ads

Dalam dunia medis, keadaan kaki yang panjangnya tidak sama disebut dengan istilah Limb Length Discrepancy (LLD) atau anisomelia. LLD termasuk penyakit ortopedi ketika dua anggota tubuh khususnya kaki memiliki ketidaksamaan panjang. Umumnya LLD timbul saat masih anak-anak atau dikarenakan cidera atau bisa juga karena terjangkit penyakit yang berefek ke metabolisme pertumbuhan tulang. Sebenarnya, rata-rata manusia memiliki ukuran dan panjang kaki yang tidak identik dengan sisi sebelahnya. Namun, ketika jarak panjangnya berlebihan tentu akan mengganggu kualitas hidup Anda karena membuat tidak nyaman. Untuk itu, ketahuilah selisih panjang kaki yang normal dan beberapa penyebab tulang kaki panjang sebelah di bawah ini.

Berapakah Lazimnya Selisih Panjang Kaki?

Sebagian anak-anak sudah memiliki ukuran kaki yang panjangnya berbeda sejak dilahirkan. Selisih panjang antar kaki awalnya kecil, hingga lama kelamaan selisihnya makin jauh sehingga sangat penting untuk segera ditangani agar aktivitas tidak terganggu. Selain itu, penyebab tulang kaki panjang sebelah juga bisa karena cidera. Cidera yang berimbas merusak lempeng pertumbuhan tulang bisa menyebabkan sindrom kaki pendek atau LLD.

Efek dari ketimpangan panjang kaki bisa membuat penderitanya mudah lemas karena berakibat tulang belakang sakit akibat beban tak seimbang, jika anak-anak maka anak tersebut akan sulit untuk aktif bermain atau berlarian. Jika selisih panjang antar kaki sudah lebih dari 1,5 cm sampai 2 cm sebaiknya segera konsultasi dengan tenaga medis agar dilakukan evaluasi mendalam.

Penyebab Tulang Kaki Panjang Sebelah

Dari berbagai kasus ketimpangan panjang sepasang kaki, terdapat berbagai tipe penyebab tulang kaki panjang sebelah yang meliputi:

  1. Congenital

Kondisi LLD tipe ini penyebabnya adalah karena kecacatan bawaan sejak lahir sehingga panjang kaki berbeda. Awal kelahiran, selisih panjang kakinya tidak terlalu banyak, namun seiring berjalannya waktu, selisihnya semakin meningkat secaar signifikan.

  1. Developmental

Penyebab tulang kaki panjang sebelah yang kedua adalah tipe developmental. Penyebabnya adalah karena terdapat penyakit atau kesalahan saat proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Hal itu menyebabkan metabolisme pertumbuhan tulang menjadi terganggu sehingga berimbas pada salah satu kaki yang akhirnya terhambat bertumbuh.

  1. Post-Traumatic

Sindrom kaki pendek sebelah bisa juga disebabkan karena terjadi fraktur serta cedera tulang yang traumatis sehingga tulang kaki tidak pulih kembali normal pasca kecelakaan. Biasanya memang terjadi kaki bengkok setelah patah tulang.

  1. Tumor Tulang

Ketika seseorang terjangkit tumor tulang, maka pertumbuhan dan metabolisme tulang ikut terhambat. Apalagi jika menyerang daerah alat gerak semisal kaki, maka kaki bisa tidak sama panjangnya. Tumor tulang ini biasanya sudah ada di tubuh sejak bayi.

Itulah beberapa penyebab tulang kaki panjang sebelah. Meskipun sudah dikelompokkan ke beberapa tipe penyebabnya, sebagian kasus LLD biasanya dianggap sebagai idiopatik alias tidak teridentifikasi penyebabnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan di ahli medis untuk menentukan macam-macam penyakit tulang apa yang ternyata diidap.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 25th, February 2019 / 02:46 Oleh :