Sponsors Link

30 Pantangan Penderita Rematik yang Harus di Hindari

Sponsors Link

Rematik merupakan salah satu kondisi yang akan berhubungan dengan kelainan pada tulang. Penyakit ini bisa disebabkan karena faktor usia atau pun karena gaya hidup saat masih mudah yang sangat buruk.

ads

Beberapa gejala rematik antara lain seperti membengkak nya persendian karena ada penumpukan cairan dalam sendi. Kemudian sendi juga akan terasa sangat kaku terutama di pagi hari setelah dalam waktu lama tidak digerakan, sendi juga akan terasa sangat panas dan kemerahan jika kondisinya sudah sangat parah. Semua gejala akan dipicu oleh peradangan yang sangat aktif.

Untuk menghindari rematik, sebaiknya Anda menghindari 30 pantangan penderita rematik dibawah ini:

1. Buah Tomat

Bagi seseorang yang mempunyai kelainan pada tubuhnya, tentu saja aka nada beberapa hal yang mesti dijaga salah satunya adalah makanan. Pantangan makanan bagi penderita rematik yang pertama adalah dari jenis buah, yaitu buah tomat. Buah tomat jika dikonsumsi berlebihan maka akan menyebabkan penderita rematik mengalami rasa ngilu pada persendiannya.

2. Daging sapi

Setelah tomat, pantangan makanan selanjutnya adalah daging sapi. Daging jenis ini memang mempunyai rasa yang cukup gurih, namun dibalik rasanya tersebut tomat sangatlah dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita rematik karena akan menjadi salah satu penyebab rematik kambuh.

3. Kafein

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein juga sangat dilarang untuk para penderita rematik. Boleh mengkonsumsi kopi, namun dilarang berlebihan. Karena jika berlebihan makan akan menyebabkan tubuh kehilangan nutrisi yang sangat penting. Kekurangan nutrisi tersebutlah yang menyebabkan gejala rematik akan sering kambuh kapan saja.

4. Kacang tanah

Selanjutnya para penderita asam urat juga menghindari makanan dengan jenis kacang-kacangan salah satunya adalah kacang tanah. Jika Anda mengkonsumsi nya saat memiliki rematik, maka akan menyebabkan rematik kambuh.

5. Kacang merah

Masih dengan jenis kacang-kacangan, kacang merah yang biasanya selalu di olah menjadi sayur asem ini juga sangat dilarang untuk dikonsumsi penderita rematik.

6. Kacang polong

Kacang polong adalah jenis kacang-kacangan yang berwarna hijau dan berbentuk bola kecil. Penderita rematik sangat dilarang mengkonsumsi ini, karena sama seperti efek samping kacang-kacangan sebelumnya yaitu bisa menyebabkan terjadinya rematik.

7. Kacang panjang

Kacang panjang, biasanya merupakan salah satu jenis kacang yang selalu menjadi salah satu olahan masakan rumah. Namun sebaiknya Anda juga mesti hati-hati saat mengolah kacang panjang, karena jika berlebihan maka akan menampilan efek samping pada rematik yang kambuh.

8. Susu kedelai

Sponsors Link

Anda memiliki rematik dan menyukai konsumsi susu kedelai? Sebaiknya berhati-hatilah sebab hal tersebut akan menyebabkan Anda malah terkena gejala rematik lebih parah. Ini disebabkan karena susu kedelai memiliki bahan dasar kacang kedelai yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita rematik.

9. Jeroan

Jeroan merupakan salah satu makanan yang mempunyai kandungan lemak jenuh sangat tinggi sekali. Sehingga sangat tidak mengherankan jika jeroan mempunyai rasa yang cukup gurih. Namun dibalik rasanya ternyata jeroan tidak mempunyai nutrisi yang akan sangat dibutuhkan oleh tubuh, dan malah mempunyai kandungan cukup buruk jika dikonsumsi berlebihan. Konsumsi jeroan oleh penderita rematik bisa menyebabkan kondisi rematik menjadi semakin parah.

10. Makanan instan atau kalengan

Tentu saja makanan instan bisa menjadi salah satu menu pilihan saat Anda sedang sibuk, sedang malas memasak dan yang lainnya. Namun tahukah Anda? Ternyata konsumsi mie instan terlalu berlebihan akan menyebabkan Anda untuk terserang rematik lebih cepat.

11. Alkohol

Salah satu minuman yang juga dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita rematik. Ini disebabkan karena alkohol malah akan semakin memperparah keadaan rematik yang terjadi pada Anda sendiri.

12. Santan

Santan merupakan salah satu cairan yang berasal dari buah kelapa. Biasanya santan akan dijadikan tambahan pada makanan sehingga akan memberikan rasa gurih tambahan pada makanan yang ditambahkan. Namun sayang untuk para penderita rematik santan sebaiknya sangat dibatasi, ini karena malah akan membuat kondisi rematik menjadi lebih parah lagi.

13. Ikan

ads

Walaupun ikan dinilai sangat baik untuk kesehatan karena mempunyai kandungan protein namun ada beberapa jenis ikan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh para penderita rematik. Ikan tersebut menjadi salah satu pantangan karena jika dikonsumsi akan memicu terjadinya rematik, seperti ikan makarel dan juga tuna.

14. Olahan seafood

Banyak orang yang sangat menyukai seafood namun untuk para penderita rematik harus berhati-hati. Sebab mengkonsumsi seafood juga menjadi salah satu larangan untuk penderita rematik.

15. Daging kambing

Daging kambing merupakan salah satu makanan yang juga makanan lezat. Namun kondisi rematik menjadi salah satu penyebab kambing dilarang dikonsumsi oleh para penderita rematik.

