Sponsors Link

6 Penyebab Spina Bifida yang Wajib Tahu Untuk di Waspadai

Sponsors Link

Tulang merupakan bagian tubuh yang penting dan sangat dibutuhkan untuk bergerak. Dengan adanya tulang yang kokoh akan mepermudah kita dalam bergerak melakukan segala aktifitas. Kesehatan tulang sangat penting untuk dijaga dan dipelihara agar tetap dalam kondisi sehat. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tulang. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah. Buah untuk menguatkan tulang jika dikonsumsi secara teratur.

ads

Selain itu, bisa mengkonsumsi vitamin penguat tulang dan sendi. Kesehatan tulang bisa bergantung pada apa yang kita konsumsi. Namun selain itu, kesehatan tulang juga bisa didapatkan dari keturunan. Hal lain yang bisa terjadi pada tulang adalah kelainan tulang yang bisa disebut dengan Spina Bifida. Selain itu, Penyakit tulang bisa bermacam-macam jenisnya. Gejala pada tulang yang sakit harus anda ketahui lebih awal untuk mencegah anda terkena macam-macam penyakit tulang.

Akibat Penyakit Spina Bifida

Spina Bifida adalah kelainan yang bisa terjadi pada bayi. Kelainan ini bisa menghasilkan dampak yang serius karena terkait dengan kelainan tabung syaraf bayi yang tidak terbentuk dengan benar. Kelainan ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Ketika anda dalam masa kehamilan, ada baiknya anda selalu memeriksakan kandungan anda ke dokter, supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Biasanya Spina Bifida sering terjadi pada bayi yang berjenis kelamin perempuan. Namun, hal tersebut masih belum dapat dipastikan kebenarannya.

Spina Bifida bisa disebabkan oleh beberapa alasan, yaitu sebagai berikut:

  1. Keturunan

Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika sudah ada salah satu keturunan yang pernah mengidap spina bifida, maka hal itu mungkin saja terjadi pada keturunan-keturunan selanjutnya. Faktor keturunan memang tidak dapat disalahkan karena tidak bisa dipilih. Namun, anda tidak perlu khawatir untuk takut karena bayi anda mengidap spinal bifida. Ketika hal-hal tersebut terjadi, anda harus segera membawanya ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan untuk melakukan penanganan spinal bifida.

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obat tertentu

Mengkonsumsi obat-obatan saat sedang mengalami sakit adalah hal yang wajar. Namun, jangan membiasakan diri anda untuk selalu mengkonsumsi obat-obatan secara sembarangan. Mengkonsumsi obat-obatan yang sembarangan bisa mengakibatkan anda semakin sakit ketika obat tersebut tidak cocok dengan anda. Tubuh anda bisa saja menolak obat yang anda konsumsi dan bisa mengakibatkan anda mengalami sakit yang lainnya.

Selain anda tidak boleh mengkonsumsi obat-obatan secara berlebihan, ada beberapa obat yang harus anda minimalkan jumlah konsumsi obatnya yaitu asam valproat dan obat dengan kandungan carbamazepine. Kedua kandungan tersebut biasanya terdapat pada obat yang digunakan untuk epilepsi. Selain epilepsi, kedua kandungan tersebut digunakan dalam obat gangguan mental.

  1. Obesitas (Kelebihan berat badan)

Obesitas biasa dikenal dengan kelebihan berat badan merupakan masalah yang cukup serius. Ketika anda mengalami obesitas, maka biasanya anda akan mengalami kesulitan bernafas dengan normal. Obesitas tidak baik bagi kesehatan, terutama ibu hamil. Ibu hamil yang mengalami obesitas harus melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi ibu hamil dan janin dalam keadaan baik-baik saja. Ketika seorang ibu hamil mengalami obesitas sebelum masa kehamilannya, maka hal seperti  ini harus dikonsultasikan dengan dokter yang ahli untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sponsors Link

  1. Menderita Diabetes

Seperti yang diketahui bahwa diabetes merupakan penyakit yang cukup serius. Diabetes bisa menyerang siapa saja. Diabetes juga bisa disebabkan oleh banyak faktor. Diabetes bisa saja dialami oleh ibu-ibu hamil. Ketika diabetes dialami oleh ibu hamil, hal ini  harus mendapatkan perhatian khusus untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dan tepat. Hal ini dikarenakan ibu hamil yang menderita diabetes memiliki risiko yang lebih besar terhadap bayi mengalami spinal bifida. Oleh karena itu, diabetes perlu mendapatkan penanganan khusus untuk masa penyembuhannya. Dengan hanya mengidap diabetes bisa menyebabkan penyakit-penyakit lainnya menyerang tubuh anda.

  1. Kekurangan asupan asam folat

Asam folat merupakan salah satu asupan yang sangat penting untuk ibu hamil. Asam folat memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Asam folat bisa mempengaruhi pembentukan tabung syaraf bayi yang nantinya akan berkembang ke otak dan sumsum tulang belakang. Ketika asupan asam folat tidak terpenuhi dengan baik, maka hal tersebut bisa menghambat pembentukan tabung syaraf bayi yang dalam masa pertumbuhan. Dengan kurangnya asam folat yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berisiko terjadinya spinal bifida pada bayi dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi asam folat dalam jumlah yang cukup untuk menghindari adanya kecacatan pada bayi.

Sponsors Link

  1. Kondisi Ibu tidak sehat

Kondisi kesehatan ibu hami juga akan mempengaruhi bayi yang ada dalam kandungan. Ketika ibu hami dalam kondisi yang tidak sehat, hal tersebut akan berdampak pada kondisi bayi dalam kandungan. Kesehatan ibu hamil sangat berbengaruh terhadap kesehatan bayi. Ketika ibu hamil merasakan sakit, maka hal tersebut akan dialami oleh bayi dalam kandungan. Ibu hamil harus senantiasa menjaga kondisi kesehatannya dan rutin untuk mengkonsumsi vitamin dan makan makanan yang bergizi dan sehat untuk mempertahankan kesehatan yang prima.

Ketika kondisi ibu hamil tidak sehat, maka akan berisiko terhadap bayi dalam kandungan. Ketika ibu hamil tidak meperhatikan asupan gizinya, bayi dalam kandungan pun bisa kekurangan gizi. Oleh karena itu, ibu hamil harus menjaga kesehatannya agar bayinya juga sehat.

Oleh karena itu, penyebab spina bifida harus anda ketahui sejak awal. Anda harus waspada ketika mengalami gejala-gejala atau penyebab spina bifida. Cara untuk mengatasi Spina Bifida ini adalah dengan menggunakan bantuan dokter. Banyak cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan CT Scan, pemeriksaan MRI, dan bahkan pembedahan. Namun, semua cara-cara tersebut harus dilakukan oleh dokter yang berpengalaman, dan sesuai dengan prosedur kedokteran. Kelainan tulang bisa berdampak serius untuk kesehatan kita. Bahkan, penyebab patah tulang pun harus anda ketahui sejak dini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 24th, May 2018 / 09:24 Oleh :