Sponsors Link

Tulang Betis Terasa Ngilu – Penyebab dan Dampak Bahayanya

Sponsors Link

Orang yang mengalami nyeri pada bagian tulang dan otot betis seringkali mengeluh karena rasa yang tak tertahankan seperti pada penderita radang tulang belakang. Otot seperti ditarik dan rasanya luar biasa menyakitkan. Hal ini bisa terjadi akibat terlalu banyak bekerja. Otot terkadang berkedut dan rasanya seperti terbakar. Gejala yang terjadi bervariasi pada setiap penderita nyeri pada sakit tulang belakang tengah dan tulang betis. Berikut adalah beberapa gejala saat tulang betis terasa ngilu.

ads
  • Penderita mengalami rasa sakit pada otot dan tulang.
  • Penderita merasa kelelahan dan lemas pada tubuh.
  • Penderita mengalami gangguan saat tidur.

Linu pada tulang betis terjadi karena masalah nyeri pada otot. Banyak hal yang dapat menyebabkan sakit pada tulang betis. Berikut adalah beberapa penyebab tulang betis terasa ngilu.

Penyebab Tulang Betis Ngilu

Tulang betis terasa ngilu akibat adanya masalah pada bagian tulang, bagian otot, dan bagian persyarafan akibat aktivitas berlebihan. Tulang betis yang terasa ngilu seringkali terjadi ketika berada di ruangan atau lingkungan yang dingin. Tulang betis juga kadang terasa linu saat terkena air yang dingin. Perasaan linu sangat tidak membuat tubuh tidak nyaman. Inilah beberapa penyebab dari tulang betis ngilu sebagai berikut:

1. Memaksakan Otot dan Tulang Kaki Saat Beraktivitas

Fisik setiap orang memiliki kapasitas kekuatannya masing – masing. Fisik tergatung pada keturunan dan latihan. Fisik dengan membawa gen lemah fisik dapat dilatih sedikit demi sedikit. Hal ini bukan merupakan sebuah ketetapan namun sebuah kecenderungan yang dapat diubah melalui latihan. Fisik orang yang latihan akan lebih kuat dibanding fisik orang yang beraktivitas santai. Skala waktu dan rutinitas latihan juga akan sangat berpengaruh pada otot dan tulang. Otot dan tulang terlatih harus didukung dengan asupan nutrisi makanan penguat tubuh.

Kebiasaan sehari – hari kita akan membuat kita tahu sejauh mana kemampuan tubuh dalam beraktivitas fisik. Hal ini harus menjadi acuan dalam membuat agenda harian. Jangan sampai kita terlalu memaksakan tubuh yang rentan terhadap berbagai resiko, sebaiknya kita mengetahui tentang pengetahun tulang kaki maupun tulang rusuk sakit sebelah kiri.

2. Otot Mengalami Terkilir Karena Cedera atau Trauma

Nyeri pada tulang betis dapat pula terjadi karena otot yang tegang. Saat melakukan aktivitas sehari – hari seringkali membuat kita lupa dengan kehati – hatian. Kita juga serig lupa akan keamanan dan keselamatan, yang terpenting dari kita adalah pekerjaan selesai.Banyak wanita karir ang menggunakan sepatu tinggi untuk menunjang penampilan. Otot dan tulang sangat mudah mengalami cedera saat mengalami jatuh atau tertimpa dengan benda yang berat sehingga menyebabkan sakit pada betis maupun sakit tulang rusuk sebelah kanan.

Saat kita melakukan olahraga juga sebaiknya menggunakan alat keamanan yang memiliki standar keamanan. Hal tersebut sangat menjadi penting dalam menjaga tubuh dari resiko cedera. Saat bagian kaki cedera, ada banyak yang bisa dilakukan diantaranya adalah pijat. Pemijatan sebaiknya dilakukan oleh orang ahli dan berpengalaman agar tidak menambah resiko cedera di kemudian hari.

