Sponsors Link

Kanker Tulang Kaki Stadium 4: Penyebab, Bahaya dan Pengobatannya

Sponsors Link

Tulang kaki berperan sebagai kerangka untuk menempel otot-otot kaki yang akan membuat kaki bergerak. Apabila tulang kaki mengalami gangguan, dapat membuat kaki kehilangan fungsinya dan membuat tubuh menjadi rentan. Kanker tulang atau tumor tulang kaki merupakan salah satu penyakit tulang yang sangat ganas, yang bisa membahayakan kesehatan bahkan nyawa.

ads

Kanker tulang kaki memiliki tahapan dari stadium 1 hingga stadium 4 yang merupakan stadium paling akhir. Pada kanker tulang kaki stadium 4, sel kanker telah menggerogoti tulang kaki dan telah menyebar luas mencapai organ penting lain di dalam tubuh seperti otak, paru-paru maupun hati. Stadium 4 dikelompokkan menjadi 2 stadium, yaitu stadium 4A dan stadium 4B. Stadium 4A artinya sel kanker pada tulang kaki telah menyebar ke organ paru-paru. Sedangkan stadium 4B berarti sel kanker telah menjalar ke sekitar kelenjar getah bening dan organ penting lainnya selain paru-paru.

Penyebab kanker tulang kaki stadium 4

Penyebab kanker tulang kaki stadium 4 adalah karena mutasi atau perubahan pada struktur DNA yang mengendalikan pertumbuhan sel secara terus-menerus hingga tidak bisa dikendalikan pertumbuhannya. Pertumbuhan sel secara terus-menerus akan menyebabkan penumpukan sel penyebab tumor tulang, yang bisa menyerang tulang kaki bahkan menyebar ke bagian lain. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko kanker tulang kaki stadium 4:

  1. Terpapar radiasi yang tinggi akibat pengobatan, seperti radioterapi.
  2. Pernah mengalami sindrom Li-Fraumeni, yaitu suatu kelainan genetik langka.
  3. Pernah menderita penyakit kanker mata.
  4. Pernah menderita Paget yang menyebabkan kerapuhan tulang.
  5. Menderita hernia akut.

Penderita kanker tulang kaki stadium 4 biasanya mengalami kerapuhan tulang dan pembengkakan pada tulang yang dekat dengan sendi, sehingga membuat nyeri, kelumpuhan bahkan kematian. Namun intensitas bahaya kanker tulang kaki stadium 4 tergantung oleh tempat awal sel kanker bermula, yaitu:

1. Osteosarcoma

Kanker ini berkembang dari ujung tulang panjang merambat ke tulang yang aktif bertumbuh, seperti pada usia 10-19 tahun. Ciri-ciri kanker tulang osteosarcoma adalah menyerang tulang kering dan tulang paha. Angka kelangsungan hidup penderita kanker tulang kaki ini sekitar 65% dari 5 tahun.

2. Chondrosarcoma

Kanker ini biasanya menyerang tulang panggul dan tulang paha pada usia 40an tahun. Penderita kanker ini memiliki waktu 5 tahun dengan angka kelangsungan hidup sekitar 30%.

3. Sarkoma Ewing’s

Biasanya bermula dari jaringan syaraf yang masih muda di dalam sumsum tulang, pada usia 4-15 tahun. Kanker ini menyerang tulang kering, panggul dan paha. Angka kelangsungan hidup penderita kanker ini sekitar 65% dari waktu 3 tahun.

Pengobatan kanker tulang kaki stadium 4

Pengobatan kanker tulang kaki stadium 4 dapat dilakukan dengan:

1. Kemoterapi

Kemoterapi ini dilakukan untuk menyusutkan sel kanker, sehingga tidak perlu dilakukan amputasi. Kemoterapi pelaksanaannya juga bisa dikombinasikan dengan metode radioterapi.

2. Radioterapi

Sel-sel kanker dihancurkan dengan menggunakan pancaran radiasi. Radioterapi bertujuan untuk melambatkan laju gejala kanker maupun pengobatan tumor tulang kaki pada pasien yang sudah tidak bisa ditangani dengan metode lain.

3. Amputasi

Amputasi adalah jalan terakhir jika kanker tulang kaki stadium 4 sudah menyebar sangat luas ke jaringan syaraf, kulit dan pembuluh darah. Setelah amputasi, penderita akan dibuatkan kaki buatan untuk digunakan sebagai pengganti kaki yang diamputasi.

Laju persebaran sel kanker sangatlah cepat, sehingga perlu diketahui ciri-ciri kanker tulang kaki serta gejala kanker tulang kaki dan stadiumnya, agar segera dapat dilakukan pencegahan kanker tulang dan kemungkinan buruk terjadi. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Tuesday 19th, June 2018 / 01:27 Oleh :
Kategori : Kanker Tulang