16. Daging kebek

Daging bebek mempunyai rasa yang dinilai sangat gurih dan banyak sekali penggemarnya, namun untuk penderita rematik kolesterol pada bebek justru akan memicu terjadinya rematik.

17. Minuman berpengawet

Penderita rematik juga sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman kalengan dan mengandung pengawet sebab hal tersebut bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya rematik.

18. Ragi

Ragi merupakan salah satu pantangan lainnya. Ragi merupakan makanan yang difermentasikan untuk waktu cukup lama. Rasa ragi sedikit asam dan akan memiliki kandungan alkohol sehingga sangat dilarang untuk dikonsumsi penderita rematik.

19. Kangkung

Beberapa sayuran juga ada yang tidak boleh dikonsumsi atau menjadi salah satu pantangan untuk penderita rematik salah satunya kangkung.

20. Jamur

Jamur sama halnya seperti kangkung. Jamur masuk dalam pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita rematik.

21. Mandi Malam

Mandu malam sebenarnya tidak menjadi aktivitas yang membahayakan, namun kondisi air dan udara pada malam hari akan sangat berbahaya sehingga bisa menimbulkan rematik. Akibatnya mandi malam menjadi salah satu pantangan lainnya.

22. Merokok

Rokok adalah aktivitas yang juga cukup banyak dilakukan terutama oleh kaum pria. Tahukah Anda? Ternyata kandungan di dalam rokok akan menjadi salah satu penyebab tulang menjadi sangat rapuh, akibatnya untuk penderita asam urat sangat dilarang untuk merokok.

23. Mengangkat beban

Karena masalah pada penderita rematik akan berhubungan dengan tulang, maka aktivitas yang akan membahayakan juga akan berhubungan dengan tulang khususnya yang menjadi tumpuan, yaitu tulang kaki. Penderita rematik sangat dilarang untuk mengangkat beban yang terlalu berat.

24. Menambah berat badan

Sama hal yang dengan melakukan kegiatan mengangkat beban. Menambahkan berat badan juga merupakan salah satu yang akan membuat beban pada kaki menjadi bertambah dan memicu terjadinya kondisi rematik yang semakin parah. Ini karenan kaki menjadi tumpuan utama untuk mengatasi beban berat badan.

25. Duduk yang terlalu lama

Sponsors Link

Duduk yang terlalu lamam juga adalah salah satu pantangan yang sebaiknya dihindari karena ini akan menyebabkan tulang serta persendian menjadi terasa sangat ngilu.

26. Menjentikkan tangan

Menjentikan jari tangan pasalnya sangat sering dilakukan. Bagaaimana tidak, aktivitas tersebut bisa membuat Anda jadi merasa tidak kaku lagi. Namun pada penderita rematik jika mereka melakukan ini justru akan membuat adanya luka pada bagian persendian.

27. Berjalan terlalu jauh

Memang berjalan merupakan aktivitas yang sangat baik, namun untuk penderita rematik sebaiknya jika ingin berjalan lakukanlah dengan jarak yang tidak terlalu jauh dan sekerar melatih persendian agar tidak kaku. Jangan berjalan terlalu jauh karena malah akan memicu terjadinya rematik.

28. Bergadang

Orang yang mempunyai kondisi rematik juga sebaiknya dilarang untuk bergadang.

29. Mematahkan leher

Apakah Anda terbiasa mematahkan leher saat sedang pegal? Hati-hati sebab ini bisa mengakibatkan persendian Anda malah menjadi semakin ngilu apalagi pada penderita rematik.

30. Berdiri terlalu lama

Berdiri terlalu lama yang membuat kaki menjadi memumpu beban juga sebaiknya dilarang. Ini karena kaki yang dijadikan tumpuan akan memicu terjadinya rematik kambuh.

Cara Mengatasi Rematik

Jika ternyata Anda sudah mempunyai rematik dan kambuh tiba-tiba, ada beberapa cara mengatasinya. Seperti:

  • Mengkonsumsi obat untuk pereda rasa sakit

Penderita rematik biasanya akan merasakan bagian sendi yang sangat sakit sehingga mereka harus mengkonsumsi pereda rasa ngilu pada tulang sebagai salah satu cara mencegah rematik. Ada obat yang bisa mengurangi rasa sakit seperti paracetamon, obat anti inflmasi. Obat-obatan ini bisa menjadi salah satu pencegah perkembangan gejala rematik menjadi semakin parah lagi. Obat yang bisa digunakan seperti naproxen dan juga ibuprofen.

  • Steroid

Streroid merupakan salah satu obat sintersi yang sama dengan hormone yang akan dihasilkan oleh tubuh secara alami yaitu hormone kortisol. Obat ini akan berbentuk tablet, namun ada juga salep dan disuntikan lang pada bagian otot yang terasa sangat sakit.

  • Perawatan terapi biologis

Perawatan bilologis merupakan salah satu bentuk perawatan rematik lainnya yang akan dilakukan dengan cara menyuntikan protein yang berasari dari genetika manusia. Melakukan pengobatan ini dinilai mampu membuat lambat perkembangan rematik secara cepat dan salah satu cara menguatkan tulang.

Itulah pembahasan mengenai 30 pantangan penderita rematik yang sebaiknya benar-benar dihindari agar tidak merasakan nyeri atau kambuhnya rematik secara mendadak. Kamu juga sebaiknya menghentikan aktivitas-aktivitas buruk yang akan memicu rematik seperti merokok dan sering mengkonsumsi alkohol.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 20th, November 2017 / 23:07 Oleh :
Kategori : Rematik