Sponsors Link

4 Penyebab Kanker Tulang Kepala yang Ditimbulkan Wajib Anda Kenali

Sponsors Link

Berdasarkan titik awal pertumbuhannya, sel kanker tulang kepala merupakan salah satu jenis kanker chordoma. Kanker ini paling umum menyerang orang dewasa yang berusia 40-60 tahun, dengan kemungkinan kasus per tahun adalah 1-2 kasus. Walaupun penyebab utama kanker ini belum begitu jelas sampai sekarang, ada beberapa penyebab umum yang dapat menjadi penyebab kanker tulang kepala yaitu:

ads

1. Pola hidup yang tidak sehat

Memiliki pola hidup yang tidak sehat memang bisa menjadi pemicu utama datangnya berbagai penyakit, termasuk menjadi penyebab tumor tulang atau penyebab kanker tulang kepala. Kebiasaan buruk seperti merokok, kurang mengkonsumsi makanan yang bergizi, mengkonsumsi minuman beralkohol, kurang tidur atau sering begadang dan lainnya dapat menyebabkan munculnya gejala kanker tulang kepala. Sehingga sangat penting memiliki pola hidup sehat dan konsumsi makanan sehat untuk penderita kanker tulang, untuk meminimalisir mengalami kanker tulang kepala atau lainnya.

2. Memiliki riwayat kanker lain

Pernah menderita kanker pada bagian tubuh lain misalnya saja kanker sumsum tulang belakang, juga dapat menyebabkan munculnya kanker pada tulang kepala. Orang yang pernah memiliki riwayat kanker mempunyai risiko yang cukup tinggi mengalami kanker lain. Sel kanker sebelumnya bisa menyerang tulang kepala dan menyebabkan terjadinya mutasi pada struktur DNA, yang dapat mengatus pertumbuhan sel. Jika pertumbuhan sel kanker berada di luar kendali, dapat memicu terjadinya sel kanker tulang kepala.

3. Terpapar radiasi yang tinggi

Terapi radiasi untuk pengobatan merupakan salah satu pemicu kanker tulang kepala, tumor tulang dan lainnya. Misalnya saja terapi radiasi pada pasien yang melakukan transplantasi untuk sumsum tulang. Terpapar radiasi dalam waktu lama dan dengan dosis yang tinggi dapat memicu tumbuhnya sel yang tidak normal. Sel tersebut akan membuat susunan gen berubah menjadi tidak normal. Hal ini dapat menjadi penyebab kanker tulang kepala karena secara langsung dan terus-menerus menyerang tulang.

4. Akibat menderita lipoma

Penyakit lipoma ini ditandai dengan adanya benjolan pada organ atau bagian tubuh manusia, salah satunya adalah pada kepala. Lipoma dapat menjadi salah satu penyebab kanker tulang kepala karena lipoma pada kepala bisa mengalami pertumbuhan. Salah satu risiko dari pertumbuhan lipoma adalah kanker tulang kepala, bila tidak segera ditangani dan diobati. Untuk mencegah hal yang lebih buruk terjadi, perlu dikenali gejala seperti kepala yang benjol agar dapat dilakukan diagnosis dan penyembuhan sejak dini.

Walaupun terjadi di tulang kepala, gejala yang ditimbulkan tidak jauh berbeda dengan gejala kanker tulang belakang atau tulang lainnya, yaitu:

  • Kondisi tubuh yang melemah, karena kanker dapat mempengaruhi fungsi kerja otak dan mengakibatkan tubuh kehilangan keseimbangannya, sehingga menjadi penyebab tulang ngilu-ngilu dan sakit, serta membuat tubuh menjadi lemah.
  • Terdapat benjolan tulang di kepala, yang dapat muncul secara tiba-tiba dan ukuran benjolan dapat semakin membesar seiring berjalannya waktu.
  • Timbul rasa sakit dan nyeri pada benjolan dan daerah sekitar benjolan, karena kanker tulang dapat membuat saraf kepala mengalami tekanan.
  • Penderita kanker tulang kepala biasanya akan kehilangan nafsu makan, sehingga dapat mengakibatkan penurunan berat badan dan mudah lelah.

Walaupun penyebab kanker tulang kepala sampai saat ini belum ditemukan secara pasti, dengan mengetahui gejala yang ditimbulkan dapat digunakan untuk sebagai langkah deteksi pertama. Jangan anggap remeh dan segera lakukan pemeriksaan sebagai pencegahan kanker tulang kepala menyebar. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 14th, July 2018 / 03:03 Oleh :
Kategori : Kanker Tulang