3. Ketegangan atau Stres Pada Salah Satu atau Beberapa Anggota Tubuh

Ketegangan pada otot dan tulang seringkali terjadi saat tubuh merasakan stres. Saat sedang stres tubuh bisa saja mengalami rasa sakit pada bagian betis. Stres tubuh bisa dialami karena pekerjaan yang terlalu berat atau kelelahan. Stres pada tubuh juga sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Kesehatan tubuh akan terganggu dan imunitas akan menurun. Imunitas yang menurun akan memudahkan penyakit untuk dapat menyerang bagian tubuh.

Sponsors Link

4. Efek Samping Obat – Obatan

Rasa ngilu pada betis bisa saja terjadi karena efek samping dari konsumsi obat – obatan. Konsultasikan dengan dokter tentang obat yang saat ini sedang dikonsumsi. Hal ini harus menjadi perhatian sehingga tidak berdampak buruk untuk jangka panjang. Hati – hati dalam konsumsi obat jangka panjang, konsultasi dengan jelas sangat dibutuhkan.

5. Kekurangan vitamin B

Nyeri pada otot dan tulang dapat terjadi akibat kekurangan vitamin B. Kekurangan vitamin B bisa terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Saat ini banyak orang lebih memilih pada makanan siap saji yang dampaknya kurang baik untuk tubuh. Kita sebaiknya mengetahui berbagai makanan yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga asupan nutrisi tubuh menjadi seimbang. Asupan yang seimbang membuat tubuh menjadi lebih sehat dan semangat dalam menjalankan aktivitas sehari – hari.

Dampak Nyeri Tulang Betis

ads

Kita harus mengetahui kondisi tubuh kita dengan. Penjelasan mengenai penyebab sakit yang telah dijelaskan sebelumnya sebaiknya dipahami dan dilakukan solusinya. Jika rasa sakit berlanjut maka harus meghubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan secara detail. Pemeriksaan yang dapat dilakukan yakni rontgen dan tes darah.

  • Tes darah dilakukan untuk mendeteksi keberadaan virus yang menyerang tubuh.
  • Rontgen dilakukan untuk melihat kondisi tulang pada tubuh.
  • Dampak lain yang dikhawatirkan adalah terjadi akibat kelainan pada saraf.
  • Kerusakan pada jaringan juga dapat berdampak pada rasa sakit yang timbul di bagian betis.

Pengobatan Nyeri Tulang Betis

1. Konsumsi Obat Anti Inflamasi

Banyak hal yang dapat dilakukan sesuai dengan anjuran tenaga medis diantaranya terap secara manual atau dengan konsumsi berbagai obat – obatan. Obat-obatan yang diberikan resep dokter pada umumnya berupa obat anti-inflamasi (NSAID). Obat tersebut dapat digunakan untuk mengobati berbagai peradangan atau nyeri. Obat untuk peradangan antara lain ibuprofen, paracetamol, natrium diklofenak, serta asam mefenamat.

2. Kompres dengan Es

Kompres dengan menggunakan es akan berguna untuk meredakan bengkak dan peradangan yang terjadi pada jaringan tulang maupun jaringan otot. Ini bisa diaplikasikan beberapa hari kepada penderita. Jika rasa sakit berlanjut sebaiknya segera menghubungi dokter anda.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat bagi para penderita sangat pentig dalam kondisi yang demikian. Penderita akan mengistirahatkan otot dan tulang sehingga mampu untuk beraktivitas kembali. Otot yang tegang membutuhkan istirahat dari aktivitas sehari – hari. Istirahat juga dilakukan sebagai cara untuk menghindari stres.

4. Pijatan Lembut

Orang yang menderita penyakit sakit pada tulang betis sebaiknya mendapatkan pijatan lembut untuk melenturkan bagian otot dan tulang. Hal ini akan sangat berguna untuk pemulihan kesehatan tubuh. Pijatan sebaiknya dilakukan oleh ahli dan tidak dilakukan sembarangan pada tulang betis maupun tulang punggung sakit.

Demikian beberapa ulasan tentang tulang betis bisa terjadi ngilu dengan beberapa penyebab dan bahayanya yang bisa anda ketahui.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 08th, December 2017 / 02:30 Oleh :